blog counter

Daftar Pemain


    Editorial


      Hot News


      Jadwal Liga


        PERSIB BANDUNG VS PERSEBAYA SURABAYA: Buru Kemenangan demi Posisi di Papan Atas



        PERSIB BANDUNG VS PERSEBAYA SURABAYA: Buru Kemenangan demi Posisi di Papan Atas

        JuaraNews, Sleman – Tim Persib Bandung bertekad kembali meraih kemenangan saat menghadapi Persebaya Surabaya pada laga Pekan 16 Liga 1 2021-2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (8/12/2021) malam.  Maung Bandung ingin melanjutkan tren positif yang diraih di akhir putaran pertama ini.

         

        Maung Bandug memang wajib meraih poin penuh jika ingin terus menempel Bhayangkara FC di puncak klasemen. Saat ini, Persib berada di posisi 2 dengan raihan 31 poin dari 15 laga, sementara BFC mengoleksi 36 poin dari 16 poin.

         

        Persebaya sendiri saat ini berada di posisi 5 dengan 27 poin. Dengan demikian, jika Persib kembali tergelincir maka posisinya bakal terancam oleh para pesaingnya, seperti Arema FC dan Bali United, termasuk Persebaya yang akan langsung merangsek ke papan atas.

         

        Pelatih Persib Robert Rene Alberts mengatakan, skuatnya dalam tingkat kewaspadaan tinggi melihat tren pertandingan Persebaya. Pasalnya, Persebaya tak terkalahkan dalam 9 laga terakhir. Kekalahan terakhir Bajul Ijo dialami dari PSIS Semarang pada 3 Oktober lalu.

         

        "Ini akan jadi pertandingan yang bagus karena Persebaya memiliki hasil yang bagus belakangan ini. Sayangnya, di seri (ketiga) ini kami pernah (2 kali) kalah. Tapi kami masih punya 2 laga tersisa di putaran pertama. Kami tahu betapa pentingnya hasil di laga ini," kata Robert Alberts dalam sesi konferensi pers jelang laga, yang digelar virtual, Selasa (7/12/2021).

         

        Jaga Posisi di Papan Atas jadi Motivasi Persib hadapi Persebaya

        Pelatih Persib Robert Rene Albert. (Foto: persib.co.id)

         

        "Kemarin Bhayangkara FC sudah meraih kemenangan. Sehingga untuk bisa menjaga posisi tetap dekat dengan posisi pertama, kami harus bisa meraih 3 poin di laga ini. Itulah yang jadi motivasi kami," ujarnya.

         

        Robert pun kembali menekankan kepada anak-anak asuhnya soal pentingnya bermain berdasarkan karakter tim agar bisa memenangi laga.  Meski pada laga tersebut, Persib kehilangan Ardi Idrus karena akumulasi kartu kuning. Teja Paku Alam pun belum fit sepenuhnya. Sedangkan 3 pemain lain, Mohammed Rashid, Victor Igbonefo, dan Ezra Walian dipastikan absen karena harus memperkuat Tim Nasional.

         

        "Anda tidak bisa menggantikan Rashid dengan pemain lain. Jadi, kami perlu mencari penyeimbang. Kami sudah menemukannya. Dia bisa bermain mirip dengan posisi tersebut," kata Robert.

         

        Pada laga nanti, Robert pun tak akan banyak mengubah komposisi pemainnya.  Robert akan tetap mempertahankan the winning team yang berhasil mengalahkan Madura United pada laga Pekan 15, Sabtu (4/12/2021) lalu. Salah satunya dengan memainkan sejak menit awal 2 pemain andalannya, Beckham Putra Nugraha dan Frets Butuan.

         

        Pada laga yang dimenangkan Persib dengan skor 1-0 tersebut, Bechkam dan Frets tampil sebagai pahlawan. Frets mencetak gol setelah memanfaakan assist dari Bechkam. Frets juga hampir membobol gawang MU untuk kedua kalinya, jika mampu memanfaafkan umpan lambung Bechkam, lewat sundulannya. Bechkam sendiri memberapakan mendapatkan peluang mencetak gol

         

        Robert Alberts mengatakan, tampil apiknya kedua pemain tersebut merupakan bukti timnya memiliki kedalaman skuad yang mumpuni. Siapa pun yang dimainkan, kata dia, bisa memberikan kontribusi bagi tim.

         

        "Frets layak untuk diturunkan, dia termotivasi. Beckham juga pemain yang bagus meskipun masih butuh mengukuhkan diri sebagai pemain profesional tapi dia sudah ada di jalur yang tepat," kata Robert.

         

        Ciamiknya penampilan kedua pemain tersebut kemungkinan bakal kembali membuat striker asal Belanda Geoffrey Castillion dibangkucadangkan. "Jika kami kembali tampil dengan kombinasi dan sistem tersebut, pemain seperti Geoffrey tidak mempunyai tempat saat ini," ucap Robert.

         

        Kendati demikian, Robert membantah, jika pemainan Castillioon jelek. Dia menegaskan, pemilik nomor punggung 20 itu tetap memiliki kontribusi ketika berada di lapangan. "Tapi itu normal, Geoffrey juga tetap berkontribusi bagi tim, saat dia masuk di babak kedua," katanya.

         

        Sebelumnya, Persib meraih kemenangan 1-0 atas Madura United pada pekan lalu. Pada laga tersebut, Persib dinilai tampil baik. Selain itu, Persib juga tampil dengan semangat tinggi dan kerja keras seluruh pemain. Hal itulah yang diyakini Robert sebagai karakter tim sehingga mampu menutup absennya sejumlah pemain.

         

        "Benar kami memiliki penempatan yang bagus. Tapi yang terpenting adalah karakter dan motivasi baik di dalam tim. Banyak orang menyebutnya taktik. Tapi taktik di sepak bola modern sangat berbeda. Jadi, ini soal karakter dan tekad untuk memenangi pertandingan," tandas Robert.

         

        Aji Santoso Ungkap 2 Lawan Terberat Persebaya Surabaya di Seri Ketiga Liga  1 2021-2022 : Okezone Bola

        Pelatih Persebaya Surabaya Aji Santoso. (foto: net)

         

        Tak Mau Ulangi Kekalahan di Piala Menpora 

        Dari kubu Persebaya,  Pelatih Aji Santoso menegaskan persiapan timnya menghadapi Persib Bandung. Pelatih asal Malang ini pun tak mau mengulangi kekalahan atas Persib di Piala Menpora 2021 beberapa waku yang lalu. Ketika itu, tim Bajul Ijo takluk dari Persib dengan skor 2-3 hingga gagal lolos ke partai semifinal.

         

        "Kami bisa mengetahui kekuatan dari Persib, taktikal coach Robert seperti apa, kami sudah mengambil pelajaran dari itu, termasuk tidak boleh lagi buat kesalahan mendasar seperti waktu itu," ungkap Aji dalam sesi konferensi pers jelang laga, yang digelar virtual, Selasa (7/1/2021).

         

        Aji sendiri memprediksi pertandingan malam nanti bakal berjalan menarik. Selain catatan gol yang sudah dihasilkan kedua kesebelasan, Persib dan Persebaya juga merupakan tim besar dengan sejarah panjang di sepak bola Indonesia.

         

        "Saya juga tahu taktikal Robert Rene Alberts tidak terlalu suka dengan pemain yang benar-benar defensif dan saya juga tidak suka jadi tim kami akan tampil menyerang di pertandingan Persib Bandung," kata Aji.

         

        Sayangnya Aji dipastikan tak bisa menurunkan Alwi Slamet karena terkena kartu merah pada laga sebelumnya. Namun Aji tak risau karena sudah menyiapkan pemain lain yang bisa menggantikan peran Alwi di lapangan.

         

        "Penggantinya pun sudah kami siapkan dengan baik. Persiapan kami sudah saya sampaikan tidak ada masalah sudah cukup bagus untuk pertandingan besok, semua pemain dalam keadaan siap," ujar Aji.

        Persebaya sendiri sebenarnya kehilangan 4 pemain karena dipanggil Tim Nasiona Indonesia yang akan bertanding di Piala AFF 2020. Selain Ricky Kambuaya dan Rachmat Irianto, dua pemain lainnya mendapat panggilan, yakni Rizky Ridho dan Ernando Ari Sutaryadi. Namun Aji memastikan Ridho dan Ernando masih bisa diturunkan menghadapi Persib. Keduanya baru akan bergabung dengan tim asuhan Shin Tae-yong yang sudah di Singapura selepas laga kontra Persib.

         

        Saling Mengalahkan, Persib Menang 3-2 atas Persebaya pada Pertemuan Terakhir

        Ezra Walian dan rekan-rekannya merayakan gol pertama Persib ke gawang Persebaya pada laga perempat final Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Minggu (11/4/2021) malam. (foto: net)

         

         

        Dalam 12 Pertemuan Terakhir, Persib Hanya Unggul Tipis dari Persebaya

        Dari rekor pertemuan, kedua tim relatif sama kuat dan saling mengalahkan. Dari 12 pertemuan terakhir, Persib mampu memenangkan 6 laga, sementara Persebaya 5 laga, dan 1 laga berakhir dengan hasil imbang. Dari 12 laga tersebut, Persib pun hanya unggul sedikit dalam urusan mencetak gol, dengan catatan 25 gol, sementara Persebaya mencetak 22 gol.

         

        Pad pertemuan terakhir, Persib sendiri tampil sebagai pemenang. Momen tersebut terjadi pada babak perdelapan final Piala Menpora 2021 lalu. Pada laga yang digelar 11 April 2021 lalu tersebut Persib menang 3-2 atas Persebaya. Tiga gol Persib kala itu dicetak Ezra Walian (1), Wander Luiz (6), dan Nick Kuipers (37). Sedangkan 2 gol Persebaya dilesakkan Arif Satria (61) dan M Syaifuddin (90).

         

        Pelatih Robert Alberts mengatakan, laga kontra Perseaya bakal berjalan menarik. Dari catatan musim ini saja, Persib dan Persebaya merupakan tim yang sangat produktif mencetak gol. Dari 5 laga terakhir, baik Persib maupun Persebaya sama-sama mengemas 8 gol.

         

        "Persebaya adalah tim nomor satu soal produktivitas di Liga sejauh ini. Kalau tidak salah mereka sudah mencetak 26 gol dan kami ada di posisi kedua dengan 24 gol. Jadi kedua tim cukup produktif dalam hal permainan menyerang," ujar Robert.

         

        Hanya saja dalam bertahan, Persib lebih baik dari pada Persebaya. Sejauh ini, Persib baru kebobolan 9 gol, sementara Persebaya kemasukan 16 gol. Sehingga pertemuan malam nanti akan mengadu tim yang paling produktif dan tim paling kuat bertahan.

         

        "Tapi perlu dicatat, bahwa tim yang menang adalah tim yang paling sedikit kemasukan gol dan itu menjadi kekuatan kami sejauh ini, meski kami juga sedang dihadapkan pada situasi absennya pemain di pertahanan," katanya.

         

        Head to Head

        11 April 2021                  Piala Menpora 2021        Persib Bandung 3-2 Persebaya Surabaya

        18 Oktober 2019             Liga 1 2019                   Persib Bandung 4-1 Persebaya Surabaya

        5 Juli 2019                      Liga 1 2019                   Persebaya Surabaya 4-0 Persib Bandung

        7 Maret 2019                  Piala Presiden 2019        Persib Bandung 2-3 Persebaya Surabaya

        20 Oktober 2018             Liga 1 2019                   Persib Bandung 1-4 Persebaya Surabaya

        26 Juli 2018                    Liga 1 2019                   Persebaya Surabaya 2-3 Persib Bandung

        6 September 2015           Piala Presiden 2015        Persib Bandung 2-0 Persebaya Surabaya

        22 Oktober 2014             ISL                                Persib Bandung 3-1 Persebaya Surabaya

        14 Oktober 2014             ISL                                Persebaya Surabaya 1-1 Persib Bandung

        19 Desember 2013          Piala Gubernur Jatim       Persib Bandung 0-1 Persebaya Surabaya

        14 Februari 2010             ISL                                Persebaya Surabaya 2-1 Persib Bandung

        23 Januari 2010              ISL                                Persib Bandung 4-2 Persebaya Surabaya

         

        5 Laga Terakhir Persib Bandung

        4 Desember 2021            Madura United 0-1 Persib Bandung

        28 November 2021          Persib Bandung 0-1 Arema FC

        24 November 2021          Persiraja Banda Aceh 0-4 Persib Bandung

        20 November 2021          Persib Bandung 0-1 Persija Jakarta

        4 November 2021            Persela Lamongan 1-3 Persib Bandung

         

        5 Laga Terakhir Persebaya

        4 Desember 2021            Persebaya Surabaya 2-0 Barito Putera

        20 November 2021          Persebaya Surabaya 1-0 Madura United

        6 November 2021            Arema FC 2-2 Persebaya Surabaya

        31 Oktober 2021             Persebaya Surabaya 2-0 Persiraja Banda Aceh

        26 Oktober 2021             Persija Jakarta 0-1 Persebaya Surabaya.

         

        Perkiraan Susunan Pemain

        Persib Bandung (4-4-2)

        Muhammad Natshir; Nick Kuipers, Achmad Jufriyanto, Zalnando, Henhen Herdiana; Dedi Kusnandar, Febri Hariyadi, Marc Klok, Bechkam Putra Nugraha; Wander Luiz, Frets L Butuan

        Cadangan: Teja Paku Alam, Supardi Nasir, M Aqil Savik; Bayu M Fiqri, Puja Abdillah, Mario Jardel, Indra Mustafa, Esteban Vizcarra, Erwin Ramdhani, Abdul Aziz, Syafril Lestaluhu, Geoffrey Castillion

        Pelatih: Robert Rene Alberts

         

        Persebaya Surabaya (4-3-1-2)

        Andhika Ramadhani: Ady Setiawan, Alie Sesay, Arif Satria; Muhammad Hidayat, Franc Rikhart Sokoy, Rendi Irwan Saputra; Bruno Moreira Soares, Jose Wilkson Teizeira Rocha, Taisei Marukawa, Marselino Ferdinan

        Cadangan: Ernando Ari Sutaryadi; Mokhamad Syaifuddin;, Arizky Wahyu Satriya, Dicky Kurniawan Arifin; Samsul Arif, Johan Yoga Utama,  Moch Supriadi, Muhammad Hambali Tolib, Akbar Frimansyah

        Pelatih: Aji Santoso. (*)

        den

        0 Komentar
        Tinggalkan Komentar
        Cancel reply
        0 Komentar
        Tidak ada komentar
        Berita Lainnya
        Robert Alberts Optimistis, Peluang Persib jadi Juara Liga 1 Masih Terbuka Lebar
        Hingga Pekan 20, Febri Hariyadi Terbanyak Tampil, Nick Kuipers Terlama, Rashid Top Skorer Persib
        Robert Alberts Petik Pelajaran Penting dari 3 Laga Awal Persib di Putaran 2
        Skuat Persib Kembali Gelar Latihan Bersama Sabtu Ini
        Kondisi Febri dan Henhen Kian Membaik, Diharapkan Bisa Gabung Latihan Persib Sabtu Besok
        Berita Terdahulu
        Iklan DPRD KBB Hari Pahlawan 2021
        walikota

        Data Statik Covid-19


        DATA COVID-19 INDONESIA

        😷 Positif:

        😊 Sembuh:

        😭 Meninggal:

        (Data: kawalcorona.com)

        Ads


        Klasemen Liga Indonesia

        Tim M Point
        1 Bhayangkara FC 20 43
        2 Arema FC 20 41
        3 Persib Bandung 20 40