Daftar Pemain


    Editorial


      Hot News


      Jadwal Liga


        MADURA UNITED VS PERSIB BANDUNG: Amankan Posisi di Papan Atas

        • Sabtu, 4 Desember 2021 | 17:20:00 WIB
        • 0 Komentar


        MADURA UNITED VS PERSIB BANDUNG: Amankan Posisi di Papan Atas

        JuaraNews, Solo – Laga seru bakal tersaji pada Pekan 15 Liga 1 2021-2022 saat Tim Persib Bandung bentrok dengan Madura United yang akan digelar di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (4/12/2021) malam.

         

        Pertandingan keempat Seri Ketiga ini menjadi sangat menarik, karena kedua tim berambisi meraih 3 poin untuk memperbaiki posisi mereka di papan klasemen sementara Liga 1 musim ini. Maung Bandung yang berada di peringkat 3 dengan 28 poin, bertekad mempertahankan posisinya di papan atas agar peluang merebut trofi juara di akhir musim tetap terjaga. Sementara MU yang menghuni peringkat 12 dengan 17 poin, bertekad merangsek dan meramaikan persaingan di papan atas .

         

        Jika mampu memetik 3 poin, Maung Bandung akan tetap nyaman di posisi 3 dengan 31 poin, bahkan bisa naik ke posisi 2, mengeser Arema sekaligus menguntit pemuncak klasemen, Bhayangkara FC yang kini mengemas 33 poin setelah pada laga sebelumnya menang 2-0 atas Persipura Jayapura. Hal tersebut bisa terjadi jika pada laga lainnya, Arema kalah oleh Bali United yang akan bertanding keesokan harinya. Namun jika kalah, maka posisinya terancam merosot ke posisi 4, tersalip oleh Bali United jika tim Serdadu Tridatu mengalahkan Arema. Sementara itu bagi MU, tambahan 3 poin akan mengatrol peringkat mereka ke posisi 10 menyalip PSM Makassar dan PSS Sleman.

         

        Pelatih Persib Robert Rene Alberts menyadari laga kontra MU sangat penting untuk dimenangkan. Karena itu, Robert memasang target meraih 3 poin.

         

        "Kami tahu pentingnya laga ini untuk tetap menjaga jarak dan selisih poin masih tetap terjangkau dengan pemimpin klasemen saat ini. Jadi itu target kami di pertandingan besok," ujar Robert dalam sesi konferensi pers jelang laga, yang digelar virtual, Jumat (3/12/2021).

         

        Robert 02122021 barly

        Pelatih Persib Robert Rene Alberts. (foto: persi.co.id)

         

        Robert sendiri tertekad membawa timnya tetap berada di papan atas, sambil mengintip peluang merebut puncak klasemen. Robert menyebut, pasukannya tengah berkonsetrasi untuk bisa menuntaskan misi tersebut. Dia pun memastikan, anak-anak asuhnya bakal tampil dengan penuh kepercayaan diri menyusul kembali bermainnya center bek Nick Kuipers setelah pada laga sebelumnya absen karena akumulasi kartu kuning.

         

        "Melihat para pemain belakang kami sudah kembali merupakan hal yang baik. Karena seperti yang terjadi di klub manapun, perubahan di lini belakang adalah hal terakhir. Kini, kami tak perlu melakukannya lagi dan tim lebih percaya diri. Sekarang kami fokus mencetak gol dan memenangi laga ini," kata Robert.

         

        "Karakter permainan kami sudah bagus. Seperti yang sudah saya katakan, pergantian di lini belakang adalah hal terakhir yang akan kami lakukan. Sebab, lini belakang adalah tulang punggung tim. Kami akan tampil dengan karakter yang kuat di pertandingan besok," tambah pelatih berpaspor Belanda ini.

         

        Jelang laga kontra Madura, Robert menegaskan persiapan timnya berjalan cukup baik. Selain kembalinya Kuipers, jelas Robert, tak ada pemain yang mengalami cedera. Para pemain yang sebelumnya mengalami cedera sudah pulih, seperti kiper Teja Paku Alam, Henhen Herdiana, Marck Klok, dan Bechkam Putra Nugraha. Hanya saja, seperti pekan sebelumnya, 3 pemain bakal absen, yakni Victor Igonefo dan Ezra Walian yang memperkuat timnas Indonesia, serta Mohammed Rashid yang bergabung dengan timnas Palestina. Selain itu, Zalnando pun bakal absen karena terkena hukuman akumulasi kartu kuninga.

         

        "Tidak ada pemain kunci yang mengalami cedera. Hanya Zalnando yang terkena akumulasi kartu. Jadi kami bisa punya lebih banyak opsi sekarang, terutama di lini belakang," ujar Robert.

         

        Selain lini belakang yang mendapat perhatian, tandas Robert, barisan penyerangnya pun harus bermain dengan baik. Dia berharap pada laga nanti para penyerangnya bisa menunjukkan ketajamannya. Di lini depan, Robert sendiri masih akan mengandalkan duet Wander Luiz-Geoffrey Castillion yang sejauh ini sudah mencetak 9 gol. "Kami juga harus lebih fokus mencetak gol dan memenangkan pertandingan," ucapnya.

         

        Fabio Lefundes Bidik Barito Putera Sebagai Korban Kedua Madura United | Liga  Olahraga

        Pelatih Madura United Fabio Araujo Lefundes. (foto: net)

         

        Persiapan Lancar, Fabio Optimistis Tampilkan Permainan Terbaik

        Dari kubu Madura United, Pelatih Fabio Araujo Lefundes menilai laga menghadapi Maung Bandung tidak akan mudah. Pasalnya, Persib yang berada di papan atas merupakan timnya berkualitas. Kendati demikian, pelatih berpaspor Brasil ini menegaskan tim Sappe Kerrab telah melakukan persiapan secara maksimal, termasuk menganalisa kekuatan Persib.

         

        Meski laga nanti akan terasa berat, Fabio tetap optimistis timnya bisa menampilkan permainan terbaiknya. Pasalnya, pada masa persiapan dia sudah mempersiapkan anak-anak asuhnya dengan matang.

         

        "Persiapan kami berjalan baik. Kami telah menganalisis Persib dan melakukan segala kemungkinan di dalam pertandingan. Kami tahu Persib ada di posisi atas klasemen saat ini. Jadi ini bukanlah hal mudah tapi kami tahu apa yang akan dilakukan," ujar Fabio Lefundes dalam sesi konferensi pers jelang laga, yang digelar virtual, Jumat (3/12/2021).

         

        Sayangnya, Fabio masih belum bisa menurunkan striker andalannya, Rafael Silva yang masih dalam hukuman larangan bermain dari PSSI. Namun untungnya pada laga nanti, Fabio sudah bisa menurunkan gelandang asal Korea Selatan, Kim Jin-sung. Fabio berharap kembalinya Kim yang multiposisi bisa menjadi pembeda pada laga tersebut dan membantu memetik 3 poin.

         

        "Apalagi Kim ya, dia pemain asing, harus bisa bikin pembeda di pertandingan (lawan Persib) nanti," kata Fabi.

         

        Di sisi lain, Fabio tidak terlalu memikirkan kondisi Persib yang pincang karena 4 pemain andalannya absen, yakni Igbonefo, Ezra, Zalnando, dan Rashid. Dia memilih fokus mempersiapkan dan mematangkan tim jelang laga berlabel big match itu.

         

        “Fokus bersiap, Madura harus berkonsentrasi untuk persiapan sendiri. Tidak terpengaruh itu (banyaknya pemain Persib absen). Jangan melihat itu sebagai keuntungan hingga kami lalai,” ujarnya.

         

        4 Fakta Menarik Setelah Persib Kalah dari Madura United - Indonesia Bola.com

        Pemain Persib Esteban Vizcarra dan Ardi Idrus mengadang gelandang Madura United Diego Asis pada laga Pekan 22 Liga 1 2019 di Stadion Gelora Bangkalan, Madura pada  Oktober 2019. Pada laga tersebut, Persib kalah 1-2 oleh tuan rumah Madura United. (foto: net)

         

        Persib tak Pernah Menang dalam 8 Laga Terakhir

        Pertemuan antara Persib kontra MU sendiri, sepanjang sejarah kedua tim sudah terjadi sebanyak 15 kali. Namun pertemuan Persib dengan tim dengan nama baru Madura United, baru terjadi sejak 2016, ketika manajemen Persipasi Bandung Raya yang sebelumnya bernama Pelita Bandung Raya (PBR) merger dengan Persepam Madura United.

         

        Sejak 2016 tersebut, kedua tim telah bertemu sebanyak 8 kali. Sedangkan saat masih bernama PBR dan Persepam, kedua tim pernah bertemu setidaknya 7 kali, yakni 5 kali dengan PBR dan 2 kali saat bernama Persepam. Dari rekor 7 kali pertemuan tersebut, Persib masih superior. Persib menaklukkan Persepam 2 kali pada ISL 2013, baik di kandang maupun tandang. Kala itu, Persepam baru promosi dari Divisi Utama Liga Indonesia. Sedangkan saat bernama PBR, kedudukan sama kuat, yakni kedua masing-masing menang 2 kali dan sekali seri.

         

        Namun setelah berganti nama menjadi Madura United, tim Sappe Kerrab giliran yang mendominasi. Dari 8 laga yang telah dilakoni, Maung Bandung tidak pernah meraih kemenangan sekali pun. Laskar Sape Kerrab begitu mendominasi dengan meraih 5 kemenangan. Sedangkan 3 laga sisanya berakhir imbang, yakni pada putaran kedua ISC 2016, Liga 1 2017, dan Liga 1 2019 saat bermain di Bandung. Pada pertemuan terakhir di putaran kedua musim 2019 lalu yang digelar di Stadion Bangkalan Madura, Persib menyerah 2-1. Total dari 15 laga tersebut, MU menyarangkan 12 gol, sementara Persib hanya mencetak 6 gol.

         

        Namun menurut Robert Alberts, tidak ada gunanya melihat catatan tersebut. Dia menilai, rekor pertemuan tidak penting lagi di sepak bola. "Yang paling penting di sepak bola adalah hanya pertandingan berikutnya," tandas Robert.

         

        Pelatih 67 tahun ini pun menegaskan, catatan buruk Persib saat menghadapi MU tidak akan berpengaruh pada laga nanti. "Kami akan keluar bertanding di laga besok dengan mengerahkan kemampuan terbaik. Karena kami ingin memenangkan pertandingan itu. Dan seperti yang saya katakan, kami tidak melihat rekor pertemuan sebelumnya," tandas Robert.

         

        Di sisi lain, sejak ditangani Fabio Lefundes yang menggantikan Rahmad Darmawan, MU tampil cukup impresif. Dari 3 laga yang sudah dijalani, MU meraih 2 kemenangan dan 1 kekalahan. Sementara Persib, di Seri Ketiga ini hanya meraih 1 kemenangan dan 2 kali menelan kekalahan.

         

        "Madura memiliki pelatih baru dan kami tahu juga mereka mendapat beberapa hasil bagus di laga sebelumnya," ujar Robert.

         

        Kendati posisi Persib di papan klasemen lebih baik, Robert tak mau menganggap remeh Madura United. Menurut Robert, MU tetap tim yang sangat berbahaya. "Madura selalu menjadi lawan yang berbahaya. Mereka punya penyerangan yang bagus dan banyak sosok yang tangguh di lini depan," katanya.

         

        Pendapat serupa juga disampaikan Pelatih Fabio Araujo Lefundes. Dia menilai keunggulan head to head tak lantas bisa menentukan hasil akhir pada laga nanti. Bagi Fabio, statistik gemilang itu hanya berupa catatan sejarah. Sehingga, hasil yang diperoleh Madura United nanti tak lepas dari apa yang ditampilkan di atas lapangan.

         

        "Saya kurang suka melihat masa lalu. Semua (rekor) itu adalah bagian perjalanan tim kemarin," ucap Fabio.

         

        Karena itu, Fabio tak ingin anak-anak asuhnya terbuai dengan kejayaan masa lalu. Fabio meminta para pemainnya untuk fokus dalam misi mengejar 3 angka. "Kami memikirkan apa yang bisa kami perbuat untuk masa depan, apalagi melawan tim tangguh seperti Persib," tandas Fabio.

         

        Kendati demikian, Fabio ingin menjaga rekor pertemuan yang apik itu dan tidak terhenti di era kepelatihannya. Untuk itu, Fabio telah mempersiapkan strategi yang matang untuk menghadapi Maung Bandung.

         

        “Saya harus bikin strategi bagus, karena saya hadapi tim yang bagus Persib Bandung. Mereka di atas kami di klasemen. Jadi, kami harus bikin pertandingan yang bagus supaya kami dekat mereka di papan atas sana,” kata Fabio.

         

        Head to Head

        5 Oktober 2019             Liga 1 2019             Madura United 2-1 Persib Bandung

        23 Juni 2019                 Liga 1 2019             Persib Bandung 1-1 Madura United

        9 Oktober 2018             Liga 1 2018             Persib Bandung 1-2 Madura United

        4 Mei 2018                    Liga 1 2018             Madura United 2-1 Persib Bandung

        19 Oktober 2017            Liga 1 2017             Persib Bandung 0-0 Madura United

        9 Juli 2017                     Liga 1 2017            Madura United 3-1 Persib Bandung

        8 Oktober 2016              TSC 2016               Madura United 2-1 Persib Bandung

        28 Mei 2016                   TSC 2016               Persib Bandung 0-0 Madura United

         

        5 Laga Terakhir Madura United

        28 November 2021          Barito Putera 0-3 Madura United

        24 November 2021          Madura United 2-0 Persik Kediri

        20 November 2021          Persebaya Surabaya 1-0 Madura United

        6 November 2021            Madura United 1-2 Persita Tangerang

        1 November 2021            Madura United 1-2 Arema FC

         

        5 Laga Terakhir Persib Bandung

        28 November 2021           Persib Bandung 0-1 Arema FC

        24 November 2021           Persiraja Banda Aceh 0-4 Persib Bandung

        20 November 2021           Persib Bandung 0-1 Persija Jakarta

        4 November 2021             Persela Lamongan 1-3 Persib Bandung

        30 Oktober 2021               Persib Bandung 3-0 Persipura Jayapura

         

        Perkiraan Susunan Pemain

        Madura United (4-3-1-2)

        Jadi Momok Persib di Liga 1, Madura United Kini Diminta Lupakan Sejarah -  INDOSPORT

        Muhammad Ridho; Andik Rendika Rama, Asep Berlian, Dodo Alekvan Djin, Kadek Raditya Maheswara, Jamerson da Silva; Kim Jin-sung, Slamet Nurchahyono; David Laly, Silvio Escobar Benitez, Hugo Gomes dos Santos Silva

        Cadangan: M Ridwan, M Rizki Kunsi Admojo; Novan Setya Sasongko, Guntur Ariyadi, Bayu Gatra, Alfin Ismail Tuasalamony, Haris Tuharea, Moch Kevy Syahertian, Sansan Fauzi Husaeni, Fawaid Ansory

        Pelatih: Fabio Araujo Lefundes

         

        Persib Bandung (4-4-2)

        Muhammad Natshir; Supardi Nasir, Nick Kuipers, Achmad Jufriyanto, Ardi Idrus; Dedi Kusnandar, Febri Hariyadi, Marc Klok, Esteban Vizcarra; Wander Luiz, Geoffrey Castillion

        Cadangan: Teja Paku Alam, M Aqil Savik; Henhen Herdiana, Bayu M Fiqri, Mario Jardel, Zalnando, Indra Mustafa, Bechkam Putra Nugraha, Erwin Ramdhani, Abdul Aziz, Syafril Lestaluhu, Frets L Butuan

        Pelatih: Robert Rene Alberts. (*)

        Oleh: JuaraNews / den

        0 Komentar
        Tinggalkan Komentar
        Cancel reply
        0 Komentar
        Tidak ada komentar
        Berita Lainnya
        Skuat Persib Kembali Gelar Latihan Bersama Sabtu Ini
        Kondisi Febri dan Henhen Kian Membaik, Diharapkan Bisa Gabung Latihan Persib Sabtu Besok
        Bayu M Fiqri Dipanggil Timnas Indonesia, Robert Alberts Ikut Senang
        Kecewa dengan Putusan Wasit, Robert Alberts Kasihan pada David da Silva
        Febri Hariyadi dan Henhen Herdiana Terancam Absen Bela Persib menghadapi Persikabo
        Berita Terdahulu
        Iklan DPRD KBB Hari Pahlawan 2021
        walikota

        Data Statik Covid-19


        DATA COVID-19 INDONESIA

        😷 Positif:

        😊 Sembuh:

        😭 Meninggal:

        (Data: kawalcorona.com)

        Ads


        Klasemen Liga Indonesia

        Tim M Point
        1 Bhayangkara FC 20 43
        2 Arema FC 20 41
        3 Persib Bandung 20 40