Daftar Pemain


    Editorial


      Hot News


      Jadwal Liga


        PERSIB BANDUNG VS PERSIJA JAKARTA: Jaga Tren Positif, Rebut Puncak Klasemen

        • Sabtu, 20 November 2021 | 17:21:00 WIB
        • 0 Komentar


        PERSIB BANDUNG VS PERSIJA JAKARTA: Jaga Tren Positif, Rebut Puncak Klasemen
        Persib menghadapi Persija pada laga Pekan 12 di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (20/11/2021) malam. (juaranews)

        JuaraNews, Bandung – Tim Persib Bandung bakal melakoni laga krusial pada pembuka Seri Ketiga Liga 1 2021-2022, menghadapi Persija Jakarta di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (20/11/2021) malam ini.

         

        Bukan hanya melakoni bigmatch yang bertajuk el-classico Indonesia, laga nantinya menjadi sangat penting yang menentukan posisi Maung Bandung di papan klasemen musim ini. Pasalnya, pada laga hari pertama, Kamis (18/11/2021) lalu, pemuncak klasemen sementara, Bhayangkara FC menelan kekalahan dari Persita Tangerang dengan skor 2-1.

         

        Dengan demikian, jika bisa memenangi laga nanti, dipastikan Supardi Nasir dan kawan-kawan akan merebut puncak klasemen dari BFC yang saat ini mengemas 28 poin.

         

        Jika meraih kemenangan, Persib pun bakal mengoleksi 28 poin sama dengan BFC, namun unggul selisih poin. Saat ini, The Guardians mengemas 18 gol dan kebobolan10 gol atau selisih +8. Sedangkan Persib mencetak 19 gol dengan 7 kebobolan atau selisih +13. Sehingga, berapa gol pun kemenangan Persib, dipastikan akan menyalip Bhayangkara.

         

        Karena itu, skuat Maung Bandung sangat termotivasi untuk mengalahkan Macan Kemayoran. "Kami juga paham laga ini sangat berpengaruh terhadap posisi di klasemen, jadi kami sangat termotivasi dari beragam aspek untuk tampil dengan sebaik mungkin dan meraih 3 poin besok," kata Robert Alberts dalam sesi konferensi pers jelang laga yang digelar secara virtual, Jumat  (19/11/2021).

         

        Kocak! Fans Persib Bandung Jual Pelatih Robert Alberts di Online Shop  Rp1.933

        Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts saat mendampingi timnya di pinggir lapangan pada laga Liga 1 2021-2022. (foto: net)

         

        Namun, pelatih berpaspor Belanda ini tidak ingin hal itu menganggu konsentrasi para pemainnya. Robert ingin pasukannya tetap fokus memenangi laga tanpa harus melihat posisi di klasemen. "Seperti yang sudah saya katakan di pernyataan pembuka tadi, kami hanya fokus terhadap laga kami," ucapnya. 

         

        Selain soal posisi klasemen, sejauh ini Persib menjadi tim satu-satunya yang tak terkalahkan hingga Pekan 11 ini. Maung Bandung pun memiliki rekor baik, dengan selalu meraih kemenangan dalam 5 laga terakhir. Karena itu, dipastikan Persija akan sangat bernafsu untuk memberikan kekalahan pertama bagi rival abadinya tersebut.

         

        Namun lagi-lagi Robert tak mau terlalu memikirkan rekor unbeaten yang dimiliki Persib. Menurutnya, rekor itu tak ada artinya ketika kedua kesebelasan sudah berada di lapangan.

         

        "Kami tidak memikirkan itu. Itu tidak ada dalam pikiran kami karena tidak penting. Saya tegaskan sekali lagi, kami hanya fokus kepada laga di depan, dan itu yang terus kami perhatikan di setiap pekannya. Tidak ada yang lain," tandas pelatih yang baru berulang tahun ke 67 tahun tersebut.

         

        Robert sendiri menilai, semua pemain Persija memililki kualitas yang mumpuni. Menurutnya, kekuatan tim asuhan Pelatih Angelo Alessio, tidak hanya tertumpu pada 2 pemain depannya, Marko Simic dan Riko Simanjuntak."Kami mengantisipasi bukan hanya koneksi keduanya, tapi mengantisipasi semua koneksi antarpemain Persija," ucapnya.

         

        Mantan pelatih PSM Makassar dan Arema FC ini mengaku selalu menaruh respek terhadap Persija sebagai salah satu tim besar di Indonesia. Secara tim pun, kata Robert, Persija menampilkan permainan yang sangat bagus. Setiap pemain mengenal satu sama lain dengan baik. Beberapa pemain bahkan sudah bermain bersama-sama dalam waktu yang cukup panjang.

         

        "Mereka sudah bermain bersama sejak di tim nasional, bahkan beberapa pemainnya pernah tampil bersama dengan pemain yang kini membela tim kami," katanya.

         

        Dengan demikian, Robert Alberts melihat masing-masing tim sudah mengantongi kekuatan maupun kelemahan lawan. Hal ini akan membuat pertandingan nanti menjadi jauh lebih menarik.

         

        "Jadi sudah tidak ada rahasia lagi di antara kedua tim, kini semuanya sudah tahu satu sama lain, tidak ada rahasia di sepakbola modern. Jadi kami tahu bagaimana koneksi antar pemain mereka dan kami mewaspadai semuanya," jelas Robert.

         

        Di sisi lain, Robert berbicara soal anggapan banyak orang yang menilai bahwa laga Persib kontra Persija adalah pertarungan mental. Tapi menurutnya, mental bukan kunci untuk bisa memenangkan laga dengan intesitas tinggi seperti ini. "Menurut saya kuncinya bukan di mental, tapi bagaimana memainkan sepak bola yang bagus," tandasnya.

         

        Di laga nanti, kata dia, siapa yang bisa menunjukkan sepak bola bagus maka akan keluar sebagai pemenangan. Robert pun berharap, anak-anak asuhnya bisa bermain bagus sehingga mampu meraih 3 poin.

         

        "Tunjukkan bagaimana kami bisa memainkan sepakbola yang bagus, begitu pula pemain Persija akan melakukan hal yang sama. Jadi pemenang itu akan ditentukan dari siapa tim yang memainkan sepakbola terbaik di lapangan," katanya.

         

        Sayangnya, menghadapi laga nanti, Robert tidak bisa menurunkan sejumlah pemain andalannya. Selain Victor Igbonefo dan Ezra Walian yang dipastikan absen karena masih membela timnas Indonesia, Persib kemungkinan besar bakal kehilangan Achmad Jufriyanto dan Zalnando yang belum sepenuhnya pulih dari cedera.

         

        Selain itu, 2 pemain muda Ferdiansyah dan Dimas Juliono Pamungkas yang bergabung dengan tim Persib U-18 yang tengah berjuang di Elite Pro Academy. Sementara I Made Wirawan absen karena masih dalam pemulihan pascaoperasi.

         

        "Kami juga tidak bisa menurunkan Victor Igbonefo dan Ezra Walian karena sedang membela tim nasional. Lalu Ferdi dan Dimas masih bersama tim U-18 dan I Made Wirawan masih dalam pemulihan pascaoperasi. Jadi mereka adalah pemain yang tidak bisa tampil besok," ujar Robert..

         

        Di luar itu, menyebut semua pemain dalam kondisi yang sangat bagus. Wander Luiz dan kawan-kawan pun, kata Robert, sedang dalam motivasi dan antusiasme yang tinggi untuk memenangkan pertandingan. "Kami melihat ke depan untuk pertandingan ini karena ini selalu menjadi laga akbar di sepak bola Indonesia," katanya.

         

         Angelo Alessio Ungkap Fokus Evaluasi Skuad Persija Jakarta - Vivagoal.com

        Pelatih Persija Jakarta Angelo Alessio memberikan instruksi pada anak-anak asuhnya di pinggir lapangan, saat melakoni laga Liga 1 2021-2022. (foto: net)

         

        Motivasi Tinggi Persija jadi yang Pertama Kalahkan Persib

        Dari kubu Persija, Pelatih Angelo Alessio tertekad membawa timnya menjadi yang pertama kalahkan Persib.

         

        Menurutnya, persiapan timnya cukup baik, bukan hanya dari aspek taktikal, tapi juga kebugaran para pemain. Dengan kesiapan tersebut, Persija sangat berambisi untuk mempersembahkan kemenangan bagi The Jakmania.

         

        "Kami sudah bekerja dengan baik dalam beberapa aspek, termasuk taktikal, dan laga nanti melawan Persib merupakan pertandingan yang sangat ditunggu oleh fans, dan kami siap untuk untuk main di laga besok," ujar Angelo dalam sesi konferensi pers jelang laga, yang digelar secara virtual, Jumat (19/11/2021).

         

        Menurutnya, dukungan dari Jakmania untuk pertandingan klasik besok sangat besar, sehingga memotivasi timnya untuk bisa memenangkan pertandingan dan menandai kebangkitan Persija.

         

        "Saya rasa ini adalah laga penting bagi kami dan juga untuk fans, dan saya berharap para pemain tampil bagus, bertarung, bekerja keras, berlari, menekan lawan terus, dan penting bagi kita juga untuk memenangi laga ini, karena fokus kami untuk menang sudah bulat. Saya juga respek kepada Jakmania yang selalu mendukung kami, dan karena alasan ini, para pemain yang tampil besok harus memberikan yang terbaik," paparnya.

         

        Meski menjadi el clasico perdana baginya, Angelo optimistis dengan kemampuan anak-anak asuhnya untuk menghadapi laga nanti.

         

        "Saya percaya kepada pemain saya, mereka termotivasi dan ingin memenangi laga ini. Saya sudah mengatakan bahwa saya ingin melihat para pemain saya bermain dengan penuh motivasi di laga ini, saya mendorong mereka untuk memenangi laga, dan saya ingin melihat mata harimau di mata para pemain saya di laga besok, mereka harus bermain dengan determinasi tinggi dan kami butuh laga lawan Persib ini untuk bangkit," ujar Angelo.

         

        Meski Persib tidak dapat diperkuat oleh 4 pemainnya namun menurut Angelo, seluruh pemain Persib berbahaya, terutama di lini serang. Dia pun menilai tim Persib memiliki kedalaman skuat yang sama bagusnya.

         

        "Saya rasa Persib punya banyak pemain bagus, dan saya kira mereka adalah tim yang sangat berbahaya musim ini, terutama di lini serang. Jadi kami harus menetralisir serangan mereka di laga nanti, karena saya tahu Persib punya banyak pemain yang sama bagusnya di bangku cadangan mereka. Tapi kami sudah bekerja keras selama sepuluh hari terakhir untuk mengalahkan Persib," papar Angelo.

         

        Disinggung terkait perbandingan usia para  pemain kedua kesebelasan, dimana Persija Jakarta didominasi pemain muda, sedangkan Persib dihuni pemain yang lebih berpengalaman, Angelo tidak mempersoalkan hal tersebut.

         

        "Saya percaya kepada semua pemain saya, termasuk pemain muda, dan saya tidak mempermasalahkan siapa lawan kita, dan saya fokus pada tim saya sendiri. Intinya, tidak cuma bicara saja di media, mari kita lihat faktanya di atas lapangan," tandasnya.

         

        Persib Lebih Baik di Klasemen, Persija Unggul Rekor Pertemuan

        Jelang el-classico Indonesia nanti, kedua tim memiliki catatan yang berbeda sepanjang musim 2021-2022 ini.

         

        Persib mengantongi modal apik, dengan selalu memetik kemenangan dalam 5 laga terakhir, yang melengkapi catatan belum terkalahkan musim ini. Maung Bandung menang beruntun atas Bhayangkara FC (2-0), PSS Sleman (4-2), PSIS Semarang (1-0), Persipura Jayapura (3-0), dan Persela Lamongan (3-1). Berkat 5 kemenangan beruntun itu, Persib kini menempati peringkat 2 klasemen, hanya terpaut 3 poin dengan pemuncak klasemen, Bhayangkara FC.

         

        Di sisi lain, Persija Jakarta memiliki catatan mengkhawatrikan dalam 5 laga terakhirnya. Andritany Ardhiyasa dan kawan-kawan hanya meraih 1 kemenangan, 2 seri, dan 2 kekalahan.

         

        Persija mememetik satu-satunya kemenangan saat menghadapi Madura United pada 22 Oktober lalu, dengan skor 3-2. Dengan hanya meraih 5 poin dalam 5 laga Seri Kedua tersebut, Persija tertahan di posisi 9 dengan koleksi 15 poin dari 11 laga. Bahkan saat ini, posisi Persija merosot ke peringkat 10, tersalip Borneo yang pada laga ke-11 menang 1-0 atas Persipura Jayapura.

         

        Melihat tren penampilan dan posisi di papan klasemen, Persib memang lebih layak diunggulkan dibanding Persija. Namun jika melihat rekor pertemuan kedua tim, justri Persija yang berada di atas angin.

         

        Dalam 10 pertemuan terakhir, Macan Kemayoran memetik 4 kemenangan, termasuk pada 2 pertemuan terakhir di partai final Piala Menpora 2021. Pada Leg 1 tanggal 22 April, Persib kalah 2-0 lewat gol Braif Fatari (1) dan Taufik Hidayat (7), sedangkan pada Leg 2 tanggal 25 April, Maung Bandung kalah 2-1. Dua gol Persija saat itu dicetak Osvaldo Haay (51) dan Rico Simanjuntak (90+1), sedangkan gol Persib dilesakkan Ferdinand Sinaga (85).

         

        Sementara, Persib hanya memetik 2 kemenangan, yakni pada Liga 1 2019 dan Liga 1 2018. Pada Putaran 2 musim 2019, Persib menang 2-0 pada 28 Oktober 2019, sedangkan pada Putaran 2 musim 2018, Maung Bandung menang 3-2 pada 23 September 2018. Lalu 4 laga sisanya berakhir dengan hasil imbang bagi kedua tim, yang terjadi pada musim 2016 hingga 2019.

         

        Statistik pertemuan tersebut, tentu menjadi catatan tersendiri bagi kedua tim. Rekor pertemuan dalam 10 laga terakhir, menjadi modal kepercayaan diri bagi Persija saat kembali bersua Persib. Sedangkan bagi Persib, hal itu menjadi pengingat agar tetap waspada meksipun statistik sepanjang musim ini lebih unggul dari Persija.

         Pemain Persib Bandung Wander Luis (kanan) berebut bola dengan dua pemain Persija Jakarta Yann Motta (kedua kiri) dan Otavio Dutra (kiri) pada pertandingan leg dua Final Piala Menpora di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Minggu (25/4/2021). ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/aww.

        Pemain Persib Wander Luiz berebut bola dengan 2 pemain Persija Yann Motta  dan Otavio Dutra pada Leg 2 Final Piala Menpora 2021 di Stadion Manahan, Solo, Minggu (25/4/2021). Pada laga tersebut, Persija menang dengan skor 2-1. (foto: antara)

         

        Head to Head

        25 April 2021                 Piala Menpora 2021       Persib Bandung 1-2 Persija Jakarta

        22 April 2021                 Piala Menpora 2021       Persija Jakarta 2-0 Persib Bandung

        28 Oktober 2019            Liga 1 2019                  Persib Bandung 2-0 Persija Jakarta

        10 Juli 2019                   Liga 1 2019                  Persija Jakarta 1-1 Persib Bandung

        23 September 2018        Liga 1 2018                  Persib Bandung 3-2 Persija Jakarta

        30 Juni 2018                  Liga 1 2018                  Persija Jakarta 1-0 Persib Bandung

        3 November 2017           Liga 1 2017                  Persija Jakarta 3-0 Persib Bandung

        22 Juli 2017                   Liga 1 2017                  Persib Bandung 1-1 Persija Jakarta

        5 November 2016           TSC 2016                     Persija Jakarta 0-0 Persib Bandung

        16 Juli 2016                   TSC 2016                     Persib Bandung 0-0 Persija Jakarta

        10 Agustus 2014            ISL 2014                      Persija Jakarta 0-0 Persib Bandung

        8 Mei 2014                    ISL 2014                      Persib Bandung 0-0 Persija Jakarta

        28 Agustus 2013            ISL 2012/2013             Persija Jakarta 1-1 Persib Bandung

        3 Maret 2013                 ISL 2012/2013             Persib Bandung 3-1 Persija Jakarta

        27 Mei 2012                   ISL 2011/2012            Persija Jakarta 2-2 Persib Bandung

        29 Januari 2012             ISL 2011/2012             Persib Bandung 1-0 Persija Jakarta

        18 Maret 2011               ISL 2010/2011             Persib Bandung 2-3 Persija Jakarta

        30 Oktober 2010            ISL 2010/2011            Persija Jakarta 3-0 Persib Bandung

        25 Maret 2010               ISL 2009                     Persija Jakarta 2-2 Persib Bandung  

        9 Januari 2010               ISL 2009                     Persib Bandung 0-0 Persija Jakarta

        10 Juni 2009                  ISL 2008                     Persija Jakarta 1-2 Persib Bandung

        20 Juli 2008                   ISL 2008                     Persib Bandung 2-3 Persija Jakarta

        16 Agustus 2007            Divisi Utama 2007        Persija Jakarta 1-0 Persib Bandung

        24 April 2007                 Divisi Utama 2007        Persib Bandung 3-0 Persija Jakarta

         

        5 Laga Terakhir Persib Bandung

        4 November 2021             Persib Bandung 3-1 Persela Lamongan

        30 Oktober 2021               Persib Bandung 3-0 Persipura Jayapura

        26 Oktober 2021               PSIS Semarang 0-1 Persib Bandung

        22 Oktober 2021               Persib Bandung 4-2 PSS Sleman

        16 Oktober 2021               Bhayangkara FC 0-2 Persib Bandung

         

        5 Laga Terakhir Persija Jakarta

        5 November 2021             Persija Jakarta 1-1 Barito Putera

        30 Oktober 2021               Persik Kediri 2-2 Persija Jakarta

        26 Oktober 2021               Persija Jakarta 0-1 Persebaya Surabaya

        22 Oktober 2021               Madura United 2-3 Persija Jakarta

        17 Oktober 2021               Persija Jakarta 0-1 Arema FC

         

        Perkiraan Susunan Pemain

        Persib Bandung (4-4-2)

        Teja Paku Alam; Supardi Nasir, Nick Kuipers, Bayu M Fiqri, Henhen Herdiana; Marc Klok, Beckham Putra Nugaraha, Febri Hariyadi, Mohammed Rashid; Wander Luiz, Geoffrey Castillion

        Pelatih: Robert Rene Alberts

         

        Persija Jakarta (4-2-3-1)

        Andritany Ardhiyasa; Maman Abdurahman, Novri Setiawan, Marco Motta, Yann Motta; Rohit Chand, Tony Sucipto, Riko Simanjuntak, Osvaldo Haay, Marco Simic, Alfriyanto Nico

         

        Pelatih: Angelo Alessio. (*)

        den

        0 Komentar
        Tinggalkan Komentar
        Cancel reply
        0 Komentar
        Tidak ada komentar
        Berita Lainnya
        Kalah 0-1 oleh Arema FC, Robert Alberts Soroti Buruknya Kinerja Lini Tengah Persib
        Robert Alberts Kecewa Berat Persib Gagal 2 Kali Rebut Puncak Klasemen
        Kalah 0-1, Gagal ke Puncak Klasemen, Persib Tergusur Arema FC
        Babak I, Persib Masih Tertinggal 0-1 dari Arema FC
        Ini Susunan Pemain Persib Bandung vs Arema FC
        Berita Terdahulu
        Iklan DPRD KBB Hari Pahlawan 2021
        walikota

        Data Statik Covid-19


        DATA COVID-19 INDONESIA

        😷 Positif:

        😊 Sembuh:

        😭 Meninggal:

        (Data: kawalcorona.com)

        Ads


        Klasemen Liga Indonesia

        Tim M Point
        1 Bhayangkara FC 14 30
        2 Arema FC 14 29
        3 Persib Bandung 14 28