Daftar Pemain


    Editorial


      Hot News


      Jadwal Liga


        Robert Alberts vs Widodo C Putro, Siapa Unggul?

        • Sabtu, 11 September 2021 | 16:51:00 WIB
        • 0 Komentar


        Robert Alberts vs Widodo C Putro, Siapa Unggul?

        JuaraNews, Bandung – Adu taktik antara Robert Rene Alberts dan Widodo C Putro bakal tersaji saat Persib Bandung bentrok dengan Persita Tangerang pada laga Pekan 2 Liga 1 2021 di Stadipon Wibawa Mukti, Cikarang Kabupaten Bekasi, Sabtu (11/9/2021) mulai pukul 20.30 WIB.

         

        Siapakah yang bakal keluar sebagai pemenang? Dari sisi karier kepelatihan, Robert yang kini berusia 66 tahun tentu lebih senior dibanding Widodo. Di kompetisi Tanah Air, Robert sendiri penah membawa Arema Indonesia juara pada musim 2009/2010 dan sukses bersama PSM Makassar meski tidak juara di Liga 1.

         

        Tak hanya itu, pelatih berpaspor Belanda ini juga pernah berkarier di Swedia, Malaysia, dan Singapura. Mengawali jejak di Persib Bandung musim 2019, Robert menggantikan posisi Miljan Radovic dengan pemain yang ada. Ia mampu membawa Persib di posisi keenam klasemen Liga 1 2019. Lalu pada musim 2020, pelatih berusia 66 tahun ini mampu membawa Persib memimpin klasemen Liga 1 2020 dalam 3 laga awal sebelum akhirnya kompetisi dibatalkan karena merebaknya pandemi Covid-19.

         

        Di ajang Piala Menpora 2021, prestasi Robert pun tak telalu jelang dengan tampil sebagai finalis, kendati di babak grand final kalah oleh Persija Jakarta. Tak heran, manajemen Persib tidak ragu menyodorkan kontrak panjang hingga 2025, tentunya dengan target tinggi yakni membawa Maung Bandung juara musim ini.

         

        Sementara, Widodo C Putro bisa disebut sebagai pelatih muda di sepak bola Indonesia. Pelatih kelahiran Cilacap, 8 November 1970 ini belum pernah membawa klub Liga 1 juara. Namanya melambung saat menjadi pelatih Bali United. Widodo membawa tim berjulukan Serdadu Tridatu tersebut sebagai runner-up Liga 1 2017. Ia pun mampu membawa Persita Tangerang promosi ke Liga 1 musim ini.

         

        Meski kalah dari sisi prestasi dan pengalaman, Robert Alberts tentu tidak bisa memandang remeh Widodo. Berbekal pengalaman sebagai pemain, Widodo memahami karakter sepak bola Indonesia. Selain itu, kejelian Widodo dalam menurunkan pemain muda cukup berhasil ketika beberapa pemain yang diandalkannya absen.

         

        Di sisi rekor pertemuan, sejarah mencatat, Persita kerap tak bisa berbuat banyak saat bentrok dengan Persib. Kendati demikian, sosok Widodo selalu menjadi momok yang menyulitkan bagi Robert Alberts. Widodo dan Alberts pertama kali berhadapan pada 18 Juni 2016. Ketika itu pencetak gol terbaik Piala Asia 1996 ini mengalahkan Alberts yang sedang menangani PSM Makassar. Pada laga di Stadion Jakabaring, Palembang itu PSM takluk dengan skor 0-1 dari Sriwijaya FC yang diarsiteki Widodo.


        Namun dalam 3 laga berikutnya, Sriwijaya tak pernah menang atas PSM. Racikan strategi Robert Alberts terbukti lebih ampuh dari Widodo. Catatan pertemuan mereka menjadi 3-1 untuk kemenangan Alberts.

         

        Situasi lantas berbalik saat Widodo menangani Bali United. Dalam tiga pertemuan secara beruntun tim yang diasuh Alberts takluk. Bali United unggul 3-0 pada putaran pertama Liga 1 2017 (23 Juli 2017), lantas menang 1-0 pada putaran kedua (6 November 2017), dan menang 2-0 di Liga 1 2018 (11 Juli 2018). 

         

        Alberts baru bisa membalas 3 kekalahan tersebut dalam duel putaran kedua Liga 1 2018. Tak tanggung-tanggung, anak asuh Widodo dipermalukan dengan skor telak 0-4 (25 November 2018). Kekalahan ini, walau bukan satu-satunya alasan, membuat Widodo berpisah dengan Bali United.

         

        Selanjutnya, saat menangani tim yang berbeda, keduanya kembali bentrok di ajang Piala Menpora 2021. Robert Albert menangani Persib Bandung dan Widodo melatih Persita. Pada laga teranyar tersebut, Robert Alberts unggul dengan skor 3-1 (29 Maret 2021).

         

        Dengan demikian, dari 9 pertemuan, Robert Alberts unggul tipis dari Widodo dengan skor 5-4. Pertemuan keduanya di ajang Liga 1 2021 ini, kembali akan menjadi pembuktian, siapa yang lebih unggul, Robert Alberts atau Widodo C Putro? (*)

        den

        0 Komentar
        Tinggalkan Komentar
        Cancel reply
        0 Komentar
        Tidak ada komentar
        Berita Lainnya
        Imbang lawan Bali United, Robert Alberts Akui Pemain Persib tak Tampil Maksimal
        10 Pemain Bali United Gagalkan Kemenangan Persib
        Gol Bechkam Putra Bawa Persib Imbangi Bali United 1-1 di Babak I
        Stefano Cugurra vs Robert Alberts, Siapa Keluar sebagai Pemenang?
        BALI UNITED VS PERSIB BANDUNG: Berebut Puncak Klasemen
        Berita Terdahulu
        Pos Indonesia kanan
        walikota

        Data Statik Covid-19


        DATA COVID-19 INDONESIA

        😷 Positif:

        😊 Sembuh:

        😭 Meninggal:

        (Data: kawalcorona.com)

        Ads


        Klasemen Liga Indonesia

        Tim M Point
        1 Bali United 2 6
        2 Persib Bandung 2 6
        3 PSIS Semarang 2 4