Hot News


Opini


    Candradimuka Jabar Coding Camp 2021 Wujudkan Cita-cita jadi Programmer Andal



    Candradimuka Jabar Coding Camp 2021 Wujudkan Cita-cita jadi Programmer Andal

    JuaraNews, Bandung - Pemprov Jabar program Candradimuka Jabar Coding Camp 2021 untuk melahirkan programmer andal. Sejumlah fasilitas pun diberikan kepada pendaftar yang lolos menjadi peserta.


    Kepala Dinas dan Informatika (Diskominfo) Jabar Setiaji menuturkan, ada sejumlah hal yang melatarbelakangi program Candradimuka Jabar Coding Camp 2021. Pertama, tingkat pengangguran terbuka (TPT). Menurutnya, lulusan SMK menjadi penyumbang TPT tertinggi di Jabar.


    "Kedua, bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) menyerap banyak tenaga kerja. Tapi, situasi tersebut tidak disertai dengan jumlah programmer yang andal di Indonesia. Latar belakang selanjutnya adalah kemampuan coding memiliki daya tawar tinggi di dunia kerja," kata Setiaji di Kota Bandung, Jumat (6/8/2021).

    Adapun persyaratan untuk mengikuti Candradimuka Jabar Coding Camp 2021 yakni Warga Negara Indonesia, diutaman berdomisili di Jabar, lulusan SMA/SMK, Diploma/S1, atau mahasiswa tingkat akhir, berusia 17-25 tahun bagi lulusan SMA/SMK, berusia 17-30 tahun bagi mahasiswa/lulusan S1.


    Setiaji memaparkan, ada sejumlah fasilitas untuk peserta Candradimuka Jabar Coding Camp 2021, yakni pelatihan intensif, akomodasi, mentorship, company visit, career coaching, dan fasilitas penempatan kerja.


    "Setelah mengikuti camp, peserta bakal mendapatkan sertifikasi keahlian dan akses lapangan kerja, baik di Pemprov Jabar, start up lokal, maupun unicorn," kata Setiaji.


    Antusiasme pemuda Jabar untuk menjadi programmer tergolong tinggi. Hal itu terlihat dari jumlah pendaftar Candradimuka Jabar Coding Camp 2021 yang mencapai  9.161 orang per Kamis (5/8/2021). Dari jumlah tersebut, Pemprov Jabar akan memilih 1.020 peserta.


    Pendaftar tidak hanya berkeinginan menjadi programmer andal dan berkualitas, tetapi juga bekerja di tempat yang menjanjikan masa depan cerah untuk memperbaiki kondisi ekonomi keluarga.


    Fiana Amallia Hermawan tertarik belajar web developer. Namun, keterbatasan ekonomi menjadi penghalang. Ia tidak mampu kursus coding karena berbayar dan mahal.


    "Saya sangat ingin belajar coding front end. Sejauh ini, saya masih mempelajari itu dari video-video di salah satu situs ternama. Tapi, karena tidak ada pendamping, pengetahuan saya masih sangat minim," kata Fiana.


    Karena itu, saat mengetahui ada program Candradimuka Jabar Coding Camp 2021 di instagram, Fiana langsung mendaftar. Baginya, program tersebut adalah sarana yang tepat untuk mewujudkan cita-citanya menjadi front-end developer, cita-cita yang sempat ia redam karena keterbatasan.


    "Saya penyandang disabilitas dan pejuang kanker. Bagi saya tidak mudah mencari pekerjaan dengan kondisi tersebut. Tapi saya sadar, di era digitalisasi ini kita dituntut memiliki skill khusus yang relevan. Saat ini, kebutuhan akan programmer sangat tinggi. Prospeknya pun menjanjikan," papar Fiana.


    Pendaftar Candradimuka Jabar Coding Camp 2021 bernama Nuryana pun berpendapat demikian. Menurutnya, Candradimuka Jabar Coding Camp 2021 menghidupkan kembali cita-citanya menjadi programmer yang sulit diwujudkan karena kondisi ekonomi. Untuk memelajari coding, ia harus meminjam laptop dari temannya.


    "Kemudian teman saya meminta laptopnya untuk dikembalikan. Setelah itu, saya bekerja di bengkel las hingga punya komputer dari hasil menabung sedikit demi sedikit. Saya sangat berharap bisa berkarier di dunia programming. Semoga saya bisa membahagiakan ibu saya yang saat ini berjualan surabi," ucapnya. (*)

    jn

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Penjualan Holding BUMN Farmasi Tembus Rp 15 Triliun Di Semester 1 2021
    UMKM Jabar yang Masuk Marketplace Meningkat 34 Persen
    Gandeng PT KAI, Pemprov Siap Kembangkan Jalur Kereta Api di Jabar Selatan
    Mulai 24 September, Waktu Tempuh 14 Rute KA Lebih Cepat hingga 1 Jam
    Pelaku Usaha Harus Tetap Optimistis Pulihkan Ekonomi
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Pos Indonesia kanan
      iklan qposaja

      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads