Hot News


Opini


    Upaya PPSDM Geominerba Mempersiapkan Pengawas Operasional Pertama Pertambangan



    Upaya PPSDM Geominerba Mempersiapkan Pengawas Operasional Pertama Pertambangan

    Juaranews,Bandung-Sebagai satu-satunya lembaga diklat tersertifikasi PPSDM Geominerba terus berupaya membantu perusahaan pemegang IUP dalam mempersiapkan para praktisi pertambangan pada tingkatan manajemen pertama agar mempunyai pengetahuan teknis sesuai dengan unit kompetensi sebagai pengawas operasional dengan menyelenggarakan Diklat Pemenuhan dan Uji Kompetensi bagi Pengawas Operasional Pertama (POP) pada Pertambangan.
    Meski dilakukan secara online, Diklat yang berlangsung selama enam hari ini (19-24 Juli 2021) diikuti oleh sebanyak 31 orang peserta yang berasal dari perusahaan-perusahaan tambang di Indonesia yang terbagi menjadi dua, angkatan sebelas dan angkatan dua belas.
    Pengawas operasional pertambangan adalah pegawai yang mempunyai kompetensi dalam melaksanakan inspeksi, pemeriksaan, dan pengujian kegiatan operasional pertambangan di wilayah yang menjadi tanggung jawabnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan mengenai kaidah teknik pertambangan yang baik.
    Dengan diadakannya diklat ini, diharapkan para peserta dapat dinyatakan sebagai pekerja yang kompeten untuk menduduki jabatan sebagai pengawas operasional pertama.
    Para peserta dapat dinyatakan kompeten apabila telah menguasai delapan unit kompetensi, diantaranya: melaksanakan peraturan perundang-undangan terkait keselamatan pertambangan, melaksanakan tugas dan tanggung jawab keselamatan pertambangan pada area yang menjadi tanggung jawabnya, melaksanakan pertemuan keselamatan pertambangan terencana kerja, dan melaksanakan investigasi kecelakaan.
    Selain itu juga seorang pengawas operasional pertama harus dapat melaksanakan identifikasi bahaya dan pengendalian risiko, melaksanakan peraturan perundang-undangan terkait perlindungan lingkungan, melaksanakan inspeksi, dan melaksanakan analisis keselamatan pekerjaan. (IR)

    Oleh: JuaraNews / jn

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Bangkitkan Pariwisata Baduy dengan Kearifan Lokal
    Ketua MK:  Hanya Bentuk Negara yang tak Diubah dalam Amandemen UUD 1945
    Gubernur Jabar Usulkan Prof Mochtar Kusumaatmadja jadi Pahlawan Nasional
    Ketua KPID Jawa Barat : Peran Generasi Milenial dalam Content Creator Sangat Penting
    Sarbumusi-NU Jabar Silaturahmi dengan Wakil Bupati dan Kapolres Garut
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Pos Indonesia kanan

      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads