Hot News


Opini


  • Urgensi Perubahan RTRW Jawa Barat
    Urgensi Perubahan RTRW Jawa Barat

    TERKAIT penataan ruang, amanat Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja memang berbeda dengan amanat UU 26 Tahun 2007 Tentang Penataan Ruang.

    Tingkatkan Pengamalan dan Penghayatan Pancasila, Toto Sarankan Hari Tematik di Sekolah

    • Rabu, 10 November 2021 | 15:17:00 WIB
    • 0 Komentar


    Tingkatkan Pengamalan dan Penghayatan Pancasila, Toto Sarankan Hari Tematik di Sekolah
    Anggota Komisi DPRD Jabar, Toto Puwanto Sandi Net

     

    JuaraNews, Bandung - Komisi V DPRD Jabar menyarankan pembentukan hari tematik di sekolah untuk meningkatkan inovasi pendidikan.


    Anggota Komisi V DPRD Jabar, Toto Purwanto Sandi menyampaikan, pembentukan hari tematik di sekolah berguna untuk meningkatkan pemahaman para peserta didik. Hal itu, dilakukan dengan tujuan agar peserta didik mampu mengamalkan dan menghayati nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.


    "Misalkan, hari senin peserta didik melakukan penghayatan tentang sila 1, hari selasa tentang penghayatan sila 2, dan seterusnya," kata Toto, Sabtu (19/6/2021).


    Hari tematik di sekolah diharapkan dapat mewarnai hari-hari sekaligus menambah wawasan para peserta didik tentang Pancasila. Sehingga, ke depannya dibutuhkan suatu konsentrasi khusus untuk para peserta didik, lalu akan ada konferensi pendidik mata pelajaran PPKn akan berjalan.


    "Kajian lebih lanjut harus disinergikan dengan kelembagaan seperti, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dan Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas)," lanjut politisi F-Demokrat.


    Pasalnya, pengamalan dan pengahayatan Pancasila harus seragam dalam penyampaiannya. Sebagai langkah awal, Jabar akan melakukan konferensi untuk menyamakan persepsi dan menentukan buku yang terbaik bagi pembelajaran PPKn di sekolah.


    Akan tetapi, jika dilihat dari buku pelajarannya sudah terdapat skolastik dan sisio drama tetapi kedua hal tersebut belum diketahui berjalan atau tidak saat pembelajaran. Oleh karena itu, sektor itulah yang akan dikaji bersama dan akan dilihat performa dari para pendidik.


    "Lewat konferensi pendidik mata pelajaran PPKn sehingga akan terjawab apa yang menjadi kebutuhan para pendidik dalam menyampaikan pengalaman dan penghayatan Pancasila," tukasnya. (*)

    Oleh: raden rahadian / jn

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Yosa Dorong Pengembangan Desa Digital di Jawa Barat
    Yosa Sambut Baik Pernyataan Pers AHY Soal Penolakan PTUN Atas Gugatan Moeldoko
    Yosa Terima Audensi Pansus Perda Sampah DPRD Kabupaten Bandung
    Hari Guru Nasional, Anggota DPRD Jabar  ini Minta Pemerintah Perhatikan Guru Honorer
    Antisipasi Covid-19 Gelombang Ketiga Toto Purwanto Sandi Imbau Masyarakat Tak Abai Prokes
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Iklan DPRD KBB Hari Pahlawan 2021

      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads