free hit counter code Tingkatkan Pengamalan dan Penghayatan Pancasila, Toto Sarankan Hari Tematik di Sekolah - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
Tingkatkan Pengamalan dan Penghayatan Pancasila, Toto Sarankan Hari Tematik di Sekolah
Net Anggota Komisi DPRD Jabar, Toto Puwanto Sandi

Tingkatkan Pengamalan dan Penghayatan Pancasila, Toto Sarankan Hari Tematik di Sekolah

  • Rabu, 10 November 2021 | 15:17:00 WIB
  • 0 Komentar

 

JuaraNews, Bandung - Komisi V DPRD Jabar menyarankan pembentukan hari tematik di sekolah untuk meningkatkan inovasi pendidikan.


Anggota Komisi V DPRD Jabar, Toto Purwanto Sandi menyampaikan, pembentukan hari tematik di sekolah berguna untuk meningkatkan pemahaman para peserta didik. Hal itu, dilakukan dengan tujuan agar peserta didik mampu mengamalkan dan menghayati nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.


"Misalkan, hari senin peserta didik melakukan penghayatan tentang sila 1, hari selasa tentang penghayatan sila 2, dan seterusnya," kata Toto, Sabtu (19/6/2021).


Hari tematik di sekolah diharapkan dapat mewarnai hari-hari sekaligus menambah wawasan para peserta didik tentang Pancasila. Sehingga, ke depannya dibutuhkan suatu konsentrasi khusus untuk para peserta didik, lalu akan ada konferensi pendidik mata pelajaran PPKn akan berjalan.


"Kajian lebih lanjut harus disinergikan dengan kelembagaan seperti, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dan Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas)," lanjut politisi F-Demokrat.


Pasalnya, pengamalan dan pengahayatan Pancasila harus seragam dalam penyampaiannya. Sebagai langkah awal, Jabar akan melakukan konferensi untuk menyamakan persepsi dan menentukan buku yang terbaik bagi pembelajaran PPKn di sekolah.


Akan tetapi, jika dilihat dari buku pelajarannya sudah terdapat skolastik dan sisio drama tetapi kedua hal tersebut belum diketahui berjalan atau tidak saat pembelajaran. Oleh karena itu, sektor itulah yang akan dikaji bersama dan akan dilihat performa dari para pendidik.


"Lewat konferensi pendidik mata pelajaran PPKn sehingga akan terjawab apa yang menjadi kebutuhan para pendidik dalam menyampaikan pengalaman dan penghayatan Pancasila," tukasnya. (*)

Oleh: raden rahadian / jn

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Cucu Harap Program Listrik Desa tak Tumpang Tindih
Komisi IV Sesalkan Konstruksi Legok Nangka di 2025
Cucu: Penyediaan Listrik Penting bagi Warga Jabar
Cucu Sugyati Ajak Warga Tertib Jaga Lingkungan
Cucu Sugyati Sebarluaskan Perda Trantibum Linmas

Editorial



    sponsored links