Bank BJB top banner

Hot News


Opini


  • Mewujudkan Rumah Impian bagi Guru
    Mewujudkan Rumah Impian bagi Guru

    MEMILIKI rumah merupakan impian setiap orang terlebih bagi seorang guru karena rumah termasuk kebutuhan pokok yang harus dipenuhi.

    Mahasiswa Kuningan Perekat Silaturahmi melalui 'Ngumbara HMKI'



    Mahasiswa Kuningan Perekat Silaturahmi melalui 'Ngumbara HMKI'

     

    JuaraNews, Bandung – Untuk memperkuat tali silaturahmi dan sinergi organisasi, Himpunan Mahasiswa Kuningan Indonesia (HMKI) yang diketuai M Ramdan, menggelar kegiatan ‘Ngumbara HMKI’ atau Ngumpul Bareng Anggota HMKI yang diselenggarakan pada 3-4 April 2021 di Obyek Wisata Balong Dalem, Babakanmulya, Jalaksana Kabupaten Kuningan.

    Acara tetap mematuhi protokol kesehatan dan mengangkat tema "Riung Mungpulung, Ngaraketkeun Kadeudeuh Pikeun Tali Duduluran Anu Pageuh'.

     

    Karena masih masa PPKM (pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat) peserta Ngumbara dibatasi masing-masing perwakilan dari berbagai organisasi kedaerahan kabupaten kuningan naungan HMKI, di antaranya perwakilan dari KMK Bandung Raya, IMK Wil Cirebon, IPMK Yogyakarta, Himarika Bogor, Aksi Karawang, Forsmaka Semarang, HMKTR Tasik, dan lain-lain.

     

    Ngumbara dikemas secara Fun & Learning dengan beberapa agenda acara Sharing/ngawangkong bareng anggota, yang dipimpin Ketua Umum HMKI Muhammad Ramdan didampingi Sekjen Dika Dwinata, dan Bendahara Zainab, beserta jajaran pengurus lainnya membahas seputar keorganisasian dan kedaerahan.

     

    “Terdapat juga games-games serta acara unjuk kabisa/pensi dibuka dengan Penampilan Puisi oleh Yayat Hidayatullah & Ersya Nurul Ihza berlanjut Unjuk Kabisa dari masing-masing  cabang lingkup Hmki. Pada minggu pagi dilanjutkan outbound untuk membangun kekompakan tiap tim yg sudah dibagi secara acak,” ungkap Jaja Mauludin, Kabid Internal HMKI.

     

    Harapan besar kegiatan Ngumbara ini dapat memperkuat kembali tali silaturahmi, tambah kadeudeuh tambah pageuh. Terus kompak dalam menjalin sinergitas serta peningkatan pengabdian kepada lemah cai.

     

    "Meski masih dalam masa pandemi covid-19, sengaja acara digelar di kuningan di Obyek Wisata Balongdalem, di samping sebagai upaya peningkatan promosi wisata serta refleksi beberapa tradisi yg ada d Balongdalem yaitu Kawincai, juga dapat meningkatkan PAD daerah,” kata Ramdan.

     

    Kegiatan Ngumbara dari awal sampai akhir dalam berbicara atau berinteraksi pun  menggunakan Bahasa Sunda, pikeun ngamumule bahasa daerah. diharapkan dapat diterapkan menjadi kebiasaan kita di organisasi dan di masyarakat. karena sedikit demi sedikit sudah mulai terkikis.

     

    "Kagiatan Ngumbara HMKI sae pisan, produktif , sareng berkesan sabab tiasa ngawangun integritas, boh inteléktual boh émosional na. dina kagiatan, urang tiasa ngabaur sareng sababaraha cabang, sareng tiasa kenal sareng rerencangan nu sanes. tiasa ngawangun kerjasama," kata peserta Ngumbara, M Nursidik.

     

    "Abdi miharep mugia kagiatan HMKI ieu bakal dilaksanakeun rutin sabab éta mangrupikeun cerminan mahasiswa kuningan anu parantos ngarantau ka sababaraha daérah pikeun babarengan nguatan integritas sareng kakompakan di lemah cai," sambungnya.

     

    Hasil dari Ngumbara, khusunya dalam ngawangkong/sharing, akan disampaikan kepada pemerintah daerah kuningan sebagai rekomendasi masukan-masukan. Salah satunya mengenai kurangnya perhatian pemerintah daerah kepada masyarakat adat Sunda Wiwitan di kabupaten kuningan serta peningkatan wawasan dan kajian-kajian kebudayaan serta tradisi di kabupaten kuningan.

     

    “Kami berharap juga adanya keseriusan dalam pelaksanaan Perda Kuningan No 6 Tahun 2006 tentang Pemeliharaan Bahasa Sunda, Sastra Sunda, dan Aksara Sunda. Peraturan selanjutnya dalam Perbup Kuningan No18 Tahun 2009 tentang Pedoman Pelaksanaan Pemeliharaan Bahasa, Sastra, dan Aksara Sunda perlu diterapkan atau diperbaharui,” tegas M Ramdan. (*)

    ude

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Hari Ketiga Larangan Mudik, 70 Ribu Kendaraan Diputar Balik
    21 Hari Isolasi Mandiri, Atalia Kamil Sembuh dari Covid-19
    Pertemuan Anies - AHY merupakan penjajakan politik persiapan pilpres 2024
    Ramadhan 1442 Hijrah, Universitas Widyatama Bagikan Ratusan Paket Sembako
    AHY dan Anis Menjajaki Kesepahaman Untuk Menjadi Pasangan Dahsyat di Pilpres 2024
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Bank BJB kanan

      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads