Bank BJB top banner

Hot News


Opini


  • Mewujudkan Rumah Impian bagi Guru
    Mewujudkan Rumah Impian bagi Guru

    MEMILIKI rumah merupakan impian setiap orang terlebih bagi seorang guru karena rumah termasuk kebutuhan pokok yang harus dipenuhi.

    PPSDM Geominerba Ajak Masyarakat Bali Mahir Kelola Batu Mulia dan Batu Hias



    PPSDM Geominerba Ajak Masyarakat Bali Mahir Kelola Batu Mulia dan Batu Hias

    JuaraNews, Bandung - Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Negeri ini memiliki 17.508 pulau yang dihuni lebih dari 360 suku bangsa. Keutamaan ini membuat Indonesia juga kaya akan sumber daya alam yaitu hasil tambang seperti batu mulia dan batu hias.


    Banyak pulau di Indonesia yang memiliki banyak sekali potensi tersebut. Sebut saja kecubung di Kepulauan Talaud, fosilk ayu dan opal Mulia di Banten, Opal Biru di Sukabumi, Giok Nefrit di Aceh, Kecubung Ungu di Kalimantan Timur, Krisoplas Hijau di Jawa Barat, Sulawesi Tenggara dan Halmahera Selatan, serta Intan di Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, dan Riau.


    Sayangnya, modal dasar kekayaan batu hias dan batu mulia yang terkandung hampir di seluruh provinsi di Indonesia sejauh ini belum dimanfaatkan secara optimal. Sementara, keberadaan batu hias dan batu mulia yang sebagian besar ada di wilayah pedesaan tertinggal yang membutuhkan pengelolaan secara benar dan baik dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.


    Bali sebagai kota wisata perlu dibantu untuk peningkatan pengusahaannya, salah satunya pengusahaan batu mulia dan batu hias. PPSDM Geominerba sebagai lembaga diklat pemerintahan akan memberikan pendidikan dan pelatihan bagi masyarakat Bali secara gratis pada tanggal 16-19 Maret 2021 secara online.


    Pelatihan ini merupakan upaya PPSDM Geominerba mengenalkan jenis-jenis batu mulia dan batu hias serta tata cara memperoleh dan mengolahnya. Alhasil, masyarakat dapat memiliki semua pengetahuan untuk menjadi sumber-sumber diseminasi informasi yang benar tentang batu hias dan batu mulia.


    Informasi tentang pengusahaan batu mulia dan batu hias yang benar diharapkan tidak hanya menciptakan nilai tambah. Aktivitas ini juga diharap dapat meningkatkan pendapatan masyarakat dan menciptakan lapangan kerja, serta tetap menjaga kelestarian daya dukung lingkungan sekitarnya.


    Bagi masyarakat Bali, segera daftarkan diri Anda untuk mengikuti diklatnya di PPSDM Geominerba. Cukup klik link http://www.ppsdm-geominerba.esdm.go.id/registrasi/signup atau melalui aplikasi RAISA yang bisa diunduh dari Play Store atau App Store. Informasi lebih lanjut pendaftaran dapat menghubungi call center PPSDM Geominerba di nomor 08212-6666-230 (*)

    bas

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Sambil Ngabuburit, Ketum AHY Silaturahmi dengan Presiden PKS Ahmad Syaikhu
    Silaturahmi Kebangsaan AHY dan Ahmad Syaikhu, Bahas Penanganan Pandemi Covid-19
    Sekolah Murid Merdeka Buka Layanan Sekolah PAUD Gratis
    Pelaku UMKM dan Koperasi Jadi Bidikan BPJS Kesehatan untuk Program JKN-KIS
    KRI Nanggala-402 Hilang Kontak, DPR RI: Perlu Peremajaan Alutsista Indonesia
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Bank BJB kanan

      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads