free hit counter code PPSDM Geominerba Ajak Masyarakat Bali Mahir Kelola Batu Mulia dan Batu Hias - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
PPSDM Geominerba Ajak Masyarakat Bali Mahir Kelola Batu Mulia dan Batu Hias
(Istemewa)

PPSDM Geominerba Ajak Masyarakat Bali Mahir Kelola Batu Mulia dan Batu Hias

JuaraNews, Bandung - Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Negeri ini memiliki 17.508 pulau yang dihuni lebih dari 360 suku bangsa. Keutamaan ini membuat Indonesia juga kaya akan sumber daya alam yaitu hasil tambang seperti batu mulia dan batu hias.


Banyak pulau di Indonesia yang memiliki banyak sekali potensi tersebut. Sebut saja kecubung di Kepulauan Talaud, fosilk ayu dan opal Mulia di Banten, Opal Biru di Sukabumi, Giok Nefrit di Aceh, Kecubung Ungu di Kalimantan Timur, Krisoplas Hijau di Jawa Barat, Sulawesi Tenggara dan Halmahera Selatan, serta Intan di Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, dan Riau.


Sayangnya, modal dasar kekayaan batu hias dan batu mulia yang terkandung hampir di seluruh provinsi di Indonesia sejauh ini belum dimanfaatkan secara optimal. Sementara, keberadaan batu hias dan batu mulia yang sebagian besar ada di wilayah pedesaan tertinggal yang membutuhkan pengelolaan secara benar dan baik dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.


Bali sebagai kota wisata perlu dibantu untuk peningkatan pengusahaannya, salah satunya pengusahaan batu mulia dan batu hias. PPSDM Geominerba sebagai lembaga diklat pemerintahan akan memberikan pendidikan dan pelatihan bagi masyarakat Bali secara gratis pada tanggal 16-19 Maret 2021 secara online.


Pelatihan ini merupakan upaya PPSDM Geominerba mengenalkan jenis-jenis batu mulia dan batu hias serta tata cara memperoleh dan mengolahnya. Alhasil, masyarakat dapat memiliki semua pengetahuan untuk menjadi sumber-sumber diseminasi informasi yang benar tentang batu hias dan batu mulia.


Informasi tentang pengusahaan batu mulia dan batu hias yang benar diharapkan tidak hanya menciptakan nilai tambah. Aktivitas ini juga diharap dapat meningkatkan pendapatan masyarakat dan menciptakan lapangan kerja, serta tetap menjaga kelestarian daya dukung lingkungan sekitarnya.


Bagi masyarakat Bali, segera daftarkan diri Anda untuk mengikuti diklatnya di PPSDM Geominerba. Cukup klik link http://www.ppsdm-geominerba.esdm.go.id/registrasi/signup atau melalui aplikasi RAISA yang bisa diunduh dari Play Store atau App Store. Informasi lebih lanjut pendaftaran dapat menghubungi call center PPSDM Geominerba di nomor 08212-6666-230 (*)

bas

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Pelaksanaan Mudik di Jabar Dipastikan Lancar
Pemprov Jabar Diminta Selesaikan Sertifikasi Aset
44 Anggota DPRD Jabar Belum Laporkan LHKPN
KPK Ingatkan Pemprov  Soal Pencegahan Korupsi
Perluasan Wolbachia Jabar tunggu Hasil Ujungberung

Editorial



    sponsored links