web stats service from statcounter

Hot News


Inspirasi


    Usai Dipangkas, Anggaran Popnas XIII Ditambah Lagi

    Usai Dipangkas, Anggaran Popnas XIII Ditambah Lagi

    JuaraNews, Bandung - Pengurus Besar Pekan Olahraga Pelajar Nasional (PB Ppnas) XIII/2015 Jawa Barat bisa bernafas lega. Anggaran untuk penyelenggaraan multieven olahraga tingkat pelajar nasional dari pemerintah pusat kembali mendapatkan tambahan.

    Seperti diketahui, sebelumnya PB Popnas XIII/2015 Jawa Barat mengajukan anggaran kepada pemerintah pusat melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mencapai Rp15 miliar. Anggaran pun sudah disetujui DPR RI, namun kemudian mendapat pemotongan lebih dari 50 persen menjadi sekitar Rp6 miliar. Pemotongan sendiri dilakukan oleh Bidang Perencanaan Anggaran Pemerintah Pusat dengan alasan penghematan anggaran dan yang dipangkas merupakan biaya perjalanan dinas.

    Dengan pemotongan tersebut, pihak PB Popnas XIII/2015 pun berupaya untuk mendapatkan dana sharing sesuai dengan ajuan sebelumnya. Setidaknya, kalaupun ada pemotongan, jumlah tidak terlalu signifikan hingga 50 persen lebih. Upaya tersebut pun akhirnya mendapatkan respon yang baik, dan anggaran pun kembali ditambah.

    "Ya, sebelumnya memang ada pemotongan terutama untuk perjalanan dinas menjadi sekitar Rp6 miliar. Tapi sekarang dikembalikan ke semula, karena ternyata yang mengalami pemotongan itu lebih untuk pada dana kegiatan bukan perjalanan dinas. Anggaran yang disiapkan pemerintah untuk pelaksanaan Popnas XIII/2015 di Jawa Barat sendiri sekarang mencapai sekitar Rp13,5 miliar," ujar Asisten Deputi Pembibitan Olahragawan pada Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, Washington, kepada wartawan di Bandung, baru-baru ini.

    Washinton pun menyebut, persiapan Jawa Barat sebagai tuan rumah Popnas XIII/2015 sudah sangat baik. Bahkan secara persiapan non-teknis, sudah dilakukan provinsi dengan jumlah penduduk terbesar ini jauh-jauh hari. Salah satunya dengan pelaksanaan workshop persiapan Popnas XIII yang digelar beberapa bulan terakhir.

    "Jabar sudah sangat siap menjadi tuan rumah Popnas XIII. Hanya saja butuh pembenahan dari sisi teknis saat pelaksanaan nanti. Karena itu, kita akan selalu melakukan pendampingan sehingga pelaksanaan Popnas yang menjadi tes jelang PON XIX/2016 berjalan sukses," tegas Washinton.

    Ketua Harian PB Popnas XIII/2015, Yudha M Saputra mengaku pemangkasan anggaran sendiri sempat menjadi persoalan untuk pelaksanaan Popnas XIII yang akan dimulai pada 10 hingga 20 September 2015 mendatang. Namun dengan penambahan menjadi Rp13,5 miliar sedikit banyak membantu persiapan dan pelaksanaan multieven olahraga pelajar tingkat nasional tersebut.

    "Alhamdulilah, anggaran Popnas XIII dari pemerintah pusat kembali ditambah menjadi Rp13.5 miliar. Dan kami berharap anggaran itu bisa secepatnya cair," tegas Yudha yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) Provinsi Jawa Barat.

    Selain anggaran dari pemerintah pusat melalui APBN, lanjutnya, pihaknya pun sudah menganggarkan untuk pelaksanaan Popnas XIII pada 10-20 September 2015 mendatang pada APBD Provinsi Jabar. Dan jumlahnya hampir mencapai Rp80 miliar.

    "Jadi ada dua sumber pendanaan yakni dari APBN dan APBD. Tapi peruntukkan dana dari keduanya memiliki fokus berbeda. Intinya, jangan ada double anggaran untuk kegiatan," tandasnya. (*)

    Oleh: ageng rustandi / ang

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    RSUD Al Ihsan Buka Posko Penanganan Virus Corona
    Warga Siap - Siap, 2020 Gubernur Ingin Menginap di Rumah Serap Aspirasi
    Pasca Bentrok, Polisi Amankan Tiga Pelaku Pengeroyokan Ormas BPPKB Banten
    Diguyur Hujan Tiga Hari, Lima Kecamatan di Kab.Bandung Terendam Banjir
    Masa Dua Ormas Bubar, Polisi Tetap Berjaga

    Editorial