free hit counter code Sebelum Jadi Anggota Dewan, Yod Mintaraga Pernah Jadi PNS Deparpostel - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
Sebelum Jadi Anggota Dewan, Yod Mintaraga Pernah Jadi PNS Deparpostel

Sebelum Jadi Anggota Dewan, Yod Mintaraga Pernah Jadi PNS Deparpostel

  • Minggu, 14 Februari 2021 | 12:18:00 WIB
  • 0 Komentar

 

JuaraNews, Bandung – Sebelum menjalani karir sebagai politisi, Anggota DPRD Jabar Yod Mintaraga pernah menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Tak tanggung-tanggung, pekerja itu ia jalani selama 23 tahun sebelum akhirnya ia membuat pilihan berkarir di dunia politik.

 

“Saya dulu PNS di Deparposterl (kini kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif) selama 23 tahun,” kata Yod saat bercerita tentang perjalanan karirnya, Sabtu (14/2/2021).

 

Karir di dunia politik malah kini lebih lama dijalani pria kelahiran Ciawi, Tasikmalaya itu. Lebih dari 30 tahun dunia politik ia jalani, dengan berbagai jabatan yang dipegangnya. Kini suami dari Hj. Tutty Ernawati ini menjabat sebagai anggota DPRD Jawa Barat, Wakil Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat, dan Ketua Depidar SOKSI Wilayah Jawa Barat.

 

Pada tahun 1990 an, Yod mengawali karir politik dengan menjadi pengurus kecamatan di Partai Golkar. Saat itu ia masih menjadi PNS. Sampai akhirnya Yod harus membuat pilihan, tetap menjadi pegawai negeri atau berkiprah di politik.

 

Meski karir pegawai negerinya telah cukup lama, Yod lebih memilih ada dunia politik. Yod pun menjadi anggota DPRD Kota Bandung. Keputusan ini sempat ditentang keluarga. Namun Ia malah menduduki kursi anggota DPRD Kota Bandung selama empat periode. Setelah itu ia mengikuti kontestasi Pileg dan menjadi anggota DPRD Provinsi Jawa Barat.

 

Ia berangkat dari Daerah Pemilihan Kabupaten/ Kota Tasikmalaya pada Pileg tahun 2009. Yod berhasil menjadi anggota PPRD Provinsi periode 2009-2014. Di tahun 2014 dan 2019 Yod kembali mengikuti kontestasi pileg dan berhasil terpilih. Periode 2019-2024 ini merupakan periode ketujuh Yod menjadi anggota DPRD Jawa Barat.

 

Yod mengatakan, bisa bertahan menjadi anggota DPRD hingga tujuh periode tentu bukan perkara mudah. Ini, katanya, menyangkut kepercayaan rakyat dan kredibilitas. Namun dirinya mengakui, bisa terus bertahan duduk sebagai anggota parlemen hingga puluhan tahun kuncinya satu; kepercayaan rakyat. Karena itu, ia berkomitmen untuk selalu menjaga kepercayaan rakyat dengan bekerja semaksimal mungkin dalam memperjuangkan kebutuhan dasarnya.

 

Menurutnya, cerita pengalaman ini selalu disampaikan saat bertemu dengan masyarakat, khususnya kaum muda. Hal tersebut untuk memotivasi kepada kaum muda bahwa menjadi politisi itu bisa berawal dari pengurus RW dan Karang Taruna seperti dirinya. Selain itu, dengan menyampaikan pengalaman menjadi anggota dewan ini, ia memberikan pandangan dan gambaran bagi masyarakat agar lebih selektif dalam memilih calon anggota legislatif. (*)

Oleh: ude gunadi / ude

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Cucu Harap Program Listrik Desa tak Tumpang Tindih
Komisi IV Sesalkan Konstruksi Legok Nangka di 2025
Cucu: Penyediaan Listrik Penting bagi Warga Jabar
Cucu Sugyati Ajak Warga Tertib Jaga Lingkungan
Cucu Sugyati Sebarluaskan Perda Trantibum Linmas

Editorial



    sponsored links