free hit counter code Legislator: Perlu Tambahan Untuk Perbaikan Irigasi di Jabar - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
Legislator: Perlu Tambahan Untuk Perbaikan Irigasi di Jabar
(istemewa) Anggota Komisi IV DPRD Jabar, Kusnadi

Legislator: Perlu Tambahan Untuk Perbaikan Irigasi di Jabar

  • Senin, 22 Februari 2021 | 13:49:00 WIB
  • 0 Komentar

 

JuaraNews, Bandung - Komisi IV DPRD Jabar menilai penambahan anggaran untuk memperbaiki daerah irigasi di sejumlah daerah perlu dilakukan. Sebab, daerah irigasi berfungsi sebagai pengendalian debit air serta mengantisipasi bencana banjir.

 

Anggota Komisi IV DPRD Jabar, Kusnadi mengatakan, pihaknya akan konsen terhadap penambahan anggaran tersebut. Oleh karena itu Komisi IV akan berupaya dengan maksimal dan mendorong Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jabar agar mampu mengalokasikan anggaran yang sesuai dengan prioritas.

 

"Kami akan merekomendasikan irigasi yang mengalami kerusakan agar segera diperbaiki terutama pada perbaikan jalur irigasi," kata Kusnadi, Senin (22/2/2021).

 

Pasalnya, beberapa waktu lalu pihaknya meninjau sejumlah irigasi di Jabar dan mendapatkan data kerusakan khususnya di jalur irigasi terutama di daerah irigasi Depok, Kabupaten Bandung. Irigasi tersebut telah berumur dan notabene merupakan peninggalan zaman Belanda.

 

"Sudah ada upaya perbaikan tetapi hanya sepanjang 50 hingga 100 meter," ujarnya.

 

Meski begitu Kusnadi menyebut perbaikan dari luar maupun perbaikan dari dalam irigasi perlu dilakukan agar tidak terlalu banyak kehilangan debit air. Namun, Komisi IV hanya berwenang melakukan perbaikan di jalur dalam irigasi karena jalur luar irigasi menjadi kewenangan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS).

 

"Jalur irigasi bukan hanya untuk mengotimalkan debit air bagi kepentingan pertanian saja tapi untuk mengendalikan terjadinya aliran air dengan debit dan volume tinggi," ucapnya.

 

Ia menilai jika air bervolume besar tidak dikendalikan akan berdampak terhadap kebocoran jalur irigasi. Selain itu, dapat berpotensi terhadap penggerusan tanah dan pondasi irigasi. (*)

bas

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Johan J Anwari Perda Perlindungan Anak Penting
Johan J Anwari Sosper Perda Perlindungan Anak
Cucu Harap Program Listrik Desa tak Tumpang Tindih
Komisi IV Sesalkan Konstruksi Legok Nangka di 2025
Cucu: Penyediaan Listrik Penting bagi Warga Jabar

Editorial



    sponsored links