Daftar Pemain


    Editorial


      Hot News


      Jadwal Liga


        Piala Menpora 2021 jadi Turnamen Pramusim, Persib Tuan Rumah Babak Penyisihan Grup

        • Minggu, 21 Februari 2021 | 14:49:00 WIB
        • 0 Komentar


        Piala Menpora 2021 jadi Turnamen Pramusim, Persib Tuan Rumah Babak Penyisihan Grup
        Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo secara simbolis menyerahkan surat izin penyelengaraan Piala Menpora 2021 kepada Menpora Zainudin Amali di Mabes Polri, Kamis (18/2/2021). (divisi humas polri)

        JuaraNews, Bandung – Polri memberikan lampu hijau terkait kompetisi sepak bola di Tanah Air. Sebagai permulaan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengeluarkan izin resmi digelarnya turnamen pramusim Piala Menpora 2021 mulai 20 Maret hingga 25 April 2021.

         

        Kota Bandung yang diwakili tim Persib Bandung, didaulat menjadi salah satu tuan rumah Babak Penyisihan Grup, dari 4 kota yang ditunjuk penyelenggara turnamen PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB).

         

        Keputusan Kapolri tersebut diumumkan pada Kamis (18/2/2021) lallu di Mabes Polri. Secara simbolis Kapolri memberikan surat izin tersebut kepada Menpora Zainudin Amali. PSSI dan operator PT LIB wajib melaksanakannya dengan menegakkan protokol kesehatan Covid-19.

         

        “Sore hari ini saya akan serahkan surat izin keramaian untuk kegiatan pra kompetisi (pra musim). Kami mau memberikan kesempatan, tentunya dengan catatan bahwa penegakkan aturan terkait dengan masalah prokes itu menjadi syarat utama,” kata Listyo Sigit seperti dikutip laman Divisi Humas Polri.

         

        Lebih lanjut, Listyo menekankan seluruh pelaku atau elemen sepakbola Indonesia untuk bersama-sama kompak disiplin mematuhi protokol kesehatan terutama suporter walau pertandingan digelar tanpa penonton. Tak boleh ada kerumunan di luar stadion. Keamanan dan kesehatan masyarakat jadi prioritas utama.

         

        “Dengan adanya kesepakatan tersebut kita semua harus sama-sama menjaga. Baik sepak bola, baik pemainnya, demikian juga para suporter di mana pun nantinya apabila ini diselenggarakan penegakkan aturan terkait masalah prokes itu menjadi prioritas,” lanjutnya.

         

        Piala Menpora rencananya akan diikuti 18 klub Liga 1 dan 2 klub Liga 2. Ke-18 tim tersebut, yakni Persib Bandung, Bali United, Borneo FC, Persipura Jayapura, PSIS Semarang, Persiraja Banda Aceh, Madura United, Persija Jakarta, Tira Persikabo, Bhayangkara FC, Arema FC, Persik Kediri, Persita, Persebaya Surabaya, PSS Sleman, Barito Putera, Persela Lamongan, Sriwijaya FC, dan PSMS Medan.

         

        Pelaksanaan turnamen tersebut jadi ajang pembuktian atau uji coba sebelum Polri memberikan izin keamanan untuk perhelatan yang lebih penting, yakni kompetisi Liga 1 2021.

         

        “Mungkin di tahap awal Bapak Menpora akan menyelenggarakan dalam prakompetensi. Tentunya kami akan melihat apakah penyelenggaraan tersebut bisa dilaksanakan sesuai dengan syarat-syarat tersebut. Kalau syarat tersebut bisa dilaksanakan, tentunya kami akan memberikan evaluasi-evaluasi secara bertahap,” tandasnya.

         

        Seluruh pertandingan bakal digelar tanpa penonton, tanpa kerumunan, dan ditayangkan langsung televisi. Sistem grup di 4 kota, Solo (Stadion Manahan), Bandung (Stdaion Gelora Bandung Lautan Api/GBLA), Sleman (Stadion Maguwoharjo), dan Malang (Stadion Kanjuruhan). Dalam draf rencana PSSI venue alternatif lainnya, adalah Kota Palembang (Stadion Jakabaring).

         

        Penyisihan akan dihelat 20 Maret hingga 8 April. Satu grup akan diisi 5 tim, dan 2 tim teratas melaju ke Babak 8 Besar atau Perempat Final. Babak 8 Besar digelar pada 15-18 April, dengan sistem single match, extra time, penalti. Begitu pun Babak Semi Final yang dihelat pada 20-21 April, dan Babak Final pada 24-25 April. Selain perebutan juara, akan ada perebutan juara ketiga.

         

        Draf pembagian grup turnamen pramusim Piala Menpora 2021 yang dilansir PSSI. Ada 2 opsi penentuan tuan rumah babak penyisihan grup. (sumber: pssi)

         

        Rumor yang beredar, rencana pertama Persib akan tergabung di Grup B bersama Madura United, Borneo FC, Persik Kediri dan Persebaya. Ada pun rencan kedua, Persib akan berada di Grup C bersama PSM, Borneo FC, Persik, dan Madura United.

         

        Panpel Persib Siap Ikuti Arahan
        Sementara itu, General Coordinator laga kandang Persib, Budhi Bram Rahman mengatakan, pihaknya siap menyukseskan turnamen ini. Dia bersedia untuk mengikuti arahan untuk menggelar setiap laga. Terutama soal protokol kesehatan yang kini menjadi perhatian karena wabah Covid-19 masih mengintai.

        “Kalau memang Bandung ditunjuk jadi tuan rumah, dan panpel diminta bantuan untuk turut serta ya kita pasti akan ikut. Nah pasti kan nanti bakalan ada workshop lagi pembaharauan regulasi,” terang Bram.

         

        Ditunjuk sebagai tuan rumah, ada dua opsi stadion yang bisa dipilih. Karena secara kualitas, Stadion si Jalak Harupat (SJH) dan GBLA layak digunakan. Namun Bram mengatakan belum menentukan venue mana yang dipilih, atau mungkin saja keduanya digunakan.

         

        “Kalau itu saya tidak bisa menentukan karena turnamen itu kan ada beberapa tim. Soal itu saya kembalikan lagi ke manajemen. Kalau mau bermain di GBLA ya harus dipersiapkan juga, (Stadion) Jalak juga seperti itu,” ujar pria yang akrab disapa Om Bram tersebut.

         

        Namun dia memastikan bahwa kedua stadion tersbeut bisa menggelar pertandingan Piala Menpora 2021. Karena selama tidak digunakan akibat pandemi, kondisinya tetap terawat. “Ya pasti kan GBLA dan SJH tetap masih terpelihara, tidak dibiarkan begitu saja kelihatannya,” pungkas Bram.

         

        Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) Teddy Tjahyono. (foto: net)

         

        Tunggu Surat Resmi dari PSSI
        Manajemen Persib sendiri masih belum menentukan sikap soal ditunjuknya Bandung sebagai salah satu rumah turnamen pramusim Piala Menpora 2021. Manajemen Persib masih menunggu surat resmi dari PSSI atau PT LIB.

         

        Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) Teddy Tjahyono menegaskan, karena belum ada surat resmi dari PSSI atau PT LIB, manajemen belum bisa mengambil langkah konret terkait rencana tim selanjutnya, untuk menghadapi turnamen Piala Menpora 2021. Pihaknya akan menentukan langkah selanjutnya, jika sudah ada surat resmi mengenai turnamen pramusim Piala Menpora 2021.

         

        "Kita gak akan lakuin apa-apa sebelum ada surat resmi, untuk mengumpulkan pemain kita tidak akan lakukan sampai ada surat resmi," tandas Teddy.

         

        Manejemen Maung Bajdung enggan terburu-buru untuk mengumpulkan pemainnya. Teddy berkaca dari pengalaman sebelumnya saat kompetisi Liga 1 2020 batal dilanjutkan beberapa kali. Saat itu, manajemen sudah memanggil kembali pemainnya dan mengelar latihan mulai awal Agustus 2020 lalu, lantaran saat itu kompetisi akan digelar kembali pada 1 Oktober 2020 setelah dihentikan sejak pertengahan Maret 2020 karena pandemi Covid-19.

         

        Namun, dua hari menjelang kick off, kompetisi kembali ditunda. Setelah itu, klub sepakat untuk melanjutkan Liga 1 2020 pada 1 November, hanya saja pihak kepolisian tidak memberikan izin keramaian, hingga akhirnya kompetisi musim 2020 resmi dibatalkan.

         

        "Nggak lah, kapok. Kita tunggu surat resmi baru kumpulkan pemain. Karena kita gak tahu juga kalau misal surat resmi bener 20 Maret ya gimana, nanti kita putusin deh," jelasnya.

         

        Teddy sendiri menilai dengan kick-off Piala Menpora 2021 pada 20 Maret, persiapan tim tidak akan maksimal, karena cukup mepet. Sedangkan idealnya butuh sekitar 8 pekan untuk persiapan, apalagi sudah cukup lama klub tidak beraktivitas. Menurutnya, waktu 1 bulan tidak cukup untuk mempersiapkan tim, pasalnya banyak pemain sedang berada di kampung halaman.

         

        “Kalau turnamen mulai 20 Maret sampai hari ini enggak ada satu klub yang belum mulai latihan selain Bali (United). Nah sekarang bayangin panggilin pemain-pemain yang di luar Bandung butuh berapa hari? 3 sampai 4 hari,” ungkap Teddy.

         

        Terlebih pemain asing yang bisa memakan waktu sampai 14 hari. Pasalnya mereka harus menjalani karantina terlebih dahulu begitu masuk Indonesia. “Pemain luar negeri harus dikenakan karantina 14 hari, nah itu kan kalau kita bisa kumpul tanggal berapa, 20 hari dari sekarang,” ulasnya.

         

        Praktis Persib dan klub lainnya mungkin hanya memiliki waktu latihan optimal 10 hari. Hal itu dianggap tidak ideal dimana semestinya pemain mendapatkan menu latihan terprogram selama 6 pekan sebelum siap bermain 90 menit.

         

        “Terus cuman mau latihan 10 hari ikut turnamen, pemain butuh 2 bulan untuk persiapan jadi jadwal yang dibuat tidak masuk akal untuk dilaksanakan sebenarnya. Akhir April deh (idealnya). Maret sangat tidak ideal,” pungkas Teddy. (*)

        Oleh: JuaraNews / bar

        0 Komentar
        Tinggalkan Komentar
        Cancel reply
        0 Komentar
        Tidak ada komentar
        Berita Lainnya
        Mantapkan Persiapan hadapi Piala Menpora, Sabtu Ini Tim Persib Gelar Game Internal
        Akhiri Isolasi Mandiri, Nick Kuipers Segera Gabung Latihan Persib
        Ini Target Persib Bandung di Piala Menpora 2021
        GBLA dan si Jalak Harupat Siap jadi Tuan Rumah Piala Menpora 2021
        Pemain Persib Antusias Ikuti Latihan Perdana di GBLA
        Berita Terdahulu
        walikota

        Data Statik Covid-19


        DATA COVID-19 INDONESIA

        😷 Positif:

        😊 Sembuh:

        😭 Meninggal:

        (Data: kawalcorona.com)

        Ads


        Klasemen Liga Indonesia

        Tim M Point
        1 Persib Bandung 3 9
        2 Bali United 3 7
        3 PSIS Semarang 3 6