free hit counter code Syamsi Dhuha Foundation Beri 20 Tongkat BriCane pada Difabel Netra yang Berkarya - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Jabar Juara


Opini


  • Hejo Tapi Teu Ngejo
    Hejo Tapi Teu Ngejo

    PROVINSI Jawa Barat memilik Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2015 Tentang Pengelolaan Jasa Lingkungan Hidup. Perda tersebut didasari Undang-Undang Nomor 42 Tahun 2009.

    Syamsi Dhuha Foundation Beri 20 Tongkat BriCane pada Difabel Netra yang Berkarya

    Syamsi Dhuha Foundation Beri 20 Tongkat BriCane pada Difabel Netra yang Berkarya

    • Kamis, 18 Februari 2021 | 10:08:00 WIB
    • 0 Komentar

     

     JuaraNews, Bandung – Di tengah suasana pandemi, Syamsi Dhuha Foundation (SDF) - LSM nirlaba peduli Difabel Netra (DN), memberikan apresiasi bagi 20 DN yang tetap berkarya di bidangnya masing-masing,  dalam bentuk pemberian BriCane (Brilliant Cane) hasil penelitian dan pengembangan selama 3 tahun terakhir ini.

     

    BriCane senilai total 58 juta ini diberikan kepada 20 DN dari berbagai daerah seperti Medan, Lombok, Bali, Makassar, Sidoarjo, Magelang, Purwokerto dan Bandung. Acara penyerahan disiarkan daring dan terbuka bagi umum Kamis (18/2/2021).

     

    “Di tengah gempuran masuknya berbagai produk impor, tak mudah memang jika ingin mengembangkan kreativitas anak bangsa, mulai dari desain hingga ke produksi. Ada kesulitan mulai dari kelangkaan bahan baku hingga tingginya biaya produksi. Namun SDF tetap berusaha mengembangkan penelitian dan pengembangan alat bantu Low vision dengan dukungan para relawan dan donatur untuk tetap bisa berkreasi menghasilkan produk muatan lokal,” kata Dian Syarief - Ketua SDF yang  juga penyandang Low vision.

     

    BriCane merupakan tongkat tunanetra kekinian dilengkapi dengan aplikasi, sensor untuk mendeteksi halangan, tombol darurat untuk dapat melokalisir keberadaan DN yang mengalami disorientasi/tersesat dan ujung tongkat yang  kokoh untuk bertumpu. Tongkat sejenis sudah ada di luar negeri, dengan kisaran harga sekitar Rp. 9 juta. Hadirnya BriCane jadi alternatif bagi DN untuk peroleh harga lebih murah 60 - 70% dari tongkat impor.

     

    “Sebanyak 20 unit BriCane pertama didedikasikan untuk DN terpilih sedangkan 10 unit pertama lainnya untuk penuhi pesanan dari rumah sakit dan klinik”, jelas Dian Syarief - Ketua SDF yg juga penyandang Low vision.

     

    Para penerima SDF BriCane Awards ini miliki latar belakang beragam, seperti : pekerja sosial, pengajar, pewirausaha, atlit, terapis, mahasiswa dan pelajar. Tiga diantaranya adalah Marilyn Lie - Ketua Yayasan Dwituna Harapan Baru - Medan yang juga pengajar anak-anak berkebutuhan khusus; Fitri Nugrahaningrum - Ketua Yayasan Samara Lombok dan Ketua Pertuni NTB yang juga seorang pewirausaha dan Popon Siti Latifa- Editor media online, Trainer Computer for Blind, Ketua Blind Moms - Bandung.

     

    Adapun pesan kesan penerima SDF BriCane Awards, di antaranya, “Saya pikir itu hanya imajinasi belaka, ternyata SDF mewujudkannya. Saya sampai seemosional ini karena saya sangat menantikan hal ini 7 tahun yg lalu. Lihat di TV bolak balik sampai emosi karena hanya untuk uji coba anak mahasiswa”, ungkap Ardinal Purbowo-Pewirausaha yang juga Konten Kreator dan Ketua Pertuni Banyumas (https://youtu.be/wPnFQnNMxzA).

     

    “Tongkat ini luar biasa sangat bermanfaat bagi saya untuk bermobilisasi dalam beraktivitas di lingkungan yg baru”, ujar Edi Suwanto- Founder Edubilitas Bandung.

    Hal senada juga diungkapkan Iden Wahidin, Aktivis Mahasiswa Berprestasi –Bandung. “Alat ini luar biasa. Menjawab kesulitan saya dalam bermobilitas” katanya.  (*)

    ude

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    KPU Jabar Enggan Disebut Lelet, Ini Alasannya
    BMKG Soal Hujan dan Angin Kencang Melanda Bandung
    Hasyim Sindir KPU Jabar Tidak Hadir di Rapat Pleno
    80 KK Diungsikan Imbas Banjir Rob di Palabuhanratu
    Bey Machmudin Tarawih di Masjid Tertua di Bandung

    Editorial



      sponsored links