free hit counter code Mayoritas Komisi III DPR Setuju Komjen Sigit Gantikan Idham Azis - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
Mayoritas Komisi III DPR Setuju Komjen Sigit Gantikan Idham Azis
(Foto: DPR RI) Ketua Komisi III DPR RI Herman Hery.

Mayoritas Komisi III DPR Setuju Komjen Sigit Gantikan Idham Azis

JabarNews, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengirim nama calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis ke DPR RI pada Rabu (13/01/2020). Jokowi hanya mengirim satu nama yaitu Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo.

 

Ketua Komisi III DPR RI Herman Hery mengatakan, pihaknya akan mengundang Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) dan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) untuk Rapat Gelar Pendapat Umum (RDPU) pada Kamis (14/01/2020) besok.  RDP tersebut kata Herman guna menindaklanjuti ihwal penunjukan Sigit sebagai calon tunggal Kapolri yang suratnya telah diterima oleh pimpinan DPR.

 

"Besok, kami akan mengundang RDPU PPATK dan Kompolnas. Tujuan RDPU tersebut adalah untuk meminta masukan dari masyarakat. RDP besok kita akan mulai jam 11.00 WIB," ujar Herman di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu siang.

 

Selanjutnya kata Herman, pihaknya akan mengundang Sigit untuk mempresentasikan makalah di hadapan Komisi III pada Senin (18/01/2020). "Kemudian jadwal berikutnya hari Senin. Calon diundang ke sini untuk membuat makalah. Satu sampai 2 jam persentase makalah itu," katanya.

 

Kemudian kata Herman, pihaknya akan menggelar uji kepatuhan dan kelayakan (fit and proper test) pada Selasa (19/01/2020). "Fit and proper test akan dimulai jam 10 pagi dengan pola 2×2,5 jam. Jadi 10 dimulai sampai jam 12 lalu break. Jam 2 dimulai lagi sampai jam 16.30 Wib," katanya.

 

"Kita harapkan di hari Selasa itu, sore harinya Komisi III rapat untuk membuat keputusan menolak atau menerima calon yang diajukan oleh Presiden," tambahnya.

 

Herman pun memastikan mayoritas Komisi III DPR RI menerima sosok Komjen Listyo Sigit Prabowo Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis yang akan pensiun pada 25 Januari 2020 mendatang.

 

"Sejauh ini dari hasil rapat internal kami, mayoritas anggota komisi berharap betul kepada pak Listyo sigit untuk melakukan terobosan-terobosan pembaharuan. Artinya mayoritas komisi III menerima dan berharap," jelasnya.

 

Herman menuturkan, mayoritas komisi III menilai Sigit adalah figur reformatif dengan harapan bisa membawa pembaharuan di tubuh Polri.

 

"Kami berharap jenderal muda ini bisa membawa pembaharuan di tubuh polri. Jenderal muda ini bisa menjadi seorang pimpinan polri yang negarawan, yang bisa mengakomodir semua pihak," katanya.

 

Akan tetapi kata Herman, penentuan diterima atau tidak tergantung hasil pemaparan makalah dan uji kelayakan dan kepatutan (Fit and proper test).

 

"Dalam fit and proper test akan kita lakukan secara profesional dan terbuka. Di situ publik bisa melihat apa yang dipertanyakan, apa yang menjadi komitmen, dan bagaimana jalannya fit and proper test tersebut. Lalu hasilnya nanti akan kita lihat sama-sama nanti, saya kira itu," pungkasnya. (*)

Oleh: ridwan / rid

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Peninggian Tanggul Kali Bekasi Rampung Juni 2024
Hadapi Libur Libur Nataru, Pemprov Jabar Siapkan Aplikasi Simanis
Polri Bangun 316 Titik Pembatasan Pengendalian Mobilitas Selama PPKM di Seluruh Indonesia
Waduh! Provinsi Jawa Barat Penyumbang Kasus Covid-19 Terbanyak Kedua di Indonesia
Soal Isolasi Mandiri Berbayar, DPR RI Desak Kemenkes Segera Berindak

Editorial



    sponsored links