free hit counter code DPRD Jabar: Pembangunan Retensi Andir Harus Didorong Program Sosial - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
DPRD Jabar: Pembangunan Retensi Andir Harus Didorong Program Sosial
(Foto: Net) Sekretaris Komisi IV DPRD Jabar, Buky Wibawa Karya Guna.

DPRD Jabar: Pembangunan Retensi Andir Harus Didorong Program Sosial

  • Sabtu, 12 Desember 2020 | 23:11:00 WIB
  • 0 Komentar

JuaraNews, Bandung - DPRD Provinsi Jawa Barat menilai pembangunan kolam retensi Andir harus dibarengi dengan program sosial untuk pembinaan masyarakat untuk meningkatkan kesadaran dalam menjaga sungai dan lingkungan.

 

Sekretaris Komisi IV DPRD Jabar, Buky Wibawa Karya Guna mengatakan pembinaan yang dimaksud yakni peningkatan kesadaran masyarakat untuk tidak lagi membuang sampah ke sungai. Tak hanya masyarakat, dia juga menyampaikan para perusahaan pun harus dibina agar tidak membuang limbah ke sungai.

 

"Bagaimana pun sungai menjadi sumber kehidupan bukan tempat membuang sampah dan segala hal," kata Buky di Bandung, Sabtu (12/12/2020).

 

Menurutnya, upaya mengatasi banjir akan sia-sia jika hanya mengutamakan infrastruktur tetapi sosial ekologisnya tidak.

 

"Harus dilakukan bersamaan pembangunan kolam retensi dan poldernya, karena akan percuma tanpa pembinaan membangun kesadaran masyarakat," ucapnya.

 

Kendati demikian, Buky berharap pembangunan kolam retensi Andir dan polder-poldernya dapat berjalan sesuai target dan mampu menjadi solusi dalam mengendalikan banjir yang kerap terjadi di daerah Baleendah dan Dayeuh Kolot.

 

"Kami mendukung penuh pembangunan kolam retensi Andir dan polder-poldernya. Pada prinsipnya kami akan mendukung program yang memperhatikan terhadap masyarakat," ujarnya.

 

"Kita tahu masyarakat yang tinggal dibantaran Sungai Citarum seringkali mengalami banjir. Jadi saya kira ini upaya yang sangat positif," tambahnya.

 

Buky juga mendukung penuh pembangungan retensi Andir tersebut. Dia menyebut, dukungan harus diberikan karena mengingat retensi ini pun bisa memenuhi kebutuhan air untuk sektor pertanian termasuk masyarakat sekitar, Kabupaten Bandung.

 

"Kami DPRD pasti akan mendukung secaara penuh upaya mengatasi banjir. Bencana di Jawa Barat banyak yang disebabkan oleh debit air. Oleh karena itu proyek-proyek yang sifatnya penanggulangan saya kira perlu didukung," tutupnya. (*)

Oleh: ridwan / rid

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Agus Mulyana Optimistis Timnas Menang Lawan Korsel
SAH! Prabowo-Gibran Presiden & Wapres 2024-2029
Bey Ingin Sumedang Kembali Jadi Paradijs van Java
Bonus Demografi Sumber Daya Pembangunan Produktif
Target Angka Penurunan Stunting  Masih Jauh

Editorial



    sponsored links