web stats service from statcounter

Hot News


Inspirasi


    Pekan Ini, Disorda Jabar Gelar Seleksi Masuk Atlet
    ilustrasi

    Pekan Ini, Disorda Jabar Gelar Seleksi Masuk Atlet

    JuaraNews, Bandung - Ratusan atlet pelajar akan menjalani seleksi untuk bisa masuk dalam Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) yang digelar Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) Jawa Barat. Seleksi sendiri rencananya akan digelar pada 28-30 April mendatang.

    Seleksi PPLP pada tahun ini akan merekrut sekitar 139 atlet pelajar yang terbagi di 11 cabang olahraga. Enam cabang olahraga PPLP yang dibiayai oleh pemerintah pusat melalui APBN, dan lima cabang olahraga PPLP yang dibiayai melalui anggaran APBD Provinsi.

    "Rinciannya, 85 atlet untuk enam cabang olahraga PPLP yang dibiayai APBN, dan 54 atlet untuk cabang olahraga PPLP yang dibiayai APBD Provinsi. Mereka akan menggantikan siswa PPLP yang sudah menyelesaikan masa studi di tingkat SMA/MA/sederajat," ujar Kepala Bidang Keolahragaan Disorda Jabar, Nandang Saptari, saat ditemui wartawan, Kamis (23/4/2015).

    Keenam cabang olahraga PPLP yang dibiayai oleh APBN yakni Panahan, Pencak Silat, Taekwondo, Atletik, Karate dan Angkat Besi. Sedangkan untuk lima cabang olahraga yang dibiayai APBD Provinsi yakni Dayung, sepak takraw, gulat, senam, dan judo.

    Pada seleksi tersebut, lanjutnya, setiap atlet tersebut sebelumnya telah diseleksi oleh setiap kota/kabupaten dan diajukan ke Disorda Jabar untuk masuk tahap seleksi berikutnya. Pada seleksi yang dilakukan Disorda Jabar, para atlet akan kembali menjalani beberapa rangkaian tes.

    "Yang terpenting adalah tes kesehatan dan kita bekerjasama dengan Pramitha untuk pemeriksaaan laboratorium. Kita ingin, atlet yang masuk PPLP benar-benar sehat secara jasmani dan tidak memiliki riwayat penyakit. Selain tes kesehatan, juga akan dilakukan wawancara serta tes akademik," tuturnya.

    Sementara untuk tes kecabang olahragaan, pihaknya akan melibatkan penanggungjawab PPLP dari masing-masing cabang olahraga. Dengan demikian, tes yang dilakukan benar-benar sesuai dengan harapan. "Pihak kami hanya melakukan seleksi secara umum. Khusus kecabangolahragaan, kami libatkan penanggungjawab masing-masing cabang olahraga untuk lebih objektif," tegasnya.

    Nandang menambahkan, pihaknya pun berencana menambah cabang olahraga untuk masuk dalam kamp PPLP Jabar. Yakni cabang olahraga bola voli dengan jumlah atlet sebanyak 24 orang. Dengan rincian, 12 atlet putra dan 12 atlet putri.

    "Untuk seleksinya, kita akan lakukan usai penerimaan siswa baru. Jadi sekitar bulan Juli 2015 mendatang," tegasnya.

    Selain itu, saat ini pihak Disorda Jabar pun tengah berupaya memberikan asrama PPLP Jabar yang lebih layak. Untuk itu, beberapa atlet PPLP yang saat ini masih belum terkonsentrasi di satu tempat, rencananya akan dipindahkan ke satu lokasi yang lebih layak.

    "Kita sudah dapatkan lokasinya di Jalan Tidar Kota Bandung dan sekarang sedang dibenahi. Mulai Mei 2015 mendatang, mereka akan menghuni asrama di Jalan Tidar tersebut, setidaknya hingga satu satu dua tahun mendatang hingga asrama PPLP di areal SPOrT Jabar Arcamanik Bandung selesai," pungkasnya. (*)

    Oleh: ageng rustandi / ang

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    RSUD Al Ihsan Buka Posko Penanganan Virus Corona
    Warga Siap - Siap, 2020 Gubernur Ingin Menginap di Rumah Serap Aspirasi
    Pasca Bentrok, Polisi Amankan Tiga Pelaku Pengeroyokan Ormas BPPKB Banten
    Diguyur Hujan Tiga Hari, Lima Kecamatan di Kab.Bandung Terendam Banjir
    Masa Dua Ormas Bubar, Polisi Tetap Berjaga

    Editorial