free hit counter code Wagub Jabar: Disiplin Modal Utama Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
Wagub Jabar: Disiplin Modal Utama Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi
Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum memberi keterangan pers usai Rapat Komite Kebijakan Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Jabar, di Mapolda Jawa Barat, Kota Bandung, Senin (30/11/2020).

Wagub Jabar: Disiplin Modal Utama Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi

  • Selasa, 1 Desember 2020 | 07:27:00 WIB
  • 0 Komentar

 

JuaraNews, Bandung – Penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi dapat berjalan beriringan asalkan masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan 3M. Hal itu dikatakan Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum dalam jumpa pers di Mapolda Provinsi Jabar, Kota Bandung, Senin (30/11/2020).

 

"Karena kalau protokol kesehatan tidak dilaksanakan, peningkatan kasus Covid-19 bisa terjadi, dan ekonomi akan kembali terganggu," kata Uu.

 

"Saya berharap kepada masyarakat untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan," imbuhnya.

 

Perekonomian Jabar mulai membaik usai terpuruk pandemi Covid-19. Ekonomi Jabar triwulan III-2020 terhadap triwulan sebelumnya meningkat sebesar 3,37 persen (q-to-q).  Secara tahunan (y-on-y), ekonomi Jabar pada triwulan III-2020 mengalami kontraksi pertumbuhan yaitu minus 4,08 persen.

 

Adapun berdasarkan data Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Jabar, implementasi Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) sejak Juli 2020 mendorong dibukanya kembali kegiatan usaha yang berdampak pada perbaikan kinerja lapangan usaha di Jabar, seperti sektor industri pengolahan, perdagangan, transportasi, dan penyediaan akomodasi.

 

Sejalan dengan hal tersebut, pendapatan masyarakat pulih secara perlahan sehingga dapat mendorong konsumsi rumah tangga. Di sisi lain, masih berlanjutnya realisasi investasi pada triwulan IlI-2020 mendorong pertumbuhan ekonomi Jabar.

 

"Ekonomi Jabar mayoritas berada di sektor industri. Hari ini alhamdulillah industri di Jabar sudah mulai menggeliat dan bergerak," ucap Uu.

 

"Sebelum pandemi Covid-19, pertumbuhan ekonomi Jabar selalu di atas rata-rata nasional. Tapi, saat pandemi Covid-19, ekonomi Jabar terpuruk. Alhamdulillah sekarang sudah mulai membaik," tambahnya.

 

Oleh karena itu, Kang Uu meminta masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan. Tujuannya agar pemulihan ekonomi tetap berjalan, dan penanganan Covid-19 tetap dilakukan. (*)

ude

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Jabar Mitigasi Bencana Hidrometeorologi saat Mudik
Pelaksanaan Mudik di Jabar Dipastikan Lancar
Pemprov Jabar Diminta Selesaikan Sertifikasi Aset
44 Anggota DPRD Jabar Belum Laporkan LHKPN
KPK Ingatkan Pemprov  Soal Pencegahan Korupsi

Editorial



    sponsored links