free hit counter code Banyak Tak Bayar Pajak, Penerimaan PKB di Jabar Turun 50 Persen - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Editorial


    Hot News


    Opini


      Banyak Tak Bayar Pajak, Penerimaan PKB di Jabar Turun 50 Persen
      JuaraNews/Abdul Basir Sugianto Nanggolah

      Banyak Tak Bayar Pajak, Penerimaan PKB di Jabar Turun 50 Persen

      • Selasa, 20 Oktober 2020 | 11:56:00 WIB
      • 0 Komentar

      JuaraNews, Bandung - Pendapatan Asli Daerah (PAD) JaBAAR dari sektor Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) mengalami penurunan hingga 50 persen, sedangkan sektor PAD lain seperti bagi hasil dan lainnya sebagainya masih sama.

       

      Wakil Ketua Komisi III DPRD Jabar Sugianto Nanggolah mengatakan, PKB menjadi komponen pajak paling berkontribusi pada Pendapatan Asli Daerah (PAD) Jabar. Sehingga, saat penerimaan PKB turun hal tersebut sangat berdampak pada PAD.

       

      "Dari berbagai jenis pajak, PKB paling turun karena banyak yang tidak membayar," kata Sugianto di Bandung, Selasa (20/10/2020).

       

      Karena itu, DPRD Jabar meninta Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jabar untuk membuat program stimulus dalam PKB yang mengalami penurunan hingga 50 persen. Sehingga, masyarakat memiliki kemampuan membayar pajak tetapi pajak yang tidak begitu memberatkan, karena diringankan dengan berbagai stimulus pajak.

       

      "Nah, ini seharusnya stimulus pertumbuhan ekonomi bisa memberikan daya ungkit masyarakat membayar pajak (ditambah dengan stimulus pajaknya)," tandasnya.

       

      Untuk diketahui dalam APBD 2020 PAD Provinsi Jabar turun sekitar Rp4,2 triliun atau dari yang diproyeksikan sekitar Rp25 triliun menjadi Rp21 triliun (sebelum adanya anggaran PEN). Dari komponen PAD tersebut, PKB yang diproyeksikan sekitar Rp11 trilun turun menjadi Rp9,6 triliun atau turun sekitar Rp2 triliun. (*)

      bas

      0 Komentar

      Tinggalkan Komentar


      Cancel reply

      0 Komentar


      Tidak ada komentar

      Berita Lainnya


      Komisi V: Program TOSS Bisa Jadi Role Model
      Pembangunan Terminal Cikarang Harus Dikebut
      DPRD Jabar Terima Studi Banding BK DPRD Jambi
      Sekwan Jabar Ajak Pegawai Rutin Terapkan Eco Green
      DPRD Harap Sinergitas Barnas Adjidin Dengan Dewan