ultah bandung

Hot News


Inspirasi


    Bawaslu Jabar: Penetapan Calon di Pilkada Serentak Tidak Seragam
    (Foto: Net) Bawaslu Jabar

    Bawaslu Jabar: Penetapan Calon di Pilkada Serentak Tidak Seragam

    • Rabu, 23 September 2020 | 11:02:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung - Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu, Jabar Zaki Hilmi mengatakan dalam penetapan calon, KPU se-Jabar ini tidak seragam ada yang pleno terbuka, dan ada yang pleno tertutup.

     

    "Jadi ketidakseragaman ini juga kita dari Bawaslu itu mempertanyakan itu. Bukankah penyelenggaraan pemilu itu bersifat terbuka dan transparan bagaimana dengan PKPI No 3 tahun 2017 Pasal 2 yang belum dihapus," kata Zaki saat dihubungi, Rabu (23/9/2020).

     

    "Ketidakseragaman ini menunjukkan ada tidak keseragaman pemahaman di internal KPU juga di belakang kbupaten/kota yang melaksanakan penetapan calon," tambahnya.

     

    Zaki menjelaskan, penetapan calon yang merupakan bagian dari langkah panjang proses pendaftaran kemudian penelitian berkas administrasi sampai dengan verifikasi faktual keabsahan syarat pencalonan dan syarat calon.

     

    "Jadi sebetulnya besok itu hanya tinggal keputusan dari langkah yang panjang secara terbuka, KPU sudah sampaikan," jelasnya.

     

    Tak hanya itu, lanjut Zaki, dalam proses penetapan calon secara terbuka juga pembatasan jumlah massa dengan mengundang hanya pasangan calon dan KPU dan Bawaslu. Tetapi, tambah dia, jika dilakukan secara tertutup itu hanya menetapkan dan kemudian menyampaikan hasilnya ke para calon melalui LO atau Bawaslu.

     

    "Tetapi sebelum penetapan ini sehari yang lalu 8 kabupaten/kota itu sudah mengingatkan seluruh calon melalui LO bersurat bahwa pelaksanaan itu menerapkan tentang protokol Covid-19, tentang kemudian belum mamasuki masa kampanye," ucapnya.

     

    "Kita berharap tidak ada kerumunan seperti saat pendaftaran calon tentu ini semua tergantung pada kedisiplinan dan kepatuhan dari calon sendiri untuk tidak melakukan arak-arakan, mobilisasi atau pendukung yang hadir itu bisa dikomunikasikan agar terbatas sekali," tutupnya. (*)

    Oleh: ridwan / rid

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
     Jabar Perkuat Koordinasi Hadapi Fenomena La Nina
    Puncak Acara HUT ke-56 Partai Golkar Catatkan Rekor Muri
    Dapat Bantuan 100 Ribu Floacked Swab Buatan UI, Jabar Makin Cepat Tangani Covid-19
    Tersandung Kasus Korupsi Dana Alokasi Khusus, Wali Kota Tasikmalaya Ditahan KPK
    Universitas Halim Sanusi Optimistis Mampu Bersaing dengan Kampus Swasta di Bandung
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Pos Indonesia kanan

      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads