web stats service from statcounter

Hot News


Inspirasi


    Selama 6 Hari, 301 Atlet Jalani Tes Fisik

    Selama 6 Hari, 301 Atlet Jalani Tes Fisik

    JuaraNews, Bandung - Sejak Kamis (16/4/2015) lalu, sebanyak 301 atlet Pelatda PON XIX/2016 menjalani tes fisik tahap pertama di Laboratorium Sport Science Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Jalan Setiabudi Kota Bandung. Tes fisik sendiri digelar hingga Rabu (22/4/2015) besok.

    Tes fisik sendiri meliputi fleksibilitas, keseimbangan, kelincahan dan reaksi, kekuatan fisik, daya tahan otot lokal, power, serta daya tahan cardiorespiratory.

    Ketua Program Studi Ilmu Keolahragaan (IKOR) FPOK UPI, Agus Rusdiana menegaskan, pelaksanaan tes fisik bagi para atlet Pelatda PON XIX/2016 sangat diperlukan untuk memperoleh data awal mengenai kondisi fisik para atlet. Tes fisik sendiri digelar selama enam hari dengan menggunakan peralatan modern yang biasa digunakan oleh para atlet tingkat dunia.

    "Setiap hari, sekitar 50 atlet menjalani tes fisik. Dan kita berharap pelaksanaan tes ini bisa digelar secara kontinyu. Minimal tiga sampai empat bulan satu kali sehingga performa dan kondisi atlet bisa terus dipantau," tegas Agus kepada wartawan, Senin (20/4/2015).

    Pelaksanaan tes fisik dengan memanfaatkan sport science, diyakini pihaknya bisa membatu pencapaian Jabar Kahiji di PON XIX/2016.
    Dirinya menambahkan, hasil tes fisik dengan menggunakan sport science ini bisa mencapai keakuratan hingga 95 persen. Dengan demikian, para pelatih bisa menggunakan data hasil tes fisik ini untuk penyusunan program latihan.

    "Untuk itu kami berharap jika saat gelaran tes fisik, para pelatih bisa mendampingi atletnya secara langsung. Dan penerapan iptek dalam olahraga ini jelas ukurannya sehingga proses promosi degradasi yang dilakukan setiap cabang olahraga berdasarkan pada data bukan like dislike," tegasnya.

    Untuk ikut membantu peningkatan proses latihan atlet, lanjutnya, pihaknya pun akan melakukan pendampingan bagi pelatih setiap cabang olahraga. "Kita bukan intervensi, tapi lebih kepada membantu setiap pelatih dalam membuat program latihan yang tepat yang sesuai dengan kondisi fisik atletnya," tandasnya.

    Sementara itu, Bidang Pembinaan Prestasi KONI Jabar menyebut jika pelaksaan tes fisik ini hanya akan digelar selama dua kali. Yakni pada awal program latihan sebagai data awal kondisi fisik dan pada akhir program sebagai evaluasi. Meski demikian, pihaknya pun berharap pelaksanaan tes fisik bisa digelar pada pertengahan program sehingga apa yang menjadi kekurangan bisa secepatnya dievaluasi.

    "Saat ini kita masih sesuaikan dengan kondisi yang ada. Di pertengahan, kami berharap para pelatih bisa melakukan tes fisik sendiri melalui pendampingan," terang qanggota Binpres KONI Jabar, Mulyana.

    Untu pelaksanaan tes fisik tahap pertama sendiri, Mulyana mengaku hanya mengikutkan 301 atlet Pelatda PON XIX/2016 Jabar. Mereka berasal dari atlet potensi peraih medali emas di masing-masing cabang olahraga serta sembilan cabang olahraga yang sudah menggelar pelaksaan pelatda lebih dulu.

    "Kalau total atlet untuk PON XIX/2016, rencananya akan berjumlah 1.082 atlet. Dan yang sekarang menjalani tes fisik baru sekitar 30 persennya saja. Ini kami sesuaikan dengan kondisi yang ada. Ke depan, kami pun berharap bisa dilakukan untuk semua atlet inti PON XIX/2016 Jabar. Karena tidak menutup kemungkinan, atlet yang tidak diprediksi meraih medali emas di PON XIX bisa meraih medali emas," pungkasnya. (*)

    Oleh: ageng rustandi / ang

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Libas Persipura 5-1, PSM Kokoh di Puncak Klasemen
    Ribuan Siswa SMU di Bandung Saksikan Penutupan
    NPCI SOLO: Pepernas XV/2016 Jawa Barat Luar Biasa
    Hujan, Peserta Penutupan Peparnas Gunakan Mantel
    Menteri Sosial Tutup Peparnas XV / 2016

    Perolehan Medali Asian Games 2018

    Tim Total Medali
    1. China 289
    2. Jepang 205
    3. Korea Selatan 177
    4. INDONESIA 98
    Lihat Selengkapnya

    Editorial


      Klasemen Liga Dunia

      Tim M Point
      1. Liverpool 12 34
      2. Leicester City 12 26
      3. Chelsea 12 26
      4. Manchester City 12 25
      Tampilkan Detail

      Klasemen Liga Indonesia

      Tim M Point
      1 Bali United 34 64
      2 Persebaya Surabaya 34 54
      3 Madura United 34 53