free hit counter code Yena-Atep dan Nia-Usman Daftar, Pilbup Bandung 2020 Hanya Diikuti 3 Pasangan Calon - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
Yena-Atep dan Nia-Usman Daftar, Pilbup Bandung 2020 Hanya Diikuti 3 Pasangan Calon
(juaranews/alvian hamzah) Yena dan Atep saat mendaftar ke KPU Kab Bandung

Yena-Atep dan Nia-Usman Daftar, Pilbup Bandung 2020 Hanya Diikuti 3 Pasangan Calon

  • Jumat, 4 September 2020 | 21:55:00 WIB
  • 0 Komentar

JuaraNews, Bandung – Tiga bakal pasangan calon (bapaslon) memastikan mendaftarkan diri untuk berlaga pada Pilkada Kabupaten Bandung 2020, 9 Desember mendatang.

 

Ketiga bapaslon mendaftar pada hari pertama pendaftaran yang digelar KPUD Kabupaten Bandung, Jumat (4/9/2020). Setelah paslon Dadang Supriatna-Syahrul Gunawan yang menjadi pendaftar pertama, dua paslon lainnya menyusul mendaftarkan diri ke Kantor KPU Kabupaten Bandung di Jalan Sindang Wargi, Soreang. Kedua paslon, yakni Yena Iskandar-Atep Rizal dan Nia Agustina-Usman Sayogi.

 

Pasangan Yena-Atep menjadi pendaftar kedua. Mereka diantar oleh para pendukung serta jajaran pengurus dari PDIP dan PAN Kabupaten Bandung yang mengusung keduanya maju pada Pemilihan Bupati (Pilgub) Bandung 2020.

 

Ketua DPC PDIP Kabupaten Bandung Harjoko mengatakan, pendaftaran di hari pertama ini menjadi strategi mereka untuk memenangi Pilbup Bandung.

 

"Pendaftaran ini juga sebagai salah satu upaya memenangkan pasangan Yena dan Atep, karena waktunya kan pendek. Persyaratan dan sebagainya kalau ada kekurangan masih bisa diselesaikan dalam beberapa hari ini, " tutur Harjoko di Kantor KPU kabupaten Bandung. Jumat (4/9/2020).

 

Harjoko berharap dengan dibentuknya tim pemenangan dalam koalisi PDIP-PAN, bisa memperjuangkan kemenangan Yena-Atep pada Pilkada Serentak 2020 ini.

 

"Inysa Allah setelah pendaftaran ini akan langsung melakukan upaya yang diperlukan untuk menghadapi pemilihan kepala daerah pada 9 Desember, " tutupnya.

 

Bakal pasangan calon Nia Agustina-Usman Sayogi saat mendaftar Pilkada Kabupaten Bandung 2020 ke KPU Kabupaten Bandung, Jumat (4/0/2020). Keduanya diantar para pendukung dari 2 koalisi, yakni Partai Golkar dan partai Gerindra. (foto: juaranews/alvian hamzah) 

 

Sementara itu, pasangan Nia-Usman menjadi pendaftar terakhir pada hari pertama pendaftaran bakal pasangan calon Bupati Bandung. Pasangan yang diusung dari koalisi Golkar-Gerindra serta partai nonparlemen PPP-PBB tersebut datang sekitar 30 menit menjelang penutupan pendaftaran, yaitu pukul 16.00 WIB

 

Selain didampingi para pendukungnya, Nia Agustina pun diantar oleh suaminya yang juga sebagai Bupati Bandung selama 2 periode, Dadang M Naser.

 

Kepada awak media, Nia mengaku optimistis bisa memenangkan Pilkada Kabupaten Bandung 2020, "Kalau memaksimalkan ikhtiar, kami berusaha semaksimal mungkin. Mudah-mudahan Allah SWT meridhoi setiap gerak kami," harapnya.

 

Pasangan Nia-Usman sendiri dipastikan menjadi pendaftar terakhir untuk Pilbup Bandung 2020. Pasalnya, kuota pendaftaran dari unsur partai politik sudah terpenuhi. Delapan partai yang menduduki kursi DPRD Jabar sudah semuanya memberikan rekomendasi dukungannya yang terdistribusi kepada 3 pasangan calon.

 

Dari 55 kursi yang ada di DPRD Kabupaten Bandung, pasangan Dadang-Syahrul mendapat dukungan terbesar, yakni dengan 26 kursi yang diperoleh dari PKB (6), Partai Nasdem (5), Partai Demokrat (5), dan PKS (10). Selanjutnya, paslon Yena-Ayep dengan dukungan 11 kursi dari PDIP (7) dan PAN (4). Sedangkan paslon terakhir, Nia-Usman mendapat dukungan 18 kursi dari Partai Golkar (11) Partai Gerindra (7).

 

Pilbup Bandung 2020 sendiri dipastikan tidak diikuti pasangan calon dari jalur perseorangan atau independen. Pasalnya, dari 4 bapaslon yang sempat mengambil formulir, tidak ada satunya yang mampu memenuhi persayaratan hingga pendaftaran ditutup pada 23 Februari 2020 lalu. Keempat bapaslon independen yang gagal mendaftar tersebut, yakni Lili Muslihat-Wida Hendrawati, Asep Buhori Kurnia-Nana Supriatna, Diki Winandi-Gina Lusiana, dan Cecep Supriatna-Deni Hadiansyah.

 

7-8 September, KPU Periksa Berkas Pendaftaran
Ketua KPU Kabupaten Bandung Agus Baroya mengatakan, pada tahapan pendaftaran Pilbup Bandung di hari pertama, Bapaslon menyerahkan 2 kelompok berkas. Keabsahannya, akan diperiksa dalam penelitian administrasi pada 7-8 September 2020.

 

Ketua KPU Kabupaten Bandung Agus Baroya mengatakan, pada tahapan pendaftaran Pilbup Bandung di hari pertama, Bapaslon menyerahkan 2 kelompok berkas. Keabsahannya, akan diperiksa dalam penelitian administrasi pada 7-8 September 2020.

 

“Jadi, masih ada proses satu lagi bakal pasangan calon. Kami belum tahu ending-nya. Jadi, belum bisa menyampaikan keterangan,” ujar Agus.

 

Untuk Bapaslon yang memenuhi syarat, pada 8-9 September 2020 harus mengikuti tes kesehatan di RSHS Bandung. Sedangkan kalau ada persyaratan yang kurang, maka dokumen akan dikembalikan. Karena itu, harus dilengkapi pada 5 dan 6 September 2020.

 

“Bagi yang dianggap kurang lengkap atau bahkan mau mendaftar besok misalnya, masih ada waktu,” ucap Agus.

 

Tiga Bakal Pasangan Calon Pilbup Banduing 2020
1. Dadang Supriatna-Sahrul Gunawan, diusung koalisi PKB (6), Partai Nasdem (5), Partai Demokrat (5), dan PKS (10)
2. Yena Iskandar-Atep Rizal, diusung koalisi PDIP (7) dan PAN (4)
3. Nia Kurnia Agustina-Usman Sayogi, diusung koalisi Partai Golkar (11) dan Partai Gerindra (7). (*)

Oleh: alvian hamzah / jar

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Cakupan Vaksinasi Booster Tenaga Kesehatan di Jabar Capai 97,7 Persen
Pasangan Iwan-Iip Gugat Hasil Pilkada ke Mahkamah Konstitusi
Dadang-Sahrul 96% Hampir Kuasai Bandung, Nia-Usman Hanya Unggul di Satu Kecamatan
KPU Kabupaten Bandung Gelar Sidang Pleno Secara Live Via Zoom
Besok, KPU Kabupaten Bandung Rapat Pleno Pengitungan Suara Pilkada 2020

Editorial



    sponsored links