free hit counter code Yusuf Kurnia Sebut Hadirnya Bawaslu Bisa Tegakkan Dua Keadilan - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
Yusuf Kurnia Sebut Hadirnya Bawaslu Bisa Tegakkan Dua Keadilan
JuaraNews/Alvian Hamzah Komisioner Bawaslu Provinsi Jabar, Yusuf Kurnia.

Yusuf Kurnia Sebut Hadirnya Bawaslu Bisa Tegakkan Dua Keadilan

  • Selasa, 1 September 2020 | 11:14:00 WIB
  • 0 Komentar

JuaraNews, Bandung - Bawaslu harus menghadirkan keadilan dalam penyelenggaraan pemilu, serta bisa memulihkan hak seseorang yang dicederai ketika mecalonkan diri sebagai kepala daerah. Hal tersebut disampaikan Komisioner Bawaslu Provinsi Jabar, Yusuf Kurnia.

 

"Keberadaan Bawaslu tentu harus menghadirkan keadilan pemilu, bagaimana keadilan pemilu harus ditegakan lewat institusi Bawaslu. Keadilan Bawaslu itu ada dua, yang pertama keadilan yang sifatnya memulihkan,” ucapnya saat menyampaikan materi dalam Webinar yang diselenggarakan oleh Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda Islam Indonesia (PW GPII) Jabar dengan tema ‘Desain Pemilu Nasional dan Lokal serta Penegakan Hukum Pemilu’. Senin (31/8/2020).

 

Dia menjelaskan maksud dari sifat pemulihan misalnya jika terdapat calon yang merasa haknya dicederai dan merasa sudah memenuhi syarat pencalonan kemudian dicoret oleh KPU karena tidak memenuhi syarat, maka calon tersebut bisa mencari keadilan melalui Bawaslu.

 

“Dan itupun berdasarkan fakta-fakta Bawaslu melihat yang bersangkutan memenuhi persyaratan maka haknya harus dipulihkan,” lanjut Yusuf.

 

Yusuf melanjutkan adapun yang kedua keadilan yang ada ditangan Bawaslu adalah keadilan penghukuman. Jadi siapapun subjek hukum yang diatur oleh regulasi kemudian merusak tatanan dalam penyelenggaraan pemilu harus dapat hukuman setimpal.

 

“Ada yang lewat pidana dan juga sanksi administrasi itu bisa dilakukan penghukuman lewat tangan Bawaslu, " pungkasnya. (*)

Oleh: alvian hamzah / bas

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Cakupan Vaksinasi Booster Tenaga Kesehatan di Jabar Capai 97,7 Persen
Pasangan Iwan-Iip Gugat Hasil Pilkada ke Mahkamah Konstitusi
Dadang-Sahrul 96% Hampir Kuasai Bandung, Nia-Usman Hanya Unggul di Satu Kecamatan
KPU Kabupaten Bandung Gelar Sidang Pleno Secara Live Via Zoom
Besok, KPU Kabupaten Bandung Rapat Pleno Pengitungan Suara Pilkada 2020

Editorial



    sponsored links