free hit counter code Antisipasi Banjir, DPU Kota Bandung Pasang 2.084 Drumpori - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Opini


    Antisipasi Banjir, DPU Kota Bandung Pasang 2.084 Drumpori
    JuaraNews/Istimewa proses pemasangan drumpori

    Antisipasi Banjir, DPU Kota Bandung Pasang 2.084 Drumpori

    • Senin, 24 Agustus 2020 | 13:48:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung - Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung terus berupaya mengantisipasi banjir saat masih musim kemarau. Salah satu yang terus dikerjakan yaitu pemasangan drumpori. 


    Hingga Agustus ini, sudah terpasang 2.084 drumpori yang tersebar di seluruh wilayah.

     

    Kepala DPU Kota Bandung, Didi Ruswandi menyatakan, pembuatan drumpori ini menjadi salah satu strategi untuk mengantisipasi risiko banjiar atau genangan air di jalan. Karena kapasitas resapan drumpori yang lebih besar dan cepat menyerap air daripada lubang biopori biasa.

     

    "Dalam satu tahun ditarget sekitar 400 drumpori per UPT (Unit Pelaksana Teknis). Sampai akhir tahun ditergetkan mencapai 3.500 drumpori," ucap Didi, belum lama ini

     

    Secara terperinci drumpori ini dibuat oleh Bidang SDA 374 buah, UPT DAS 293 buah, UPT Ujung Berung 183 buah, UPT Gedebage 195 buah, UPT Karees 202 buah, UPT Cibeunying 332 buah, UPT Bojonegara 298 buah, dan UPT Tegalega 207 buah.

     

    Menurut Didi, pengalihan swakelola drumpori ke UPT di 6 wilayah juga untuk pemanfaatan drum bekas pengaspalan jalan. Terlebih limbah drum tersebut justru memiliki kualitas lebih bagus untuk dimanfaatkan sebagai media drumpori.

     

    Untuk itu, Didi optimistis target pemasangan 3.500 drumpori pada tahun 2020 ini bisa tercapai. Sehingga lebih banyak lokasi untuk resapan air hujan dan mengurangi limpasan yang masuk ke sungai atau bahkan menghindari hingga meluap ke jalan.

     

    "Sangat mungkin bisa terpasang, kita masih ada banyak waktu. Drum bekas aspal itu dipakai. Dan untungnya itu sudah dilapisi aspal. Jadi tidak perlu dilapisi lagi untuk menghindari korosi," terangnya.

     

    Didi berharap masyarakat bisa ikut berpartisipasi membuat drumpori di halaman rumahnya masing-masing. Apabila yang berminat namun tidak sanggup membuatnya, bisa mengajukan kepada UPT terdekat.

     

    "Warga bisa tinggal datang ke UPT. Kami sangat berharap masyarakat berpartisipasi. Sekarang yang banyak membuat itu masih DPU. Tapi tinggal berkoordinasi dengan UPT. Kalau memang ada lokasi, sekaligus kita pasangkan," tuturnya.

     

    Didi mengungkapkan saat ini fokus utama pembuatan drumpori masih ditujukan ke daerah yang potensi banjirnya lebih rawan. Sehingga ketika datang musim penghujan berikutnya bisa secepatnya terantisipasi.

     

    "Kemarin sudah ada testimoni yang paling kentara itu di daerah Cikutra Barat, dipasang sekitar 80 buah secara terpencar Dulu saat pemasangan masyarakat kurang antusias, tapi begitu liat pas hujan itu dapat meresap sekarang mereka antusias," katanya.(*)

    bas

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    bank bjb Hidupkan Kembali Tradisi Haji Geyot
    Jelang Lebaran, Stok Kepokmas di Kota Bandung Aman
    Steve Ewon Bersilaturahmi Bersama DPC Demokrat KBB
    Longsor Cipongkor, Bey:Pencarian Korban Diutamakan
    Steve Ewon Sowan ke Berbagai Partai Politik di KBB

    Editorial


      Info Kota


        Inspirasi