free hit counter code Selain Gubernur,  Forkopimda Jabar Siap Relawan Vaksin Covid-19   - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Jabar Juara


Opini


  • Pemilu dan Pewarisan Budaya
    Pemilu dan Pewarisan Budaya

    KEBUDAYAAN ialah keseluruhan sistem gagasan, tindakan, dan hasil karya manusia dalam kehidupan masyarakat yang dijadikan milik dengan belajar .

    Selain Gubernur,  Forkopimda Jabar Siap Relawan Vaksin Covid-19   
    (humas jabar) Ridwan Kamil (paling depan)

    Selain Gubernur,  Forkopimda Jabar Siap Relawan Vaksin Covid-19  

     

    JuaraNews, Bandung  - Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid 19 Jawa Barat (Jabar), sekaligus Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, mengatakan, dirinya dan para pimpinan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jabar siap menjadi relawan uji klinis vaksin covid-19 produksi Sinovac, China.

     

    "Kami para pimpinan sedang merumuskan, jika tidak ada halangan dari unsur kesehatan pribadi, maka saya dan Forkopimda akan menjadi relawan untuk pengetesan vaksin (covid19),"katanya,  dalam konferensi pers di Makodam III/Siliwangi, Kota Bandung, Senin (3/8/20).

     

    Menurut dia,  inisiatif pimpinan di Jabar ini akan menjadi contoh yang baik bagi masyarakat  dan menambah keyakinan bahwa uji vaksin yang dilakukan oleh Bio Farma akan berjalan dengan lancar.

     

    Kalau pimpinannya juga melakukan (jadi relawan vaksin covid-19), Insyaallah rakyatnya juga akan meyakini proses (uji klinis) vaksin ini berjalan dengan lancar," ujanya.

     

    Dia menyampaikan, laporkan, hingga kini pendaftaran relawan vaksin sudah mencapai 500 orang dari total 1.600 orang yang dibutuhkan. Untuk itu, ia terus mengajak warga di usia 20 tahun hingga 59 tahun untuk ikut menjadi relawan uji klinis vaksin covid-19.

     

    "Untuk (relawan) vaksin sudah ada pendaftar, sekitar 500-an orang, kita butuh 1.100 lagi. Oleh karena itu, kami mengimbau kepada mereka yang usianya sesuai kriteria dan mau, untuk menjadi relawan," katanya.

     

    Proses uji klinis vaksin covid-19 Sinovac fase 3 ini akan berjalan selama enam bulan atau hingga akhir 2020. Jika berjalan lancar, rencananya vaksin Sinovac akan mendapat izin edar dan diproduksi massal di awal 2021.

     

    Sambil menunggu tahapan uji klinis tersebut, gubernur meminta masyarakat terus mengenakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun demi memutus rantai penularan covid-19.

     

    Terkait penerapan sanksi bagi warga Jabar yang tidak menggunakan masker di ruang publik, dia bling, denda akan mulai diberlakukan minggu ini. Dia mengatakan, bahwa sebelum denda diterapkan, pihaknya sudah melakukan sosialisasi dan membagikan masker.

     

    "Satu minggu terakhir sudah (pendisiplinan lebih dulu lewat) peneguran juga pemberian masker. Maka minggu ini pendendaan sudah akan dimulai dan akan dilakukan oleh Satpol PP dibantu Kepolisian dan TNI," ujar dia.

     

    Dalam konferensi pers tersebut, ia juga menyampaikan, tingkat kesembuhan di Jabar terus meningkat, bahkan melebihi angka positif aktif.

     

    Tercatat hingga Senin (3/8) pukul 08:41 WIB, 3.992 orang telah dinyatakan sembuh, sementara jumlah positif aktif yaitu 2.435 orang. Jumlah kesembuhan di salah satu institusi pendidikan kenegaraan di Kota Bandung pun sudah mencapai lebih dari 1.000 orang dari total kasus positif sebanyak 1.200 orang.

     

    "Angka kesembuhan sekarang lebih tinggi dibanding yang (kasus) positif aktif. Yang sembuh 3.992 (orang), sementara yang aktif 2.435 (orang). Ini untuk menyemangati bahwa jumlah yang sembuh di Jawa Barat sudah jauh lebih tinggi dibandingkan yang sakit," katanya.

     

    Agresivitas Tes Terus Dilakukan, Termasuk di Perkantoran

    Sementara itu, angka reproduksi efektif (Rt) covid-19 di Jabar meningkat di angka 1,05 selama seminggu terakhir. Hal itu, lanjutnya, merujuk pengetesan masif yang terus dilakukan Gugus Tugas Jabar. Meski begitu, pihaknya berupaya menekan angka Rt hingga di bawah satu.

     

    Menyoal uji usap (swab test) metode Polymerase Chain Reaction (PCR), ia menjelaskan, sudah lebih dari 160 ribu pengetesan metode PCR dilakukan di Jabar, termasuk di beberapa institusi pendidikan kenegaraan.

     

    "Total swab test kita ini terbanyak di luar DKI Jakarta. Gabungan antara tes yang dilakukan Gugus Tugas (Jabar) dan TNI yaitu sekitar 160 ribuan. Jadi kalau diperbandingkan terhadap provinsi-provinsi lain, maka pengetesan swab Jawa Barat adalah terbanyak dari seluruh provinsi," katanya. 

     

    Kang Emil menambahkan bahwa pihaknya saat ini fokus pada pengetesan agresif di perkantoran-perkantoran setelah ditemukan sejumlah kasus positif COVID-19.

     

    "Kita terus melakukan aggressive testing, khususnya di perkantoran pemerintahan. Perintah agresivitas tes inilah yang menemukan keterpaparan kasus di banyak tempat, ada di Gedung Sate, ada di DPRD, ada di Kejaksaan," tutur Kang Emil.

     

    Gugus Tugas Jabar pun merekomendasikan kepada instansi perkantoran untuk menerapkan work from home (WFH). Menurut Kang Emil, keterpaparan di perkantoran terjadi karena kurangnya ventilasi di ruangan, termasuk ruangan ber-AC, sehingga menjadi area yang mudah ditulari COVID-19.

     

    "Work from home menjadi rekomendasi kami. Karena dari kasus di perkantoran, mengindikasikan agar kantor-kantor rajin membuka jendela," kata Kang Emil.

     

    Kasus keterpaparan di perkantoran, lanjut Kang Emil, menjadi pengingat bagi masyarakat untuk lebih meningkatkan kedisiplinan menerapkan protokol kesehatan 3M yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

     

    Pasalnya, menurut Kang Emil, keterpaparan di perkantoran belum tentu murni terjadi di perkantoran (penularan internal), namun bisa disebabkan oleh perilaku karyawan yang tidak terkontrol saat berkegiatan di luar kantor (eksternal).

     

    "Belum tentu COVID-19 itu ada di kantornya, (penularan) ini bisa saja karena perilaku dari karyawan atau staf yang sepulang kantor melakukan kegiatan yang tidak terkontrol (di luar kantor)," katanya. (*)

    ayi

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    KPU Jabar Enggan Disebut Lelet, Ini Alasannya
    BMKG Soal Hujan dan Angin Kencang Melanda Bandung
    Hasyim Sindir KPU Jabar Tidak Hadir di Rapat Pleno
    80 KK Diungsikan Imbas Banjir Rob di Palabuhanratu
    Bey Machmudin Tarawih di Masjid Tertua di Bandung

    Editorial



      sponsored links