free hit counter code Kritisi SMK di Daerah yang Fasilitasnya Terbatas, Ini Kata Yod Mintaraga - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
Kritisi SMK di Daerah yang Fasilitasnya Terbatas, Ini Kata Yod Mintaraga

Kritisi SMK di Daerah yang Fasilitasnya Terbatas, Ini Kata Yod Mintaraga

 

JuaraNews, Bandung –  Anggota Komisi V DPRD Jabar Yod Mintaraga mengkritisi keberadaan SMK di daerah yang dinilai banyak yang kurang representatif. Beberapa bidang dari SMK dinilai tidak kompetitif dan tak memiliki korelasi kebutuhan di lingkungan masyartakat sekolah tersebut.

 

“Di daerah ada SMK bidang kejuruannya tour and travel. Untuk apa sekolah di kampung buka juruan tour and travels? Kalau jurusan Bina Wisata tidak apa-ala. Jurusan seperti ini kan lebih cocok di perkotaan,” kata Yod Mintaraga dalam perbicangan dengan JuaraNews, di Bandung, Rabu (21/7/2020).

 

Yod memahami benar soal pariwisata karena ia pernah bekerja dalam di Departemen Pariwisata Pos dan Telekomonikai, semasa jaman Pemerintahan Orde Baru.

 

Yod mengingatkan bahwa lulus SMK pada kenyataanya menyumbang pengangguran yang tinggi di Jawa Barat. Oleh karena itu, penempatan SMK dan kejuruannya di suatu lokasi harus mempertimbangkan serapan yang mungkin diterima di sekitar sekolah tersebut.

 

Yod mengatakan, dalam kegiatan reses yang dilakukannya awal Juli lalu, hal itu muncul dan menjadi catatannya. Selain soal jurusan, Yod juga menemukan SMK bidang otomotif yang teknologi nya sangtat jadul. Dengan teknologi seperti itu, katanya, bagaimana lulusan SMK bisa kompetitif dan bisa bersaing dengan lulusan yang telah memahami kompeterising perbengkelan.

 

“Untuk solusinya pemerintah harus memberikan kebutuhan permesinan atau peralatan perbengkelan yang sesuai kebutuhan SMK. Agar lulusan SMK memiliki daya saing, memiliki kompetensi yang tinggi. Setelah lulus mereka harus memiliki keunggulan yang bisa diterima masyakatat,” katanya. (*)

ude

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Cucu Harap Program Listrik Desa tak Tumpang Tindih
Komisi IV Sesalkan Konstruksi Legok Nangka di 2025
Cucu: Penyediaan Listrik Penting bagi Warga Jabar
Cucu Sugyati Ajak Warga Tertib Jaga Lingkungan
Cucu Sugyati Sebarluaskan Perda Trantibum Linmas

Editorial



    sponsored links