Hot News


Inspirasi


    Kritisi SMK di Daerah yang Fasilitasnya Terbatas, Ini Kata Yod Mintaraga

    Kritisi SMK di Daerah yang Fasilitasnya Terbatas, Ini Kata Yod Mintaraga

     

    JuaraNews, Bandung –  Anggota Komisi V DPRD Jabar Yod Mintaraga mengkritisi keberadaan SMK di daerah yang dinilai banyak yang kurang representatif. Beberapa bidang dari SMK dinilai tidak kompetitif dan tak memiliki korelasi kebutuhan di lingkungan masyartakat sekolah tersebut.

     

    “Di daerah ada SMK bidang kejuruannya tour and travel. Untuk apa sekolah di kampung buka juruan tour and travels? Kalau jurusan Bina Wisata tidak apa-ala. Jurusan seperti ini kan lebih cocok di perkotaan,” kata Yod Mintaraga dalam perbicangan dengan JuaraNews, di Bandung, Rabu (21/7/2020).

     

    Yod memahami benar soal pariwisata karena ia pernah bekerja dalam di Departemen Pariwisata Pos dan Telekomonikai, semasa jaman Pemerintahan Orde Baru.

     

    Yod mengingatkan bahwa lulus SMK pada kenyataanya menyumbang pengangguran yang tinggi di Jawa Barat. Oleh karena itu, penempatan SMK dan kejuruannya di suatu lokasi harus mempertimbangkan serapan yang mungkin diterima di sekitar sekolah tersebut.

     

    Yod mengatakan, dalam kegiatan reses yang dilakukannya awal Juli lalu, hal itu muncul dan menjadi catatannya. Selain soal jurusan, Yod juga menemukan SMK bidang otomotif yang teknologi nya sangtat jadul. Dengan teknologi seperti itu, katanya, bagaimana lulusan SMK bisa kompetitif dan bisa bersaing dengan lulusan yang telah memahami kompeterising perbengkelan.

     

    “Untuk solusinya pemerintah harus memberikan kebutuhan permesinan atau peralatan perbengkelan yang sesuai kebutuhan SMK. Agar lulusan SMK memiliki daya saing, memiliki kompetensi yang tinggi. Setelah lulus mereka harus memiliki keunggulan yang bisa diterima masyakatat,” katanya. (*)

    ude

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Raperda Perlindungan Pekerja Migran Tinggal Tahap Finalisasi
    Partai Golkar Targetkan Kemenangan Pilkada di 5 Daerah
    Legislator Harap Penyaluran Bansos Tahap Tiga Tepat Waktu
    Abdul Rozaq Harap Raperda Pesantren Segera Rampung
    Anggota Komisi II DPRD Jabar, Dorong Pengembangan Objek Wisata Palau Biawak Indramayu
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Pos Indonesia kanan

      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads