Wagub Jabar Serahkan Bantuan Mesin Pertanian Kepada Santri Petani
Wagub Jabar menyerahkan bantuan alat pertanian

Wagub Jabar Serahkan Bantuan Mesin Pertanian Kepada Santri Petani

JuaraNews, Bandung - Pemprov Jabar menyerahkan bantuan alat mesin pertanian kepada Kelompok Santri Tani (Santani) Jabar Juara. Penyerahan bantuan alat mesin pertanian diserahkan Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Umum di Pesantren Dzikir Alfath, Sukabumi, Sabtu (7/3/2020).

 


Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, mengatakan, pemberian bantuan alat mesin pertanian ini dilakukan sebagai upaya dorongan kepada para petani di berbagai wilayah Jawa barat dalam meningkatkan Produktivitas hasil pertanian.

 


Pada kesemparan tersebut Wagub melantik dan mendeklarasikan kelompok Santri tani (Santani) Jabar Juara di lingkungan Pesantren Dzikir Alfath. Deklareasi dan pendirian Santani ini merupakan dorongan kepada kaum santri di era Melenial agar menjadi garda terdepan dalam mewujudkan Jawa Barat berdaulat pangan di masa mendatang.

 


Kang Uu, sebutan akrab Wagub Jabar ini, juga menyampaikan bahwa dengan terwujudnya Santani di Jawa Barat akan membawa kepada kehidupan yang lebih sejahtera dan insya Allah di Jawa barat akan terciptakan kemudahan sandang, pangan, dan papan.

 

"Ini merupakan bentuk cita cita masyarakat menuju Jabar Juara Lahir Bathin. Bantuan alat mesin pertanian ini disampaikan sebagai realisasi Program Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Barat yang dipimpin Ir. Hendy Jatnika MM.

Wagub Jabar Serahkan Bantuan Mesin Pertanian Kepada Santri Petani 


Alat mesin yang diberikan antara lain Hand Traktor, Kultivator, bak Dryer, handsprayer otomatis dan manual, alat pengering padi, alat penyuling, dan transplanter. "Semoga bantuan pinjam pakai ini bisa dioptimalkan dalam meningkatkan hasil produksi pertanian di Jawa Barat," kata Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Jawa Barat Hendi Jatnika.

 

 

Turut mendampingi wakil gubernur dalam acara ini adalah Pimpinan Ponpes Dzikir Al Fath KH Fajar Laksana, Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi, Kepala Balai Pengembangan Mekanisasi Pertanian Jabar Teguh Khasbudi, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan Kota Sukabumi Andri Setiawan, serta ahli filologi sekaligus pakar perkujangan Tedi Permadi.

 

 

Sebelumnya, diselenggarakan Seminar Pameran Kujang & Usaha Pelayanan Jasa Alat Mesin dan Pertanian (UPJA) serta deklarasi Gerakan Santri Tani Jabar Juara di Pondok Pesantren Dzikir Al Fath, Kota Sukabumi, Sabtu (7/3/2020).

 

 

Rangkaian seminar dan pameran kujang pada 7-14 Maret ini terdiri dari Seminar Pesona Kujang, Launching buku 130 Jenis Kujang, hingga pelantikan pengurus Asosiasi Musim Indonesia Daerah (Amida) Jabar. (*)

ude

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Ridwan Kamil : WNA Datang ke Jabar Wajib Ikuti Karantina
Jabar Terima Bantuan APD dari Jack Ma untuk Penanggulangan Corona
Gubernur Jabar Terima Bantuan Ventilator dari BUMN
Pemprov Jabar Siapkan Rp16,2 Triliun Atasi Dampak Sosial Covid-19
Penyebaran Covid-19 Meluas, Pemprov Jabar Tingkatkan Kapasitas Penanganan Limbah B3

Editorial