Daftar Pemain


    Editorial


      Hot News


      Jadwal Liga


        Aksi Boikot FWP Warnai Launching Tim Persib 2020
        istimewa/forum wartawan persib Para wartawan keembalikan ID Card launching Persib

        Aksi Boikot FWP Warnai Launching Tim Persib 2020

        • Selasa, 25 Februari 2020 | 23:28:00 WIB
        • 0 Komentar

        JuaraNews, Bandung - Forum Wartawan Persib (FWP) melakukan aksi boikot terhadap launching tim Persib Bandung 2020 di Harris Hotel & Conventions Fastival Citylink, Kota Bandung, Selasa (25/2/2020) malam.

         

        Aksi tersebut menurut perwakilan FWP, Endra Kusuma merupakan bentuk kekecewaan dari awak media yang biasa meliput aktivitas Persib, karena aturan tidak jelas dari media officer Persib mengenai peliputan launching.

         

        Menurutnya, media officer Persib melarang awak media telivisi mengambil gambar pada kegiatan tersebut. Sehingga, rekan-rekan media yang tergabung di FWP merasa keberatan dan memutuskan untuk mengembalikan ID liputan launching.

         

        "Dari aksi ini, kita sudah lakukan dari Forum Wartawan Persib sebagai bentuk kekecewaan terhadap tingkah laku, kebebasan pers yang dihalangi PT PBB sendiri. Ini sebenarnya awalnya karena ada pembatasan dari PT PBB yang tidak memberikan keleluasaan terhadap kita untuk berekreasi," kata Endra.

         

        "Sekarang ada launching, kita ada tuntutan untuk meliput juga, namun karena ini sebagai kebijakan dan kesepakatan kita, kita memilih sikap untuk berpegang teguh pada kebersamaan dan selanjutnya kita ingin ada hal yang lebih baik kedepannya," ungkapnya.

         

        Endra mengungkapkan, rekan-rekan di FWP mendapat undangan untuk meliput kegiatan launching tersebut. Namun, satu hari menjelang kegiatan muncul aturan yang melarang wartawan TV mengambil gambar kegiatan launching.

         

        "Sebelumnya ada pelarangan. Jadi ada undangan email pada rekan-rekan. Dalam email tersebut tidak tercantum boleh diliput atau engganya. Namun tadi malam jam 9 ada memang sudah ada pemberitahuan dilarang meliput terutama dari saya yang di TV," urainya.

         

        "Tidak boleh tanpa alasan yang jelas, jadi kita yang di TV pun bingung. Kita hanya tidak dikasih kebebasan untuk meliput dan mengambil gambar, dari anak cetak dan foto pun sama. Tidak bisa ambil foto, radio pun sama. Ini adalah pengekangan untuk kita berekspresi," ungkapnya.

         

        Pembatasan tersebut tak hanya terjadi saat acara launching, namun saat latihan media juga dibatasi dalam kegiatan peliputannya.

         

        Endra berharap, ke depannya ada kejelasan dan tidak ada lagi aturan yang membuat rekan-rekan media menjadi terkekang dalam menjalankan tugasnya.

         

        Sejumlah bobotoh tidak diperbolehkan masuk ke lokasi launching Tim dan Jersey Persib 2020 di Harris Hotel & Conventions Fastival Citylink, Kota Bandung, Selasa (25/2/2020) malam. (foto: juaranews/fifi nofita)

         

        Launching Tertutup, Bobotoh Kecewa
        Sementara itu, kekecewaan juga dilontarkan Bobotoh karena digelarnya secara tertutup bagi bobotoh.

         

        Salah satu bobotoh, Ginanjar mengungkapkan, seharusnya manajemen PT PBB memperkenalkan skuat Persib secara terbuka.

         

        Karena, banyak Bobotoh yang ingin melihat langsung tim kebanggaannya diperkenalkan. Sedangkan saat ini, Bobotoh hanya bisa menyaksikan melalui streaming di channel Persib TV.

         

        "Ya sebagai Bobotoh biasa, menurut saya pribadi sangat kecewa. Launching itu mestinya memperkenalkan tim ke semua supporternya, karena tim itu walaupun milik PT tapi tidak bisa dilepaskan dari suporternya itu sendiri," kata Ginanjar.

         

        Pengurus Viking STKIP ini menambahkan, seharusnya manajemen Persib bisa merangkul Bobotoh. Karena, peran Bobotoh bagi skuat Maung Bandung sangat penting.

         

        "Suporter kalau dilihat lebih jauh itu sangat berperan penting buat kelangsungan tim itu sendiri, mulai dari pemasukan dari tiket coba misalkan satu partai home pendapatan Persib minimal Rp1 M kali 17 pertandingan di home," ungkapnya.

         

        "Belum lagi dari merchendise hak siar dan sponsor itu sendiri pasti liat dari animo Bobotohnya, gak mungkin lah kalau sponsor mau mensponsori ke club tanpa lihat basis supporter clubnya," jelasnya menegaskan.

         

        Sehingga, kegiatan launching Persib ini seharusnya bisa digelar secara terbuka seperti beberapa musim kebelakang, saat tim Maung Bandung diperkenalkan di Stadion Siliwangi, Kota Bandung.

         

        "Semestinya launching itu buat Bobotoh umumnya bukan hanya pihak-pihak tertentu. Kalau secara garis besarnya Bobotoh sudah dilihat sebelah mata cuma dimanfaatkan buat kepenting-kepentingan tertentu saja," pungkasnya. (*)

        Oleh: fifi nofita / nof

        0 Komentar

        Tinggalkan Komentar


        Cancel reply

        0 Komentar


        Tidak ada komentar

        Berita Lainnya


        Positif Corona, Wander Luiz Jalani Isolasi Mandiri
        Striker Persib Top Skorer Liga 1 jadi Pesepak Bola Pertama Indonesia yang Positif Covid-19
        Wande Luiz Soal Liga 1 yang Dihentikan. Ini katanya
        Geoffrey Castillion Kembali Jalani Pemeriksaan
        Covid-19 Makin Meluas, Tim Persib Diliburkan hingga Waktu yang Belum Ditentukan


        Klasemen Liga Indonesia

        Tim M Point
        1 Persib Bandung 3 9
        2 Bali United 3 7
        3 PSIS Semarang 3 6