Pos Indonesia

Hot News


Inspirasi


  • Dirgahayu Sat Linmas ke-58
    Dirgahayu Sat Linmas ke-58

    NEGARA Republik Indonesia lahir melalui perjuangan bangsa dan pahlawannya yang melepaskan diri dari penjajahan dan sejajar dengan bangsa di dunia.

    Sekda Jabar: Jumlah Penduduk akan Terus Menggeser Tata Guna Lahan

    Sekda Jabar: Jumlah Penduduk akan Terus Menggeser Tata Guna Lahan

    • Selasa, 25 Februari 2020 | 00:06:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung – Sekretaris Daerah Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, pembangunan berkelanjutan dengan pengelolaan kehutanan yang baik menjadi sangat penting dalam mewujudkan cita-cita Jabar sebagai Green Province.

     

    "Kita punya cita- cita Jawa Barat ini menjadi Green Province. Artinya bahwa sektor kehutanan harus mendukung hal ini," kata Setiawan saat membuka Forum OPD Dinas Kehutanan Provinsi Jabar di Trans Luxury Hotel, Kota Bandung, Senin (24/2/2020).

     

    Namun di sisi lain, kata Setiawan, tekanan penduduk Jabar, yang hampir mencapai 50 juta jiwa, akan terus mendorong pergeseran tata guna lahan. "Biasanya hutan menjadi lahan perkebunan, perkebunan jadi pertanian, pertanian jadi perumahan. Akhirnya berubahlah tatanan dari hutan itu," ucapnya.

     

    Menurut Setiawan, pergeseran tata guna lahan akan berdampak pada lahan kritis Jabar, yang kini luasnya sekitar 900 ribu hektare. Maka itu, dia berpesan kepada Dishut Jabar untuk meningkatkan peran manajerialnya, serta mengelola sumber daya kehutanan secara efektif, efisien, dan maksimal.

     

    Dengan begitu, menurut Setiawan, Dishut Jabar dapat memberdayakan potensi hutan Jabar dengan maksimal, dan mendukung pembangunan berkelanjutan dengan terus menjaga keseimbangan lingkungan.

     

    “Posisikanlah Dinas Kehutanan ini sebagai manajer untuk mengelola sumber daya, baik anggaran, maupun pelaksanaan kegiatan yang ada di Jawa Barat ini,” katanya.

     

    Selain itu, Setiawan pun mendorong Dishut Jabar untuk memanfaatkan teknologi digital dalam menjalankan fungsi pengawasan terhadap hutan-hutan di Jabar. Dia juga meminta Dishut Jabar untuk berkolaborasi dan berinovasi bersama berbagai pihak.

     

    "Pola kontrol, monitoring, teman-teman di Dinas Kehutanan jangan selalu konvensional. Tapi, pergunakanlah teknologi," ucapnya. (*)

    ude

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Sama-sama Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan Pencegahan COVID-19 di Mana Saja
    Kota Banjar Menuju Zona hijau, Ridwan Kamil Tinjau Penerapan Protokol Kesehatan Pondok Pesantren
    Begini, Bersepeda Aman dan Nyaman di Masa AKB
    Lebih dari 500 Kasus Positif Covid-19 Hari Ini  di Wilayah Jawa Timur  
    Dapat Cegah Penularan Covid-19, Tips dr Reisa Gunakan Masker yang Tepat
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Imani Center

      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads