free hit counter code Sekda Jabar Minta Bapenda Tingkatkan Integritas dan Inovasi - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Jabar Juara


Opini


  • Pemilu dan Pewarisan Budaya
    Pemilu dan Pewarisan Budaya

    KEBUDAYAAN ialah keseluruhan sistem gagasan, tindakan, dan hasil karya manusia dalam kehidupan masyarakat yang dijadikan milik dengan belajar .

    Sekda Jabar Minta Bapenda Tingkatkan Integritas dan Inovasi
    istimewa/humas pemprov jabar Sekda Jabar dalam Forum Perangkat Daerah

    Sekda Jabar Minta Bapenda Tingkatkan Integritas dan Inovasi

    • Jumat, 21 Februari 2020 | 16:50:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung - Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, integritas adalah kunci mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas.

     

    Dia pun meminta hal itu selalu dijaga oleh Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jabar

     

    "Saya berpesan kepada Bapenda untuk mengecek kembali integritas karena teman-teman di Bapenda ini seharusnya yang paling berintegritas. Kedua, (mengecek) terkait infrastruktur dan prasarana untuk mencapai target-target yang diemban oleh Bapenda," kata Setiawan saat membuka Forum Perangkat Daerah Penyusunan Kerangka Kerja 2021 oleh Bapenda Jabar di Grand Sunshine Resort & Convention Soreang, Kabupaten Bandung, Jumat (21/2/2020).

     

    "Ketiga, cek kompetensi SDM, jadi jangan segan-segan untuk meningkatkan kapasitas SDM," tambahnya.

     

    Setiawan pun mengingatkan Bapenda Jabar untuk memiliki networking yang kuat serta mengembangkan inovasi khususnya dalam bidang pelayanan.

     

    "Bapenda ini memiliki banyak inovasi yang telah diluncurkan, tetapi saya rasa harus terus ditingkatkan karena 46,44 persen dari target pendapatan ini adalah masih berasal dari pajak kendaraan bermotor. Barangkali inovasi inilah yang harus terus lahir di Bapenda," tuturnya.

     

    "Terakhir, kita harus menggunakan collaborative government. Jadi antara pusat, provinsi, dan pemerintah kabupaten/kota harus sinergis," tegas Setiawan.

     

    Menembus Putaran Waktu dengan Inovasi

    Sementara itu, Kepala Bapenda Jabar Hening Widiatmoko mengatakan bahwa hingga kini pihaknya telah melakukan banyak inovasi terutama terkait aplikasi pelayanan publik.

     

    "Kita punya tagline 'Menembus Putaran Waktu dengan Inovasi' dan itu sudah dibuktikan sejak e-Samsat diperkenalkan 201. Kita sudah mulai setiap tahun ada inovasi dan Sambara (Samsat Mobile Jawa Barat) itu direkomendasikan KPK untuk dilaksanakan di 17 provinsi dan akhirnya hampir setiap bulan selalu ada provinsi lain untuk belajar dari kita," kata Hening.

     

    "Tahun kemarin, kita mulai menggunakan e-Samsat yang tidak melalui bank tapi melalui gerai modern dengan e-commerce, fintech dan PPOB (Payment Point Online Bank), BUMDes juga termasuk dalam skema itu," imbuhnya.

     

    Sementara dalam upaya intensifikasi penerimaan pajak daerah, Hening berujar Bapenda Jabar telah melakukan upaya peningkatan kualitas pelayanan di antaranya dengan menggunakan beberapa sistem aplikasi berbasis web guna mengintegrasikan seluruh sistem informasi atau aplikasi pajak daerah di Lingkungan Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah.

     

    "Intinya kami setiap tahun punya inovasi, tahun ini Zonita Pamor, Sidakep (Sistem Informasi Data Pemerintah), dan Pesta Online, jadi kita efektifkan gerakan untuk door to door atau operasi gabungan dengan melakukan pemetaan," katanya.

     

    Menjawab permintaan dari Setiawan, Hening pun menegaskan bahwa Bapenda Jabar akan terus berusaha meningkatkan inovasi khususnya untuk memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat. "Tahun ini akan kita aplikasikan dan kembangkan lagi," tutup Hening. (*)

    Oleh: JuaraNews / fan

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    KPU Jabar Enggan Disebut Lelet, Ini Alasannya
    BMKG Soal Hujan dan Angin Kencang Melanda Bandung
    Hasyim Sindir KPU Jabar Tidak Hadir di Rapat Pleno
    80 KK Diungsikan Imbas Banjir Rob di Palabuhanratu
    Bey Machmudin Tarawih di Masjid Tertua di Bandung

    Editorial



      sponsored links