Hot News


JN-TAM

Inspirasi


    Jadi Pribadi yang Lebih Baik di Tahun Baru 2020

    Jadi Pribadi yang Lebih Baik di Tahun Baru 2020

    HARI Rabu bertepatan dengan tanggal 1 Januari 2020, hampir seluruh umat manusia di dunia ini merayakan malam pergantian tahun atau dikenal dengan malam Tahun Baru.

     

    Hampir semua kota-kota di dunia, menggelar perayaan Tahun Baru, termasuk di Indonesia, seperti di Kota Bandung.

     

    Namun di Kota Bandung dan kota-kota/kabupaten lainnya di Jabar, tak ada pesta perayaan Tahun Baru yang berlebihan. Pemprov Jabar, demikian pula Pemkot Bandung tak menggelar pesta khusus untuk merayakan pergantian tahun.

     

    Gubernur Jabar Ridwan Kamil memilih mengisi malam pergantian tahun dengan muhasabah dan doa bersama di Masjid Al Istikmal Desa Cikembulan, Kecamatan Sidamulih, Kabupaten Pangandaran. Menurut Emil, malam pergantian tahun memang sebaiknya diisi dengan kegiatan instrospeksi diri ketimbang hal yang tidak bermanfaat.

     

    "Syariat saya dalam menghadapi tahun baru, rajin berkumpul dengan orang baik, iman dijaga, amal saleh dikerjakan, kebaikan disyiarkan dan saling menasehati, maka insya Allah besok (1 Januari) akan menjadi orang yang lebih baik," ucap Emil.

     

    Dalam muhasabah tersebut, Emil meminta masyarakat untuk mensyukuri nikmat Allah SWT yang masih diberikan, yaitu umur. Untuk itu, nikmat umur harus digunakan untuk kegiatan yang diperintahkan yaitu beribadah.

     

    "Kemudian syukuri juga nikmat kesehatan, nikmat silaturahim, nikmat Iman Islam dan banyak lagi nikmat lainnya," ucap Emil.

     

    Emil menambahkan bahwa semua manusia di dunia ini adalah kaum yang merugi, kecuali jika memegang empat hal yaitu beriman kepada Allah, orang saleh, orang yang saling mengingatkan, dan orang yang berikthiar.

     

    "Jadi kita tidak akan merugi kalau besok di tahun masehi 2020 kita berpatokan keempat hal itu," tutur Emil.

     

    Sedangkan Wali Kota Bandung Oded M Danial mengisi malam pergantian tahun dengan mengikuti acara Bandung Berdzikir di Masjid Al-Ukhuwah, Jalan Wastukencana, Kota Bandung. Memasuki Tahun Baru 2020, Oded berharap warga Kota Bandung lebih religius.

     

    Oded berharap kedekatan masyarakat Bandung dengan agama dan Tuhannya dapat menjadikan kota yang dipimpinnya lebih berkah.

     

    "Saya berupaya mendekatkan masyarakat dengan kehidupan religi. Apapun agamanya diharapkan warga Bandung bisa lebih dekat dengan Tuhannya, kita ini masyarakat majemuk. Salah satunya bagi masyarakat Muslim kami hadirkan acara dzikir bersama yang telah berlangsung selama dua tahun," ungkap Oded.

     

    Lalu, apa makna pergantian tahun ini? Itu sebenarnya yang harus menjadi catatan bagi kita, baik sebagai individu, keluarga, masyarakat, maupun warga negara Indonesia. Sejatinya, malam Tahun Baru sama saja seperti malam-malam biasanya, tak lebih dari sebuah pergantian hari. Satu yang membedakannya, peristiwa setahun sekali ini melambungkan asa dan harapan, agar esok hari pada Tahun Baru, lebih baik dari hari di tahun sebelumnya.

     

    Sepanjang tahun 2019, tentu meninggalkan banyak cerita dan catatan bagi kehidupan setiap orang. Ada kisah sedih, suka, kebahagiaan, dan masalah. Indonesia pun memiliki banyak kisah yang layak tetap diingat. Terjadinya banyak konflik sosial, tragedi, bencana, hingga peristiwa-peristiwa politik dan hukum, bisa dijadikan cermin.

     

    Kejadian-kejadian sepanjang tahun 2019 tersebut tentu harus menjadi pembelajaran bagi kita bangsa Indonesia agar menjadi lebih baik dalam menjalani tahun 2020. Pekerjaan-pekerjaan rumah yang belum terselesaikan selama 2019, tentu harus menjadi prioritas pada 2020 ini.

     

    Tentunya momen pergantian tahun ini bisa dijadikan ajang introspeksi diri, sebagai bekal agar tahun 2020 bisa lebih baik dibanding 2019. Memanjatkan rasa syukur dan pengharapan serta doa, agar Tahun Baru 2020 bisa lebih baik dari tahun sebelumnya, tentu jauh lebih bermakna jika dilakukan di tengah-tengah kemeriahan malam Tahun Baru.

     

    Sehingga pergantian tahun tidak hanya berlalu sebagai sebuah pesta tanpa makna. Tapi lebih dari itu, menjadi momen perenungan menuju tahun yang lebih baik. Selamat Tahun Baru 2020. (*)

    Oleh: JuaraNews / den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Berdamai atau Hidup Tanpa Corona
    Jadi Pribadi yang Lebih Baik di Tahun Baru 2020
    Teloransi, Kebersamaan dalam Perbedaan
    Teladani Semangat Pahlawan
    Tahun Baru Hijriah, Pererat Silaturahmi Toleransi
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Klasemen Liga Dunia

      Tim M Point
      1. Arsenal 2 6
      2. Tottenham Hotspur 2 6
      3. Liverpool 2 6
      4. Everton 2 6
      Tampilkan Detail

      Klasemen Liga Indonesia

      Tim M Point
      1 Persib Bandung 3 9
      2 Bali United 3 7
      3 PSIS Semarang 3 6