web stats service from statcounter

Daftar Pemain


    Editorial


      Hot News


      Jadwal Liga


        Buru Kemenangan di Laga Pamungkas
        net Persib menjamu PSM di Stadion si Jalak Harupat

        Persib vs PSM

        Buru Kemenangan di Laga Pamungkas

        • Minggu, 22 Desember 2019 | 09:34:00 WIB
        • 0 Komentar

        JuaraNews, Bandung - Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts mematok target kemenangan saat timnya melakoni laga pamungkas di ajang Liga 1 2019 kontra PSM Makassar di Stadion si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Minggu (22/12/2019) sore.

         

        Pasalnya, tambahan 3 poin pada laga kandang Pekan 34 yang dimulai pukul 15.30 WIB tersebut, bakal tetap menjaga peluang Maung Bandung untuk finis di 5 Besar.
        Peluang Persib untuk masuk 5 Besar memeng tidak terlalu besar. Sekalipun pada laga pamungkas ini, mampu mengalahkan PSM, sang Pangeran Biru belum tentu bisa masuk 5 Besar, karena bergantung hasil laga tim-tim lainnya yang berada di atasnya.

         

        Saat ini, Persib berada di posisi 7 dengan total koleksi 48 poin. Jika mendapat tambahan poin, Persib bakal finis dengan 51 poin. Namun raihan 51 poin tidak menjami masuk 5 Besar. Persib harus berharap 2 tim di atasnya tergelincir di pekan terakhir, yakni Borneo FC dan Madura United di peringkat 5 dan 6 yang sama-sama mengoleksi 50 poin.

         

        Sementara 3 tim lainnya tidak mungkin lagi terkejar, yakni Persebaya Surabaya yang sudah menyelesaikan laga ke-34 di posisi 2 dengan 54 poin dan peringkat 3 Bhayangkara FC yang juga telah menuntaskan kompetisi dengan 53 poin. Lalu kandidat runner-up Persipura Jayapura di peringkat 4 dengan 52 yang akan melakoni laga pamungkas kontra Borneo FC di waktu bersamaan.

         

        Borneo sendiri berpotensi tergelincir karena akan dijamu tim Mutiara Hitam yang berambisi mengakhir kompetisi sebagai runner-up. Namun Persib sulit berharap, Madura United kalah pada laga terakhirnya saat dijamu sang juara musim ini Bali United. Pasalnya, Bali United tak berambisi lagi meraih kemenangan. Hal tersebut terlihat dari 2 laga terakhir, saat menyerah 3-2 dari Arema FC dan kalah 0-1 oleh PS Tira Persikabo. Sementara pada laga sebelumnya, Bali hanya bermain imbang 1-1 dengan Persipura.

         

        Kendati peluang Maung Bandung sangat bergantung pada laga tim lain, Coach Robert tetap optimistis bisa mencapai 5 Besar. Robert pun menegaskan timnya siap tempur menghadapi tim Juku Eja.

         

        “Tentunya, kita ingin memberikan yang terbaik dan memenangi laga kandang nanti. Dan kita juga masih punya peluang bagus untuk bisa naik ke posisi kelima. Itu adalah target kita, tapi memang betul kita masih bergantung dengan hasil pertandingan tim lain,” ungkap Robert dalam sesi konferensi pers jelang laga di Graha Persib, Jalan Sulanjana Kota Bandung, Sabtu (21/12/2019).


        Selain soal target masuk 5 Besar, menurut Robert, kemenangan sangat penting diraih sebagai persembahan terakhir musim ini untuk bobotoh yang dipastikan memadati stadion pada laga pamungkas kali ini. Robert ingin memberikan kesan terbaik dengan mempersembahkan kemenangan pada para pendukung Maung Bandung.

         

        “Ini laga terakhir di 2019 dan kami akan bermain di kandang. Tiket ludes terjual,” tandasnya.
        Sayangnya pada laga kali ini, Robert harus kehilangan 2 pemain pilarnya, yakni Nick Kuipers dan Ardi Idrus yang absen akibat akumulasi kartu kuning. Namun hal tersebut tak membuat Robert khawatir, karena sang kapten tim, Supardi Nasir dipastikan sudah bisa bermain di lini pertahanan Maung Bandung.

         

        “Sayangnya, beberapa pemain kita terkena suspensi dan itu bukan bagian dari rencana. Tapi pemain lain dipastikan siap bertanding besok termasuk kapten Supardi, tentu kami ingin meraih 3 poin” ungkapnya.

         

        Soal kekuatan lawan, Robert menilai PSM merupakan tim yang tangguh terutama dari komposisi pemain mereka. Pasalnya Robert merupakan sosok yang membangun tim sebelum akhirnya memutuskan mundur dari PSM. Menurut dia, penampilan apik Makassar bisa tercermin dari keikutsertaannya pada Piala Indonesia, Liga 1 dan AFC Cup.

         

        “Kami akan menghadapi Makassar dan tentunya itu tim yang saya latih musim lalu. Mereka tim yang tangguh dan bermain di 3 kompetisi sekaligus,” ucap pelatih berpaspor Belanda tersebut.

         

        Di mata Robert, PSM punya potensi untuk berada di papan atas klasemen bahkan menjadi kandidat juara. Namun hasilnya Wiljan Pluim dan kawan-kawan sejauh ini posisi klasemennya berada di bawah Persib. Karena itu, Robert menilai sebenarnya Persib juga punya kemampuan yang lebih baik dari PSM.

         

        “Saya pikir Makassar juga tim yang musim ini sebenarnya bisa menjadi juara. Tapi Persib juga musim ini berhasil berada di peringkat lebih tinggi dari Makassar dan itu artinya kami sudah melakukan hal yang benar untuk Persib,” pungkasnya. (*)

         

        Incar Kemenangan Tandang
        Sementara itu, Pelatih PSM Darije Kalezic meyakini laga kontra Persib pada pekan pamungkas, bakal berlangsung sengit. Meski bukan laga menentukan, Kalezic menilai melawan Maung Bandung selalu menjadi pertandingan yang mengesankan. Sebab, ini juga melibatkan gengsi dan harga diri.

         

        “Ini adalah pertandingan yang terakhir kompetisi. Pertandingan yang bagus dan melawan Persib selalu menjadi pertandingan yang bagus. Meskipun pertandingan ini tidak punya signifikan yang besar, seperti memenangi trofi. Namun saya kira, ini soal prestis dan kebanggaan bagi pemain,” jelas Kalezic dalam sesi konferensi pers jelang laga di Graha Persib, Jalan Sulanjana Kota Bandung, Sabtu (21/12/2019).


        Namun, Kalezic menyadari Persib merupakan lawan berat. Apalagi, skuat Juku Eja tak akan diperkuat para pemain asingnya pada laga nanti. Willem Jan Pluim masih dibekap cedera, Amido Balde terkena skorsing Komisi Disiplin PSSI. Sementara 2 pemain lainnya sudah pulang kampung, Marc Klok ke Belanda dan Aaron Evans ke Australia.

         

        “Kami datang ke sini tanpa sejumlah pemain dan semua pemain asing kami tidak ada di sini. Itu pastinya tidak mudah. Karena besok Persib adalah tim favorit. Tapi pemain-pemain yang akan bermain besok akan memberikan 100 persen kemampuannya dan mudah-mudahan itu cukup untuk memberikan kami hasil yang baik,” paparnya.

         

        Pada laga yang menjadi terakhir bagi Kalezic tersebut, PSM pun ingin memutus tren negatif tak pernah memenangi laga tandang. Dari 16 laga away, tak sekalipun tim Juku Eja meraih poin penuh.

        “Sejauh Ini kita belum pernah memenangkan laga tandang, karena tergantung kualitas yang kita miliki, namun di setiap pertandingan selanjutnya akan ada kesempatan untuk mengubah hal tersebut,” tandasnya.

         

        Laga ini pun adalah perpisahan untuk Kalezic yang memutuskan berpisah dengan PSM. Satu gelar ia persembahkan tahun ini, yakni trofi Piala Indonesia. Momen yang akan selalu dikenang pelatih asal Bosnia itu berkarier di Indonesia.

         

        “Saya akan meninggalkan PSM dengan perasaan yang bagus dan baik. Apa yg terjadi di Makassar musim ini saya tidak pernah liat sepanjang hidup saya. Kita memenangkan Piala Indonesia setelah 19 tahun, dan membawa piala itu ke Kota Makassar setelah 19 tahun puasa trofi,” beber Kalezic.

         

        Menurutnya, pemainnya cukup letih juga memainkan jadwal padat musim ini. Total PSM telah melakukan 58 laga tahun ini di berbagai ajang. Mulai dari AFC Cup, Liga 1, Piala Indonesia, dan Piala Presiden. Itu sebabnya Darije tidak akan memperpanjang kontraknya dengan PSM.

         

        “Kita punya banyak masalah di klub musim ini, kita memainkan 58 pertandingan dalam satu musim kompetisi tahun ini, hampir sama dengan Manchester City musim lalu, dan saya tidak bisa hitung jarak penerbangan yang telah kita lalui, kita main sekali 4 hari sejak bulan April dan di musim yang normal sebuah klub memainkan 34-37 pertandingan. Jadi ini musim yang sangat ekstrem, PSM belum pernah menjalaninya seperti ini di musim-musim sebelumnya,” pungkasnya.

         

        Head to Head
        18 Agustus 2019     Liga 1 2019 PSM Makassar 3-1 Persib Bandung
        24 Oktober 2018     Liga 1 2018 PSM Makassar 1-0 Persib Bandung
        23 Mei 2018            Liga 1 2018 Persib Bandung 3-0 PSM Makassar
        26 Januari 2018      Piala Presiden 2018 Persib Bandung 0-1 PSM Makassar
        15 Oktober 2017     Liga 1 2017 PSM Makassar 2-1 Persib Bandung
        5 Juli 2017              Liga 1 2017 Persib Bandung 2-1 PSM Makassar
        6 Februari 2017       Piala Presiden 2017 Persib Bandung 1-0 PSM Makassar
        29 Oktober 2016     TSC 2016 PSM Makassar 2-2 Persib Bandung
        2 Juli 2016              TSC 2016 Persib Bandung 3-2 PSM Makassar
        30 Mei 2010            ISL Persib Bandung 2-0 PSM Makassar
        14 Oktober 2009     ISL PSM Makassar 2-1 Persib Bandung
        14 Februari 2009     ISL Persib Bandung 0-0 PSM Makassar
        15 November 2008  ISL PSM Makassar 1-1 Persib Bandung

         

        5 Laga Terakhir Persib Bandung
        16 Desember 2019 Persib Bandung 4-0 Perseru Badak Lamping
        11 Desember 2019 Borneo FC 0-1 Persib Bandung
        8 Desember 2019 Persib Bandung 0-0 PSS Sleman
        4 Desember 2019 Persib Bandung 0-2 Persela Lamongan
        28 November 2019 Bali United 3-2 Persib Bandung

         

        5 Laga Terakhir PSM Makassar
        27 November 2019 PSIS Semarang 1-0 PSM Makassar
        2 Desember 2019 PSM Makassar 2-2 Borneo FC
        7 Desember 2019 Persela Lamongan 3-1 PSM Makassar
        11 Desember 2019 Barito Putera 3-2 PSM Makassar
        15 Desember 2019 PSM Makassar 1-1 PSS Sleman. (*)

        Oleh: JuaraNews / den

        0 Komentar

        Tinggalkan Komentar


        Cancel reply

        0 Komentar


        Tidak ada komentar

        Berita Lainnya


        Yana: Stadion GBLA Siap Dijadikan Markas Persib
        Bakal Didaulat jadi Manager Coach Persib, Robert Albert Ogah Komentar
        Umuh Muchtar Sempat Kaget Masih Dikenalkan Sebagai Manajer di Launching Persib
        Ini Dia Nomor Punggung Pemain Persib di Liga 2020
        Umuh Muchtar Mundur dari Posisi Manajer Persib Bandung


        Klasemen Liga Indonesia

        Tim M Point
        1 Bali United 34 64
        2 Persebaya Surabaya 34 54
        3 Madura United 34 53