web stats service from statcounter

Hot News


Inspirasi


    Jerman Tertarik dengan Progran Jabar Migran Service Center
    JuaraNews/Abdul Basir

    Jerman Tertarik dengan Progran Jabar Migran Service Center

    • Jumat, 20 Desember 2019 | 19:35:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung- Jerman Development Coorporation GIZ tertarik dengan program Jabar Migran Service Center (JMSC) yang di gagas oleh Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jawa Barat.

     

    Hal itu terlihat, dengan datangnya Tim dari Jerman Development Coorporation GIZ ke kantor Disnakertrans Jabar, untuk berdiskusi lebih dalam mengenai program JMSC.

     

    Kepala Disnakertrans Jabar Mochamad Ade Afriandi mengatakan, ketertarikan Jerman Development Coorporation GIZ terhadap program JMSC berkaitan dengan konsep perlindungan tenaga kerja di Jawa Barat.

     

    Selain itu, juga proses rekruitmen WNI yang akan bekerja sebagai pekerja migran di luar negeri dinilai cukup baik. Pasalnya sebelum mereka di berangkatkan Disnakertrans Jabar terlebih dahulu memberikan berbagai pelatihan.

     

    "Mereka tertarik itu, proses penanganan perlindungan tenaga migran di Jabar serta proses perekrutannya sebelum di berangkat ke luar negeri," ucap Ade Afriandi.

     

    Lebih jauh Ade mengatakan, Sebelum Jerman Development Coorporation GIZ tertarik terhadap program tersebut, pikah sudah mensosialisasikan program tersebut kepada pemerintah Indonesia, pada saat rapat koordinasi kementerian luar negeri tentang tenaga kerja migran.

     

    "Pada saat Rakor Kemenlu di Lombak Agustus kemarin, saya satu-satunya perwakilan dinas provinsi di Indonesia diundang oleh kementerian luar negeri," ucapnya.

     

    Jerman Development Coorporation GIZ Country Office Indonesia, Makhdonal Anwar mengatakan, Jerman saat ini sedang membutuhan tenaga terampil tenaga menunjang industri. Pasalnya pada Maret 2020 Jerman akan memberlakukan UU keimigrasian di bidang ketenagakerjaan yang baru.

     

    "Kita ingin melihat apakah dengan kondisi dan peraturan yang ada memungkinkan bagi tenaga terampil Indonesia untuk juga diluar negeri salah satunya di Jerman," katanya

     

    Pada prinsipnya, saat ini kita mendapatkan informasi mencari informasi serta bertemu dengan Kemenakertrans, Kemenlu BNP2TKI, Kadin.Termasuk Ke Disnaketrans Jawa Barat terkait ide untuk membangun Jabar Migran Service Center yang baru.

     

    "Jadi ini belum merupakan keputusan, setelah misi ini kami akan repost kepada kementerian di Jerman baru nanti pemerintah Jerman apakah di Indonesia kita akan menjalankan kompenen dari program ini," tutupnya.(*)

     

    Oleh: abdul basir / bas

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Pemprov Jabar Akan Mendata Warganya yang Tertahan di Turki dan Jedah
    Segera, KOPDAR Gubernur dengan Instansi Vertikal di Wilayah Jabar
    PZU dan YBM Bedah 10 Rumah Tidak Layak Huni
    Oded : Pemerintah Indonesia Harus Serius Tanggapi Larangan Sementara Jamaah Umrah
    Pekerja dan Pemberi Kerja Wajib Ikut Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan