Pos Indonesia

Hot News


Inspirasi


  • Dirgahayu Sat Linmas ke-58
    Dirgahayu Sat Linmas ke-58

    NEGARA Republik Indonesia lahir melalui perjuangan bangsa dan pahlawannya yang melepaskan diri dari penjajahan dan sejajar dengan bangsa di dunia.

    Dapat 5.000 Slot Jurnal Internasional, Universitas Widyatama Kerja Kerja Sama dengan LLDikti
    Prof. Obsatar Sinaga

    Dapat 5.000 Slot Jurnal Internasional, Universitas Widyatama Kerja Kerja Sama dengan LLDikti

    • Senin, 16 Desember 2019 | 11:59:00 WIB
    • 0 Komentar

     

    JuaraNews, Bandung – Rektor Universitas Widyatama Professor Obsatar Sinaga telah memiliki personal garansi yang diakui negara Eropa dan Amerika untuk penerbitan jurnal internasional. Di tahun 2020 pihaknya bahkan mendapatkan slot menerbitkan 5.000 jurnal internasional.

     

    “Tidak mungkin jurnal sebanyak itu diterbitkan kami sendiri atau diambil oleh dosen kami sendiri. Tetapi harus berkolaborasi dengan universitas atau perguruan tinggi lainnya,” kata Prof. H. Obi, saat membuka ajang Inovasi Perguruan Tinggi dan Job Fair, di Gedung Diklat LLDikti Wilayah IV (12-14 Desember 2019), Jatinangor, Kabupaten Sumedang, belum lama ini.

     

    Prof Obi, demikian ia kerap dipanggil, menilai Universitas Widyatama belum memadai sampai melakukan penelitian sebanyak itu. Oleh karena itu, dirinya akan mengajak perguruan tinggi (PT) yang ada di bawah naungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah IV, Jabar dan Banten, untuk berkolaborasi.

     

    “Kami senang apabila banyak perguruan tinggi yang berkolaborasi menulis jurnal internasional. Sendiri lebih baik, namun apabila jurnal tersebut ditulis secara bersama-sama, berkolaborasi antara dosen Widyatama dan perguruan tinggi lainnya, hasilnya jauh akan lebih baik lagi,” terangnya.

     

    Diakui Prof. Obi, biasanya untuk mengawali kolaborasi penulisan jurnal internasional pihaknya melakukan starting point dengan penandatanganan MoU. Setelah itu, sama-sama melakukan penelitian, lalu di-publish. Publikasinya akan menjadi urusan Widyatama.

     

    &ldquo Kalau saya tanda tangan, insha Allah jurnal internasional itu akan terbit di Eropa atau Amerika. Biasanya dalam waktu kurang lebih satu bulan. Satu minggu dikirim, langsung LOA (Letter of Acceptance, Red,-), kemudian satu bulan biasanya terbit,” terangnyanya.

     

    Universitas Widyatama sendiri sudah mengeluarkan 635 jurnal internasional pada 2019 ini. Sedangkan yang sudah melakukan MoU, sudah ada 22 perguruan tinggi, termasuk dengan pergguruan tinggi dari Negeri Jiran, Malaysia.

     

    Sementara itu, Kepala LLDIKTI Wilayah IV Jabar Banten, Prof. H. Uman Suherman, pada kesempatan itu mengajak perguruan tinggi dan universitas di Jabar Banten untuk melakukan penelitian dan menulis jurnal internasional.

     

    &ldquo Mari kita berkolaborasi agar sama-sama perguruan tinggi/universitas yang ada di Wilayah IV (sekitar 486 perguruan tinggi yang ada, Red,-), bisa unggul dan maju beriringan satu sama lain,” katanya. (*)

    ude

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Pempov Jabar Bantu Pelaku Usaha UMKM Rp 2,4 Juta
    Kadinkes Jabar: 40 Pegawai Gedung Sate Dipastikan Sembuh Covid-19
    Penutupan Gedung Sate Diperpanjang Dua Minggu
    Disparbud Jabar Bahas Strategi Pemulihan Travel Umroh Via Kertajati
    Ridwan Kamil Jadi Relawan Vaksin Covid-19, Pengamat: Bisa Naikkan Reputasi Pejabat Publik
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Imani Center

      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads