web stats service from statcounter

Hot News


Inspirasi


    Sisingaan dan Kuda Lumping Meriahkan Jalan Santai 6 Tahun JuaraNews
    Atraksi kesenian kuda lumping saat jalan santai JN

    6 Tahun JuaraNews

    Sisingaan dan Kuda Lumping Meriahkan Jalan Santai 6 Tahun JuaraNews

    • Senin, 9 Desember 2019 | 11:34:00 WIB
    • 0 Komentar

    JUARANEWS, BANDUNG – Gerak Jalan Santai 6 Tahun Juaranews.com dimeriahkan berbagai atraksi kesenian daerah, seperti pencak silat, kuda lumping, dan Sisingaan. Kelompok keseniaan Pumala (Putra Maung Layang) menghibur peserta gerak jalan santai yang di selenggarakan di Kampung Centeng RW VII Desa Cihanjuang Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat, Minggu (8/12/2019).

    Setelah peserta jalan santai kembali, pertunjukan kendak pencak silat dimulai. Diawali dengan aksi empat pesilat silit memperagakan kelihaiannya memperagakan gerak secara rampak. Diiringi terompet, kendang, dan goong, mereka dengan sigap menggerakan tangan, badan, kaki, dan berbagai jurus diperlihatkan.

    Aksi ini diperagakan dalam dua lagu, yang dibawakan pesinden grup kesenian tradisional itu. Tak lama kelompok kesenian kuda lumping dan sisingaan datang. Sebelum beraksi mereka pun unjuk diri dalam kelihaian jurusnya. Bahkan beberapa kali melakukan duel.

    Aksi kuda lumping diperagakan anak-anak Pumala, sementara Sisingaan dilakukan orang dewasa. Anak-anak tampak larut dan asyik. Seorang perempuan dan beberapa laki-laki tampak seperti pengasuhnya. Tiba-tiba anak-anak itu seperti kesurupan. Gerakannya persis seperti macan. Tangannya ingin mencakar. Matanya melebar. Pipinya mengembung. Suaranya seperti mengaum.

    Mereka bergerak. Seperti ingin saling menerkam. Namun mendapat perlawananan dari teman yang diterkamnya. Perkelahian pun terjadi. Jurus-jurus mencoba mencoba meruntuhkan lawannya. Perkelahian pun terjadi. Atraksi silat kembali terjadi.  

    Setelah beberapa lama, perempuan dan beberapa laki-laki mencoba menenangkan. Semua kembali tenang. Pertunjukan pun selesai.

    Salah seorang warga desa setempat, Usman mengatakan, kesenian tradisional di kampungnya memang tumbuh di berbagai pelosok desa. Beberapa sanggar kesenian, katanya, tumbuh di masyarakatan. Bahkan, katanya, grup Pumala yang tampil di acara HUT Juaranews itu merupakan pemenang juara kedua se Kabupaten Bandung Barat.

    “Itu untuk kesenian Sisingaan. Juara pertamanya kelompok kesenian dari Kecamatan Lembang,” kata Usman dalam perbincangan dengan juaranews, Minggu (8/12/2019).

    Ia mengatakan, masyarakat antusias jika ada pagelaran acara seperti ini. Apalagi, katanya, kalau ada perayaan agustusan atau HUT Kemerdekaan RI. “Kalau agustusan di sini penuh. Sekarang juga masyarakat antusias,” katanya. (*)

    ude

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    DWP Jabar Serahkan Bantuan untuk Warga Terdampak Banjir
    Tanggapan Ridwan Kamil, Soal Banjir di Kabupaten Bandung Barat
    Sisingaan dan Kuda Lumping Meriahkan Jalan Santai 6 Tahun JuaraNews
    Tingkatkan Potensi Pertanian, Masyarakat KBB gelar Deklarasi Petani dan Peternak
    Bupati KBB Gelar Safari Ramadan di 16 Kecamatan

    Editorial


      Info Kota