web stats service from statcounter

Hot News


Editorial


    Inspirasi


      Gubernur Jabar Serahkan Mobil Maskara untuk 3 Desa di Pangandaran
      istimewa/humas pemprov jabar Emil menyerahkan 3 Mobil Maskara di Pangandaran

      Gubernur Jabar Serahkan Mobil Maskara untuk 3 Desa di Pangandaran

      • Minggu, 1 Desember 2019 | 13:27:00 WIB
      • 0 Komentar

      JuaraNews, Pangandaran - Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyerahkan 3 unit Mobil Aspirasi Kampung Juara (Maskara) untuk Desa Kalipucang, Desa Cimindi, dan Desa Pangandaran di Lapangan Balai Desa Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, Minggu (1/12/2019).

       

      Pemberian kunci mobil diterima langsung oleh kepala desa (Kades) ketiga desa di Kabupaten Pangandaran itu. Desa Kalipucang dan Desa Pangandaran mendapat Maskara karena berstatus Desa Mandiri, sementara Desa Cimindi merupakan Desa Wisata.

       

      Ridwan Kamil pun berharap ketiga desa tersebut bisa menjadi contoh terbaik dari pemanfaatan Maskara.

       

      Emil pun lebih dulu menceritakan awal mula lahirnya Maskara sebagai salah satu program unggulan Pemprov Jabar melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPM-Desa) Jabar. "Jadi saya dapat curhatan dari warga desa di medsos (media sosial), angkut orang sakit susah, angkut barang susah, ingin nonton film nggak ada, dangdutan sewa sound system," ujar Emil.

       

      "Pokoknya ini (Maskara) mobil segala bisa, kalau bisa empat fungsi tadi jadi 15. Untuk angkut jualan ke pasar, boleh. Jadi saya ingin mendapat cerita, mobil ini dimanfaatkan. Saya ingin membuktikan, uang rakyat kembali ke rakyat," tambahnya.

       

      Terakhir, Emil berharap pemberian Maskara kepada desa-desa terpilih se-Jabar mampu menjadi stimulan agar desa-desa lain terpacu untuk naik kelas.

       

      "Jadi kalau mandiri, diberi fasilitas seperti ini (Maskara). Ini inovasi Pemda Provinsi Jabar," ucap Emil.

       

      Menurut Kepala DPM-Desa Dedi Supandi, tahun ini Pemproov Jabar memberikan 126 unit Maskara kepada 126 desa se-Jabar antara lain Bekasi, Indramayu, hingga Ciamis. Maskara diberikan kepada desa-desa terbaik mulai dari Desa Mandiri, Desa Inovatif, Desa Wisata, hingga pemenang lomba desa.

       

      "Tahun ini 126 (Maskara) diberikan di Jabar, Kabupaten Pangandaran tahun ini dapat tiga. Pada kesempatan kali ini, Bapak Gubernur menyerahkan operasional maskara kepada tiga desa ini," kata Dedi dalam sambutannya.

       

      Hadir dalam launching Maskara di Desa Kalipucang, Cimindi, dan Pangandaran adalah Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata. Jeje pun berharap, tahun depan akan lebih banyak lagi desa di wilayahnya yang mendapat Maskara.

       

      Sementara itu, Kepala Desa Kalipucang Sudarsono mengaku senang bisa mendapatkan Maskara seusai menyegel status Desa Mandiri pada 2018 lalu. "Masyarakat menyambut positif, di samping pemberian mobil, Kalipucang jadi Desa Mandiri. Mungkin seringnya untuk kegiatan Maulidan atau bisa buat bawa hasil bumi," kata Sudarsoni.

       

      "Di desa kami, masyarakatnya mayoritas pedagang, sebagian kecil berkebun," tambahnya. (*)

      Oleh: JuaraNews / den

      0 Komentar

      Tinggalkan Komentar


      Cancel reply

      0 Komentar


      Tidak ada komentar

      Berita Lainnya


      Penyusunan RKPD Jabar Tahun 2021 Gunakan Sejumlah Pendekatan
      Atalia Raih Penghargaan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan dari KKP
      Pemprov Jabar Tanam Antiradikalisme ke Pelajar
      Assessment Kompetensi dan Potensi Seleksi Terbuka Sekda Jabar Diumumkan Senin Depan
      Pemprov Jabar Tanda Tangani 10 Perjanjian Kerja Sama dengan Maluku Utara

      PARLEMENTARIA