Hot News


Inspirasi


  • Dirgahayu Sat Linmas ke-58
    Dirgahayu Sat Linmas ke-58

    NEGARA Republik Indonesia lahir melalui perjuangan bangsa dan pahlawannya yang melepaskan diri dari penjajahan dan sejajar dengan bangsa di dunia.

    6.000 Pelajar Mainkan Angklung di Gedung Sate
    istimewa/humas pemprov jabar Para pelajar mainkan angklung dalam Angklung;s Day

    Angklung’s Day 2019

    6.000 Pelajar Mainkan Angklung di Gedung Sate

    • Minggu, 24 November 2019 | 15:36:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung – Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar Daud Achmad membuka Angklung’s Day Tahun 2019 di halaman Gedung Sate, Jalan Diponegoro Kota Bandung, Minggu (24/11/2019) dengan menggetarkan angklung bersama para 6.000 pelajar TK-SMA dari 133 grup angklung se-Jabar.

     

    Daud menilai, Angklung's Day dengan melibatkan para pelajar se-Jabar ini merupakan kegiatan positif untuk melestarikan angklung.

     

    “Saya yakin mereka akan terpatri di hatinya bahwa angklung ini adalah betul-betul musik tradisional Indonesia khususnya musik tradisional yang berada di Jawa Barat,” kata Daud.

     

    Daud pun yakin melalui momentum Angklung's Day kelestarian alat musik yang dibuat dari bambu ini bisa lestari bahkan berkembang tidak hanya di Indonesia tapi juga dunia.

     

    Pasalnya, Daud berujar angklung pun mampu memainkan nada-nada musik internasional seperti lagu dari daerah negara Afrika Selatan, Meksico, Jepang, Australia, dan Brasil.

     

    Selain itu, Daud juga meminta Dinas Pariwisata dan Kebudayaan berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan Jabar untuk lebih getol memperkenalkan angklung termasuk di tempat wisata.

     

    “Saya yakin di unit-unit sekolah biasanya itu ada grup angklung, nah grup angklung ini harus kita rawat. Bagaimana cara merawatnya? Tampilkan mereka di hotel-hotel khususnya di hotel-hotel yang biasa menampung (khususnya) wisatawan mancanegara,” kata Daud.

     

    “(Tampil) seperti itu saya alami sendiri pada saat SMP, kebanggaan buat anak-anak dan sampai saat ini pun saya apresiasi, saya menghormati angklung, dan ingin terus melestarikan,” tambahnya.

     

    Adapun event Angklung’s Day ini digelar oleh KABUMI (Keluarga Besar Bumi Siliwangi Universitas Pendidikan Indonesia dan sudah dihelat selama sembilan tahun sejak angklung ditetapkan sebagai warisan budaya dunia tak benda atau World Intangible Heritage oleh UNESCO pada 2010.

     

    Dalam acara tersebut, para peserta juga memainkan medley lagu daerah se-Nusantara mulai dari Sumatera Utara, Jawa Barat, Jawa Tengah, Bali, hingga Papua. (*) 

    Oleh: JuaraNews / den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Renovasi Ruang Pribadi Anda, Mau Pakai Parket Atau Vinyl?
    Anggrek Merpati, Bunga Bandel dan Tahan Banting. Mudah Merawatnya
    Asupan Vitamin K pada Bayam dan Telor akan Bantu Lawan Covid-19
    Gebrakan New Normal, Pos Indonesa Luncurkan Apps Videoconfrence dengan Kilobyte Rendah
    Iwan Fals: Badan Boleh Hancur, Tapi Jiwa Semangat Pikiran dan Mental Tidak!
    Berita Terdahulu

    Editorial