Bank BJB top banner

Hot News


Opini


  • Mewujudkan Rumah Impian bagi Guru
    Mewujudkan Rumah Impian bagi Guru

    MEMILIKI rumah merupakan impian setiap orang terlebih bagi seorang guru karena rumah termasuk kebutuhan pokok yang harus dipenuhi.

    Musim Hujan, BPBD Jabar Perkuat Kesiapsiagaan Bencana

    • Rabu, 20 November 2019 | 11:41:00 WIB
    • 0 Komentar


    Musim Hujan, BPBD Jabar Perkuat Kesiapsiagaan Bencana
    Kepala Pelaksana BPBD Jabar, Supriyatno JuaraNews/Abdul Basir

    JuaraNews, Bandung - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat terus memperkuat kesiapan bencana Hidrometeorolog, seperti banjir, angin kencang dan tanah longsor. hal itu sering datang musim penghujan November hingga Februari 2020.

     

    Kepala Pelaksana BPBD Jabar, Supriyatno mengatakan, BPBD Jabar mencatat ada 3.000 titik rawan bencana yang tersebar di 27 kabupaten dan kota Jawa Barat. Bahkan hingga Oktober 2019, pihaknya mencatat ada 1.486 kejadian bencana.

     

    "Yang terbanyak adalah angin puting beliung, pergerakan tanah, kebakaran rumah, hutan dan lahan serta banjir," kata Supriyatno di Bandung, Rabu (20/11/2019).

     

    Untuk itu, selama musim hujan saat ini, BPBD Jabar telah bersiap diri dan berkoordinasi dengan unsur TNI, Polri, Basarnas, relawan bencana serta BPBD Kab/kota untuk meningkatkan kesiapsiagaan mengingat sejumlah bencana mulai terjadi di beberapa daerah. 

     

    Kesiapsiagaan mulai dari Sumber Daya Manusia, mempersiapkan peralatan logistik, bertujuan untuk mengurangi resiko dengan mitigasi bencana.

     

    Sebagaimana diketahui, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bandung memprediksi puncak musim hujan di wilayah Jawa Barat akan terjadi pada Desember hingga Januari 2020 mendatang.

     

    "Musim hujan di Jabar akan terus berlangsung hingga puncanya bulan Desember dan Januari akhirnya," Ujar Staff Data dan Informasi BMKG Bandung, Yan Firdaus Permadhi, di acara Jabar Punya Informasi (Japri) di gedung Sate Jalan Diponegoro Kota Bandung, Selasa (19/11/2019).

     

    Menurutnya, pada umumnya wilayah Jawa Barat akan mulai memasuki musim hujan pada November 2019. Dimulai dari wilayah Jabar bagian selatan lalu bergerak secara perlahan kebagian utara.

     

    "Masuknya musim hujan tidak bareng atau menjalar dari arah selatan ke naik ke arah Utara secara pelan-pelan sehingga aktivitas Atmosfer terkait dengan curah hujan perlahan-lahan tidak terjadi langsung dengan seluruhnya," tutupnya.(*)

    Oleh: abdul basir / bas

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Himpunan Mahasiswa Kuningan Indonesia, Kampanyekan Budaya Literasi
    DPRD Jabar Pastikan Tidak Ada Celah Bagi Masyarakat Melaksanakan Mudik
    SBY Rayakan Idul Fitri 1442 H Bersama Keluarga
    Jelang Lebaran, Posko THR 2021 Kemnaker Dibanjiri Ribuan Keluhan Soal THR
    Elektabilitas Meningkat, Demokrat Siap Sosialisasikan AHY untuk Pilpres 2024
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Bank BJB kanan

      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads