Pos Indonesia

Hot News


Inspirasi


  • Dirgahayu Sat Linmas ke-58
    Dirgahayu Sat Linmas ke-58

    NEGARA Republik Indonesia lahir melalui perjuangan bangsa dan pahlawannya yang melepaskan diri dari penjajahan dan sejajar dengan bangsa di dunia.

    Musim Hujan, BPBD Jabar Perkuat Kesiapsiagaan Bencana
    JuaraNews/Abdul Basir Kepala Pelaksana BPBD Jabar, Supriyatno

    Musim Hujan, BPBD Jabar Perkuat Kesiapsiagaan Bencana

    • Rabu, 20 November 2019 | 11:41:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat terus memperkuat kesiapan bencana Hidrometeorolog, seperti banjir, angin kencang dan tanah longsor. hal itu sering datang musim penghujan November hingga Februari 2020.

     

    Kepala Pelaksana BPBD Jabar, Supriyatno mengatakan, BPBD Jabar mencatat ada 3.000 titik rawan bencana yang tersebar di 27 kabupaten dan kota Jawa Barat. Bahkan hingga Oktober 2019, pihaknya mencatat ada 1.486 kejadian bencana.

     

    "Yang terbanyak adalah angin puting beliung, pergerakan tanah, kebakaran rumah, hutan dan lahan serta banjir," kata Supriyatno di Bandung, Rabu (20/11/2019).

     

    Untuk itu, selama musim hujan saat ini, BPBD Jabar telah bersiap diri dan berkoordinasi dengan unsur TNI, Polri, Basarnas, relawan bencana serta BPBD Kab/kota untuk meningkatkan kesiapsiagaan mengingat sejumlah bencana mulai terjadi di beberapa daerah. 

     

    Kesiapsiagaan mulai dari Sumber Daya Manusia, mempersiapkan peralatan logistik, bertujuan untuk mengurangi resiko dengan mitigasi bencana.

     

    Sebagaimana diketahui, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bandung memprediksi puncak musim hujan di wilayah Jawa Barat akan terjadi pada Desember hingga Januari 2020 mendatang.

     

    "Musim hujan di Jabar akan terus berlangsung hingga puncanya bulan Desember dan Januari akhirnya," Ujar Staff Data dan Informasi BMKG Bandung, Yan Firdaus Permadhi, di acara Jabar Punya Informasi (Japri) di gedung Sate Jalan Diponegoro Kota Bandung, Selasa (19/11/2019).

     

    Menurutnya, pada umumnya wilayah Jawa Barat akan mulai memasuki musim hujan pada November 2019. Dimulai dari wilayah Jabar bagian selatan lalu bergerak secara perlahan kebagian utara.

     

    "Masuknya musim hujan tidak bareng atau menjalar dari arah selatan ke naik ke arah Utara secara pelan-pelan sehingga aktivitas Atmosfer terkait dengan curah hujan perlahan-lahan tidak terjadi langsung dengan seluruhnya," tutupnya.(*)

    Oleh: abdul basir / bas

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Pakar Epidemiologi: Tren Peningkatan Sudah Diprediksi
    500 Orang Ikut Swab Test di Balai Kota, di Antaranya Warga Sekitar Kawasan Secapa AD
    Dokter Reisa: Penanganan Korban Kekerasan Selama Pandemi Harus Lebih Cermat
    Sebagian ke Secapa TNI AD, Ratusan Ikan dari Ambon Diterbangkan ke Jakarta
       Banjir Rendam Delapan Desa di Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara.            
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Imani Center

      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads