web stats service from statcounter

Hot News


Inspirasi


    Semua Peserta Pelatihan CPMI Berangkat Tahun 2019

    Semua Peserta Pelatihan CPMI Berangkat Tahun 2019

    • Selasa, 12 November 2019 | 14:31:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, BANDUNG – Setelah menyelesaikan seluruh angkatan pelatihan Calon Pekerja Migran Indonesian (CPMI) tahun 2019, seluruh peserta pelatihan akan berangkat ke negara penempatan. "Semua berangkat di tahun 2019," kata Kepala BLK PMI Disnakertrans Jabar, H. Teguh Khasbudi, sesuai pembukaan pelatihan, Selasa (12/10/2019).

    Pelatihan CPMI diselenggarakan sebanyak 7 angkatan di tahun 2019. Pada pelatihan kali digelar dua angkatan, yakni angkatan VI dan angkatan VII. Pelatihan diselenggarakan di Gedung BLK (Balai Latihan Kerja) PMI Jawa Barat, Jalan Soekarno Hatta Bandung, selama 21 hari.

    Peserta pelatihan diarahkan untuk menguasai bahasa Jepang grade N5 dan akan ditingkatkan menjadi N4.

    Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jawa Barat MA Afriandi dalam sambutan tertulisnya mengatakan, penguasaan bahasa menjadi penting bagi CPMI. Bahasa, katanya, menjadi alat komunikasi yang penting bagi komunikasi antara pekerja dan pimpinannya.

    Kasubag Tata Usaha BLK PMI Ocang Imid, mengatakan, pelatihan ini merupakan salah satu program Migran Juara yang digerakan Gubernur Jabar dalam mengatasi pengangguran. Melalui Program Migran Juara, katanya,  Pemprov Jabar memberikan kesempatan kepada masyarakat  untuk bekerja ke luar negeri serta mempersiapkan CPMI berkualitas dan berdaya saing sesuai persyaratan yang dibutuhkan negara penempatan.

    Ia menambahkan, pelatihan bersasis penempatan selama 21 hari kalender, setara 210 jam pelajaran. Jumlah peserta CPMI angktan VI dan VII sebanyak 40 orang berasal dari hasil open rekruitmen, bekerjasama dengan LPK Mirai Nusantara berkolabarasi dengan AP2LN (Asosiasi Penyelenggara Pemagangan Luar Negeri) dan Accepting Organization di Negara Penempatan Jepang.

    Peserta Pelatihan CPMI Angkatan VI sebanyak 20 orang dengan Jenis kelamin perempuan 10 orang dan laki-laki 10 orang, Pendidikan SMA 6 orang dan SMK 14 orang dengan daerah asal Kota Bandung, Kab. Bandung Barat, Kota Tasikmalaya, Kab. Cianjur, Kab. Cirebon, Kab. Indramayu, Kab. Majalengka, Kab. Subang dan Kab. Sukabumi sedangkan Angkatan VII sebanyak 20 orang dengan Jenis kelamin perempuan 6 orang dan laki-laki 14 orang, Pendidikan SMA 5 orang, SMK 12 orang dan S1 3 orang dengan daerah asal Kota Bandung, Kab. Bandung, Kab. Bogor, Kab. Ciamis, Kab. Cianjur, Kab. Cirebon, Kab. Indramayu, Kab. Garut dan Kab. Majalengka. (*)

    ude

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    HUT ke-6 Tahun, JuaraNews Gelar Gerak Jalan Santai
    Kepala BPBD: Ubah Mindset Bupati/Wali Kota
    Aplikasi Pelayanan Publik Sapawarga Diluncurkan, RW Bisa Ngadu Langsung ke Gubernur
    Tersangka Kasus Meikarta Bartholomeus Toto, Layangkan Surat Perlindungan ke Presiden Jokowi
    Dikukuhkan Jadi Profesor, Keri Lestari: Inovasi Farmasi Klinik Lahirkan Interaksi Kesehatan