web stats service from statcounter

Hot News


Inspirasi


    Kisah Pencipta lagu 'Permintaan Api Unggun’ tak Dapat Perhatian Pemerintah
    Uun Samsa

    Kisah Pencipta lagu 'Permintaan Api Unggun’ tak Dapat Perhatian Pemerintah

    • Minggu, 3 November 2019 | 17:01:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung - Bagi anggota Pramuka, pasti tahu atau sering mendengar lagu berjudul ‘Permintaan Api Unggun’. Lagu tersebut, biasa dinyanyikan sebelum api unggun dinyalakan. Meski kerap dinyanyikan, nyatanya belum banyak yang mengetahui pencipta lagu tersebut.

     

    Usut punya usut, lagu Permintaan Api Unggun rupanya milik seorang pria paruh baya bernama Uun Samsa yang merupakan warga Limbangan, Kabupaten Garut. Lagu tersebut, diciptakan Uun pada 1978 silam semasa dirinya masih aktif di gerakan Pramuka.

     

    Meski telah puluhan tahun lalu diciptakan, hingga saat inj lagu Permintaan Api Unggun sering dinyanyikan anggota Pramuka ketika berkemah. Namun, ketidaktahuan terhadap sosok pencipta lagu tersebut, seolah menunjukkan kurangnya apresiasi dari pihak-pihak terkait.

     

    “Pada tahun 1978 saya menciptakan lagu Permintaan Api Unggun ini, banyak di Pramuka yang belum tahu,” ujar Uun di kediamannya, Minggu (03/11/2019).

     

    Bukan hanya satu lagu. Banyak lagu-lagu yang sengaja dan telah Uun ciptakan untuk gerakan Pramuka. Selain Permintaan Api Unggun, pada 1978 Uun juga menciptakan lagu berjudul Api Menyala yang kerap dinyanyikan anggota Pramuka saat prosesi api unggun berlangsung.

     

    Ada dua lagu api unggun, yakni sebelum dan saat api unggun. Lagu sebelum api unggun berjudul Permintaan Api Unggun, yang kedua biasa dinyanyikan saat api unggun, berjudul Api Menyala,” tutur Uun.

     

    Uun mengharapkan, lagu-lagu yang telah dirinya ciptakan mendapat perhatian dari masyarakat, khususnya para anggota Pramuka. Selain itu, apresiasi dari pemerintah sangat diharapkan dirinya yang hingga saat ini masih mengabdi pada gerakan Pramuka, meski telah purna bakti.

     

    “Ya, saya berharap lagu ciptaan saya diapresiasi beliau-beliau selaku Mabinas, Mabida dan Mabicab di Pramuk Mudah-mudahan kita bisa duduk bersama,” harapnya.(*)

    Oleh: JuaraNews / bas

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Eksistensinya Makin Menurun, Pemprov Jabar Populerkan Kembali Seni Kasidah
    Kisah Pencipta lagu 'Permintaan Api Unggun’ tak Dapat Perhatian Pemerintah
    Rayakan Keluhuran Budaya Jabar lewat Karnaval, Musik, hingga Pameran
    Lestarikan Batik, Kepala OPD Pemprov Jabar Ikuti Fashion Show
    Tim Kesenian Rongga Budaya Dusun Bambu Memukau di ‘Festival Lembah Ijen’

    Editorial


    • Teladani Semangat Pahlawan
      Teladani Semangat Pahlawan

      HARI Minggu (10/11/2019) ini bangsa Indonesia memeringati Hari Pahlawan. Tanggal 10 November mencatat peristiwa besar.