web stats service from statcounter

Hot News


Inspirasi


    Pemprov Jabar Targetkan Pendapatan PKB Naik 63 Persen pada 2020

    Pemprov Jabar Targetkan Pendapatan PKB Naik 63 Persen pada 2020

    • Kamis, 24 Oktober 2019 | 19:07:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung-Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) menjadi kontributor terbesar dalam struktur pendapatan daerah sekaligus menopang pembiayaan pembangunan daerah di Jawa Barat. Dalam tiga tahun terakhir, rata-rata kontribusi realisasi PKB Jabar sebesar 21,63 persen terhadap realisasi pendapatan daerah atau 36,94 persen terhadap realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD).

    Demikian dikatakan Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Jabar Daud Achmad saat membuka Forum Diskusi (Kapita Selekta) Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Jawa Barat 2019 di Hotel Aston, Kota Bandung, Kamis (24/10/19).

    Selain itu, kata Daud, Pemprov Jabar menargetkan pendapatan PKB pada 2020 naik sebesar 63,13 persen dari tahun 2019. Menurut dia, target PKB tersebut muncul setelah pihaknya melakukan kajian secara komprehensif.

    “Target pendapatan PKB tahun 2020 ini tidak muncul tiba-tiba, tapi kita punya database potensi kendaraan kita ada berapa. Sudah dihitung dan dan hasilnya dinilai cukup rasional,” katanya.

    Guna merealisasikan target tersebut, Pemdaprov Jabar perlu berinovasi dan melibatkan semua stakeholders di bidang pendapatan. Hal itu perlu dilakukan untuk mendorong dan meningkatkan kesadaran wajib pajak.

    Menurut Daud, ada sejumlah faktor yang perlu ditinjau dalam mewujudkan kenaikan pendapatan PKB tersebut, seperti proyeksi ekonomi makro pada tahun 2020 baik secara nasional maupun regional yang akan mempengaruhi pendapatan per kapita masyarakat.

    Daud pun berharap Bapenda Jabar dapat menghadapi tantangan dengan mengedepankan inovasi dan kolaborasi. Dia mengingatkan, stabilitas pendanaan APBD Prov. Jabar akan bergantung pada kinerja Bapenda Jabar dalam melakukan intensifikasi pemungutan.

    “Kepada teman-teman di Bapenda, optimis saja. Kita harus bisa berinovasi, berkolaborasi. Nanti dibantu Kepolisian dan semua stakeholder, bagaimana mengoptimalkan pajak kendaraan bermotor ini,” kata Daud.(*)

    bas

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Tingkatkan IPM, Pemprov Jabar Bangun 626 Lapangan Sepakbola
    Pemprov Jabar Berlakukan Pembelian Tiket Online Untuk Perjalanan Dinas
    RSUP Hasan Sadikin akan Bangun Gedung Khusus Kangker
    Jabar Perkuat Impor Regional Antisipasi Perlambatan Laju Pertumbuhan Ekonomi
    Pemprov Jabar dalami Bisnis Prostitusi Berkedok Kawin Kontrak di Puncak

    Editorial