web stats service from statcounter

Hot News


Inspirasi


     Pemprov-Unpad Bakal Bangun Pusat Studi Jawa Barat
    istimewa/humas pemprov jabar Gubernur Emil memberi selamat kepada Prof Rina

    Pemprov-Unpad Bakal Bangun Pusat Studi Jawa Barat

    JuaraNews, Bandung - Pemprov Jabar bersama Universitas Padjadjaran (Unpad) berencana membangun Pusat Studi Jawa Barat.

    Nantinya, semua permasalahan di Jabar akan dikaji di pusat studi tersebut.

    “Saya minta agar kerja sama dengan Jawa Barat itu lebih terstruktur. Nanti di rektor baru kita bikin Center for West Java Studies (Pusat Studi Jawa Barat),” ujar Gubernur Jabar Ridwan Kamil seusai menghadiri pelantikan Rektor Unpad periode 2019-2024 Prof Dr Rina Indiastuti SE MSie di Graha Sanusi Hardjadinata Kampus Unpad, Jalan Dipatiukur Kota Bandung, Senin (7/10/2019).

    “Jadi, semua riset, problemnya Jawa Barat itu dititipkan ke fakultas-fakultas. Tapi, nanti pintunya satu, jangan semua fakultas di ketok pintu, pokoknya pintunya pusat studi Jawa Barat itu,” lanjutnya.

    Dengan adanya pusat studi ini, diharapkan para ilmuwan bisa menjadikan Jabar sebagai objek penelitian. Pembangunan pusat studi ini pun menjadi salah satu program kerja 100 hari Rektor Unpad yang baru.

    “Sehingga, mereka-mereka yang di bidang digital, pertanian, menggunakan Jawa Barat sebagai objek penelitian. Nanti riset dan hasilnya ngumpulnya di situ (Pusat Studi Jawa Barat),” kata Emil.

    “Pokoknya (pembangunan Pusat Studi Jawa Barat) janji 100 harinya Bu Rina (Rektor Unpad baru), tolong ditagih,” imbuhnya.

    Terkait pembangunan rumah sakit pendidikan di Jatinangor, Emil mengaku sedang mendiskusikannya dengan pemerintah pusat.

    “Sedang kita diskusikan, agar (Rumah Sakit) Hasan Sadikin itu pindahnya ke Jatinangor, tapi masih wacana. Diskusi dengan pemerintah pusat, kan lahannya terbatas yang Hasan Sadikin, sehingga kalau Jatinangor masih luas,” ucapnya.

    Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) Unpad Rudiantara, dalam sambutannya, menyatakan siap mendukung pembangunan Pusat Studi di Jawa Barat.

    “Unpad sebagaimana harapan Kang Emil, Gubernur Jawa Barat, Unpad menjadi Pusat Studi Jawa Barat dan itu akan saya tanamkan, saya catat, ikut terjun langsung bagaimana Unpad ini menjadi think thank dari Jawa Barat,” kata Rudiantara.

    Sedangkan Prof Rina menegaskan, dirinya siap memimpin Unpad dalam 5 tahun ke depan, termasuk menghadapi tantangan yang cukup besar, yakni membawa Unpad masuk Top 500 Perguruan Tinggi Dunia.

    Saat ini, Unpad meraih peringkat di rentang 651-700 versi QS World University Rankings. Rina pun berjanji akan bersinergi dengan MWA, Senat Akademik, dan semua lini di Unpad untuk mewujudkan cita-cita yang diidamkan banyak pihak tersebut.

    "Quick win-nya, kita akan terus lakukan upaya internasionalisasi, kita rancang dengan baik konsul dengan MWA, Senat Akademik, dan unsur lainnya," kata Rina seusai dilantik sebagai Rektor Unpad di Graha Sanusi, Kampus Unpad, Jalan Dipatiukur Kota Bandung, (*)

    Oleh: JuaraNews / den

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Rumah Deret Jadi Langkah Pemkot Bandung Tangani Kawasan Kumuh
    Koni Jabar Yakin Bisa Pertahankan Juara Umum
    CPNS Jabar Harus Punya Visi Juara Lahir dan Batin
    Lantik 141 Kades, Ridwan Kamil : Desa di Jabar Harus Naik Kelas
    Pemulihan KBU, Perlu Pendekatan Multidimensi

    Editorial


    • Teladani Semangat Pahlawan
      Teladani Semangat Pahlawan

      HARI Minggu (10/11/2019) ini bangsa Indonesia memeringati Hari Pahlawan. Tanggal 10 November mencatat peristiwa besar.