Pos Indonesia

Hot News


Inspirasi


  • Dirgahayu Sat Linmas ke-58
    Dirgahayu Sat Linmas ke-58

    NEGARA Republik Indonesia lahir melalui perjuangan bangsa dan pahlawannya yang melepaskan diri dari penjajahan dan sejajar dengan bangsa di dunia.

    Masyarakat Jabar Diimbang Rutin Berdonor Darah
    istimewa/humas pemprov jabar Daud Achmad melakukan donor darah

    Masyarakat Jabar Diimbang Rutin Berdonor Darah

    JuaraNews, Bandung – Palang Merah Indonesia (PMI) memiliki peran yang sangat penting terhadap tingkat kesehatan di Jabar bahkan Indonesia, khususnya dalam menyediakan darah.

    Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar Daud Achmad mengungkapkan, darah merupakan bagian dari dari tubuh manusia yang tidak bisa diproduksi di luar tubuh.

    Satu-satunya cara untuk menyediakan darah, lanjut Daud, adalah dengan melakukan donor darah. Daud pun mengapresiasi masyarakat yang telah mendonorkan darahnya.

    "Artinya banyak orang yang memerlukan darah dan satu-satunya cara untuk memenuhinya yaitu melalui donor darah ini," kata Daud saat membuka kegiatan donor darah pada perayaan HUT ke-20 Dharma Wanita Persatuan dan Hari Ibu ke-91 Tahun 2019 di PMI Cabang Kota Bandung, Jalan Aceh Kota Bandung, Rabu (2/10/2019).

    Kini, tren donor darah sendiri meningkat setiap tahun yang berbanding lurus dengan kebutuhan darah yang semakin tinggi. Meski begitu, tidak dipungkiri bahwa PMI masih kekurangan darah akan golongan darah tertentu.

    Untuk itu, Daud meminta PMI untuk melakukan sosialisasi terkait pentingnya donor darah serta mengimbau masyarakat yang sehat jasmaninya untuk mendonorkan darah demi kepedulian bersama.

    Adapun berdasarkan standar World Health Organization (WHO), jumlah kebutuhan minimal darah di suatu wilayah adalah sebanyak 2 persen dari jumlah penduduknya.

    Sementara persentase pemenuhan kebutuhan minimal darah Provinsi Jabar mencapai 62,3 persen alias masih kekurangan 37,7 persen.

    "Saya berpesan khusus bagi orang-orang yang mempunyai golongan darah yang langka untuk menjaga kesehatannya. Dan jadilah pendonor yang rutin di PMI, karena banyak orang memerlukan darah yang langka," kata Daud.

    Sementara itu, Penjabat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Jabar Mira Daud mengatakan, donor darah merupakan kegiatan rutin. Dan kali ini menjadi salah satu rangkaian peringatan HUT DWP yang jatuh setiap 7 Desember.

    Tahun ini, peringatan HUT mengusung tema 'Dengan Donor Darah Mari Kita Tingkatkan Kepedulian Sosial' dengan peserta kurang lebih 250 orang dari DWP OPD di lingkup Pemprov Jabar, BKOW Jabar, dan TP PKK Jabar. (*)

    Oleh: JuaraNews / den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Boleh Angkut Penumpang, Gugus Tugas Covid-19 Kota Bandung Tunggu Komitmen Aplikator Ojol
    Dokter Reisa Berbagi Tips Olahraga di Ruang Publik, Tetap Wajib Patuhi Protokol Kesehatan
    Kondisi 17 Peserta Didik dan Pelatih Secapa TNI AD yang Dirawat Akibat Covid-19 Sudah Membaik
    Ridwan Kamil Minta Pemkot Bandung Gelar Tes Massif di Secapa AD
    BMPI Lakuan Audiensi Dengan FPDIP DPRD Kota Bandung
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Imani Center

      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads