PVMBG : Waspada Bencana di Musim Hujan - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda
Pos Indonesia

Hot News


  • Jabar Terbitkan Pergub Soal PSBB Lagi?
    Jabar Terbitkan Pergub Soal PSBB Lagi?
    • 2 Juni 2020 | 23:24:00 WIB

    GUBERNUR Ridwan Kamil mengeluarkan peraturan penerapan PSBB proporsional sebagai persiapan adaptasi kebiasaan baru di seluruh kabupaten/kota.

Inspirasi


  • Dirgahayu Sat Linmas ke-58
    Dirgahayu Sat Linmas ke-58

    NEGARA Republik Indonesia lahir melalui perjuangan bangsa dan pahlawannya yang melepaskan diri dari penjajahan dan sejajar dengan bangsa di dunia.

    PVMBG : Waspada Bencana di Musim Hujan
    Kepala PVMBG dan Geologi Kasbani

    PVMBG : Waspada Bencana di Musim Hujan

    JuaraNews, Bandung - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi mengimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai musim penghujan pada awal bulan Oktober hingga Desember 2019.

    Imbauan tersebut diberikan kepada seluruh masyarakat Jawa Barat, Pasalnya, pada saat musim penghujan di beberapa daerah di Jawa Barat sering terjadi adanya bencana, Seperti terjadinya longsor dan beberapa bencana alam lain.

    "Wilayah selatan Jawa Barat kalau sudah musim penghujan patut waspada apalagi beberapa daerah yang masuk wilayah rentan bencana alam," ujar Kepala PVMBG Kasbani, Kantor PVMBG, Jalan Diponegoro Kota Bandung, Rabu (2/10/2019).

    "Wilayah selatan Jawa Barat kalau sudah musim penghujan patut waspada apalagi beberapa daerah yang masuk wilayah rentan bencana alam," kata Kasbani.

    Dikatakanya, hampir seluruh daerah di Jawa Barat rawan bencana saat musim penghujan, untuk itu perlu adanya mitigasi kebencanaan yang di pantau oleh pemerintah daerah yang memang rentan akan bencana alam yang diakibatkan dari curah hujan tinggi.

    "Pemerintah daerah juga harus sosialisasi kepada masyarakatnya tentang mitigasi bencana alam yang diakibatkan curah hujan tinggi," ucapnya.

    Kasbani menjelaskan, pemicu longsor ada dua hal, pertama akibat curah hujan tinggi dan karena tekstur geologi di daerah tersebut rawan akan terjadinya longsor.

    "Mengurangi potensi longsor ada baiknya dengan memperhatikan jalur-jalur air, drainase dan retakan-retakan tanah yang mulai diisi oleh tanah-tanah halus tanah lempung,"tandasnya. (*)

    Oleh: JuaraNews / bas

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Jabar Terbitkan Pergub Soal PSBB Lagi?
    Gubernur Jabar Klaim Angka Reproduksi (Rt) COVID-19 Turun
    Pemerintah Putuskan tak Berangkatkan Jemaah Haji Tahun Ini
    Masuk Desa Rawan Covid-19, akan Diisolasi 14 Hari
    Ridwan Kamil: Pancasila Perekat Bangsa Indonesia
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Imani Center

      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads