web stats service from statcounter
Tingkatkan Solidaritas lewat Capacity Building
istimewa/humas pemprov jabar Emil dan Atalia di sela acara Capacity Building

Tingkatkan Solidaritas lewat Capacity Building

  • Jumat, 27 September 2019 | 18:41:00 WIB
  • 0 Komentar

JuaraNews, Pangandaran - Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum menggelar Capacity Building bersama para pejabat Eselon II di Hotel Pantai Indah Timur Resort, Pangandaran, Jumat (27/9/2019).

Turut serta Ketua Tim Penggerak PKK Jabar Atalia Praratya Kamil dan kepala daerah kabupaten/kota. Dalam kegiatan tersebut, semua pihak menggelar gim guna meningkatkan keakraban.

Widyaiswara Utama Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Jabar, Yayat Supriatna, yang bertindak sebagai instruktur gim, mengatakan bahwa Capacity Building digelar guna melatih fisik, kedisiplinan, dan meningkatkan kekompakan. Selain itu, para peserta dilatih untuk bekerja sama dalam menyelesaikan sebuah persoalan.

"Inti dari semua ini, saya ingin membangun kebersamaan sebagai modal untuk berhasilnya Jawa Barat, yang dipimpin Gubernur Ridwan Kamil. Sekarang direpresentasikan dengan simulasi (role play) barusan," kata Yayat.

"Kuatkan kekompakan kebersaman, dan ada saat tertentu kita harus menyimpan dulu melepas semua atribut yang menempel, untuk kepentingan bersama," tambahnya.

Selain itu, kata Yayat, simulasi gim difokuskan untuk menanamkan pola kerja sama dalam tim dan memupuk solidaritas. Tujuannya supaya OPD se-Jabar mengutamakan kepentingan bersama dan masyarakat.

Menurut Yayat, indikator utama dalam Capacity Building adalah self confidence (rasa percaya diri), team building (kerja sama team), dna leadership (kepemimpinan). Sehingga, rasa solidaritas peserta menguat dan kerja sama membaik. Dengan begitu, target akan lebih mudah tercapai apabila dilakukan secara kompak dan terarah.

"Saya melihat setelah melakukan itu, tercermin semua pejabat berjiwa milenial, mereka modis, berbicara dengan sikap yang mantap," ucap Yayat. (*)

Oleh: JuaraNews / den

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Ini Ciri Seorang Terpapar Virus Corona
RSHS Bandung Masih Lakukan Observasi Pasien Diduga Susfect Coronavirus
RSUP Hasan Sadikin Rawat Intensif WNA Diduga Terkena Virus Corona
Gubernur Jabar Resmikan Jantung Penghubung Desa di Garut
RSUD Al Ihsan Buka Posko Penanganan Virus Corona

Editorial