Dirjen PPR Gelar Sosialisasi Pengelolaan APBN - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda
Pos Indonesia

Hot News


Inspirasi


  • Dirgahayu Sat Linmas ke-58
    Dirgahayu Sat Linmas ke-58

    NEGARA Republik Indonesia lahir melalui perjuangan bangsa dan pahlawannya yang melepaskan diri dari penjajahan dan sejajar dengan bangsa di dunia.

    Dirjen PPR Gelar Sosialisasi Pengelolaan APBN
    JuaraNews/Abdul Basir

    Dirjen PPR Gelar Sosialisasi Pengelolaan APBN

    • Kamis, 19 September 2019 | 13:06:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung-Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Resiko (DJPPR) Kementrian Keuangan menggelar sosialisasi pengelolaan Pembiayaan Anggaran Pendapat Belanja Negara (APBN) dengan tema " Kebijakan dan Fungsi Pembiayaan dalam APBN"

    Sosialisasi digelar dalam rangka memberikan dan meningkatkan pemahaman mengenai pengelolaan pembiayaan APBN melalui utang secara umum, instrumen pembiayaan APBN khususnya pinjaman luar negeri, serta pemanfaatan pembiayaan utang yang telah ada.

    Kasubdit Perencanaan dan Analisis Pinjaman dan Hobah Dirjen Pengelolaan Pembiayaan dan Resiko Tormar Bulang Lumban Tobing mengakatan,Pengeluaran keuangan Indonesia sejak kepemimpinan Soekarno dan Muhammad Hatta hingga saat ini tidak mengalami perubahan secara signifikan.

    "Sejak Jaman dahulu APBN kita berimbang dan dinamis belum ada yang namanya defisit pada waktu itu, dalam artian dari sisi pengeluaran dan pemasukan selalu dinamis," ujar Tormar di hadapan peserta sosialisasi yang hadir, di Gedung Keuangan Negara Bandung, Jalan Asia Afrika Kota Bandung, Kamis (19/09/2019).

    Tormar mengatakan, sosialisasi ini juga merupakan salah satu strategi komunikasi dari kementerian keuangan untuk mengedukasi masyarakat luas mengenai pengelolaan untang negara.

    "Melalui sosialisasi ini diharapkan pengelolaan pembiayaan APBN melalui utang yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah dapat dipahami masyarakat," ucapnya.

    Sebelumnya, Sosialisasi serupa juga telah dilakukan di beberapa daerah di Indonesia terhitung sejak tahun 2017, diantaranya Kota Semarang, Balikpapan, Medan Padang, Mataram-Lombok, Manado dan Palembang.

    Acara sosialisasi ini dihadiri oleh perwakilan internal Kementerian Keuangan, Pemerintah Daerah, Perguruan tinggi, Satuan Kerja Pemerintah Pusat lainnya,dan BUMN.

    Kegiatan sosialisasi ini merupakan kerjasama antara Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko dengan Kantor Wilayah Ditjen Bea dan Cukai Provinsi Jawa Barat dan Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Jawa Barat sebagai bentuk sinergi dan harmoni di internal Kementerian Keuangan. (*).

    bas

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Terkait
    Berita Lainnya
    Demokrat Usung 2 Kadernya di Pilkada Jabar
    Sejumlah Tempat Ibadah Diwacanakan Buka Kembali saat Penerapan New Normal
    Jokowi Siapkan Relaksasi Bagi Petani dan Nelayan Rp 34 Triliun
    Memasuki New Normal, Pemprov Jabar Susun Panduan dan Protokol Kesehatan Covid19
    Jabar Dinilai Punya Manajemen Sangat Baik Soal Penanganan COVID-19
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Imani Center

      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads