Irjen Firli Bahuri Terpilih jadi Ketua Baru KPK - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda
Pos Indonesia

Hot News


Inspirasi


  • Dirgahayu Sat Linmas ke-58
    Dirgahayu Sat Linmas ke-58

    NEGARA Republik Indonesia lahir melalui perjuangan bangsa dan pahlawannya yang melepaskan diri dari penjajahan dan sejajar dengan bangsa di dunia.

    Irjen Firli Bahuri Terpilih jadi Ketua Baru KPK
    net Firli Bahuri mengikuti fit and proper test di DPR

    Irjen Firli Bahuri Terpilih jadi Ketua Baru KPK

    • Jumat, 13 September 2019 | 02:26:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung - Komisi III DPR RI telah memilih 5 nama pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2019-2023.

    Satu-satunya calon pimpinan KPK yang berasal dari Kepolisian, Irjen Pol Firli Bahuri terpilih menjadi Ketu baru KPK untuk 4 tahun ke depan, setelah meraih suara terbanyak dalam pemilihan suara yang dilakukan Komisi III.

    Firli yang juga mantan Kapolda Sumsel tersebut memeroleh suara bulat 56. Tidak hanya mendapat perolehan suara terbanyak dalam pemilihan pimpinan KPK, Firli juga terpilih menjadi Ketua KPK periode 2019-2023.

    Ketua Komisi III DPR, Aziz Syamsudin menyatakan seluruh anggota Komisi III sepakat memilih Firli Bahuri sebagai ketua baru KPK.

    "Menyepakati untuk menjabat pimpinan ketua KPK masa bakti 2019-2023 sebagai ketua adalah Firli Bahuri," kata Aziz di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (13/9/2019) dini hari.

    Firli Bahuri akan didampingi 4 pimpinan KPK lainnya, yaitu Nawawi Pomolango, Lili Pintauli Siregar, Nurul Ghufron, dan Alexander Marwata.

    Lima nama pimpinan KPK periode 2019-2023 ini terpilih berdasarkan hasil pemungutan suara yang dilakukan 56 anggota Komisi III DPR.

    Perolehan suara masing-masing nama calon yang terpilih, yakni Firli mendapatkan 56 suara, Alexander memperoleh 53 suara, Nawawi mendapatkan 50 suara, Lili mendapatkan 44 suara, serta Nurul memperoleh 51 suara.

    Komisi III sendiri melakukan voting seusai melakukan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) terhadap 10 capim KPK.

    Azis Syamsuddin yang juga menjadi pimpinan sidang mengatakan, voting dilakukan usai dilakukan rapat pleno. Rapat digelar tertutup selama lebih kurang 30 puluh menit.

    "Mekanismenya bapak ibu kita pilih 5 dari 10, wajib. Kalau ada yang milih 6, kita nyatakan gugur," kata Azis dalam uji kelayakan dan kepatutan Capim KPK.

    Keputusan voting disetujui seluruh fraksi. Azis selaku pimpinan rapat ditunjuk sebagai pemandu pemungutan suara tersebut. Aturannya, 56 anggota Komisi III menuliskan 5 orang capim pilihan mereka dalam kertas suara. Lalu mereka memilih lagi satu nama capim sebagai Ketua KPK.

    Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengirimkan 10 nama capim KPK ke DPR untuk diikutkan dalam uji kelayakan dan kepatutan. Nama-nama itu merupakan hasil seleksi capim KPK yang dilaksanakan panitia seleksi pilihan Jokowi.

    Ke-10 nama tersebut, yakni Nawawi Pomolango, Lili Pintauli Siregar, Sigit Danang Joyo, Nurul Ghufron, I Nyoman Wara, Alexander Marwata, Johanis Tanak, Luthfi Jayadi Kurniawan, Firli Bahuri, dan Robi Arya. (*)

    Oleh: JuaraNews / den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Aktivitas Masjid pada New Normal Hanya di Zona Biru
    10 Provinsi tak Laporkan Adanya Penambahan Covid-19
    Pemerintah Ijinkan 102 Zona Hijau Kembali Produktif, Jawa Barat tak Termasuk
    Situasi Terkendali, RSHS Bandung Siap Buka Layanan Kesehatan Non-COVID-19
    8 Daerah tak Laporkan Penambahan Positif Covid-19
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Imani Center

      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads