Pos Indonesia

Hot News


Inspirasi


  • Dirgahayu Sat Linmas ke-58
    Dirgahayu Sat Linmas ke-58

    NEGARA Republik Indonesia lahir melalui perjuangan bangsa dan pahlawannya yang melepaskan diri dari penjajahan dan sejajar dengan bangsa di dunia.

    Ridwan Kamil: Jadikan Dunia Digital Penuh Manfaat
    istimewa/humas pemprov jabar Emil saat hadir di acara PPU Universitas Widyatama

    Ridwan Kamil: Jadikan Dunia Digital Penuh Manfaat

    • Selasa, 3 September 2019 | 20:32:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung – Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan, orang Indonesia rata-rata menggunakan smartphone hingga 4 jam per hari. Pertanyaannya, apakah penggunaan gawai yang tergolong lama itu bermanfaat?

    Menurut Emil, dunia digital akan memberikan manfaat apabila digunakan secara positif oleh penggunanya, seperti untuk berwirausaha dan memperluas lingkar pertemanan.

    “Saya titip jadikan dunia digital yang ada di tangan adik-adik ini penuh manfaat,” kata Emil dalam acara Program Pengenalan Universitas (PPU) 2019 di Kampus Universitas Widyatama, Jalan Cikutra Kota Bandung, Selasa (3/9/2019).

    Emil menyatakan, ada sisi gelap dunia digital yang sangat memengaruhi mental dan perilaku generasi muda. “Adik-adik ini lahirnya pas dunia lagi digital atau digital native, pas lahir ke dunia ini sudah digital,” ucapnya.

    “Sisi buruk dunia digital adalah dia memengaruhi pikiran dan mental adik-adik. Kecanduan oleh hal-hal negatif, ketawa-ketiwi, 4 jam sehari tidak ada manfaat,” imbuhnya.

    Sisi buruk lain dari dunia digital, lanjut Emil, adalah berita bohong atau hoaks yang mudah beredar di ruang cyber. Maka itu, dia mengatakan, lebih baik terlambat mengonsumsi informasi, tetapi benar.

    “Jadi, saya titip sisi gelap digital ini yaitu berita bohong, hasutan, jangan sampai anda mahasiswa Universitas Widyatama terpengaruh, caranya ingat pesan Pak Gubernur saring dulu sebelum sharing,” ungkap Emil.

    Pada kesempatan ini, Emil berpesan bahwa menjadi anak mahasiswa Jawa Barat harus memiliki empat nilai. “Satu, memiliki IQ atau pintar. Kedua, berakhlak, someah hade ka semah, santun, , komentar secukupnya, keluar dari mulut hal yang baik saja, ngantri, sopan pada orang tua, itu namanya akhlak atau EQ,” tandas Emil.

    “Ketiganya SQ, baik saja tidak cukup. Anda harus ahli ibadah, kalau cuma baik saja Anda selamatnya di dunia tapi tidak di akhirat. Keempat, PQ (Physical Quotient), jadi badan anak-anak ini harus kuat, sehat fisiknya,” tambahnya.

    Emil juga berpesan agar pandai bergaul. "Hati-hati juga dalam pergaulan juga. Ingat, Anda adalah siapa teman Anda, bergaul dengan orang saleh pasti kebawa saleh, bergaullah dengan orang pintar pasti kebawa pintar, kalau mau optimis bergaullah dengan Pak Ridwan Kamil, Insyaallah pasti optimis," tutupnya. (*)

    Oleh: JuaraNews / den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Tepis Kesalahpahaman Thermo Gun
    Berkah Subuh, Lewat Silaturahmi, Sampah Jadi Ekonomis
    Relaksasi Tempat Hiburan, Pemkot Bandung Seleksi Ketat protokol kesehatan
    Tak Berpotensi Tsunami, Warga Pulau Buru Rasakan Gempa M5,5   
    Penemuan Obat Covid-19, Ali Gufron: Membutuhkan Proses Panjang
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Imani Center

      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads