Pos Indonesia

Hot News


JN-TAM

Inspirasi


  • Dirgahayu Sat Linmas ke-58
    Dirgahayu Sat Linmas ke-58

    NEGARA Republik Indonesia lahir melalui perjuangan bangsa dan pahlawannya yang melepaskan diri dari penjajahan dan sejajar dengan bangsa di dunia.

    Rekayasa Lalu-lintas Jalan Sukajadi Dievaluasi
    istimewa/humas pemkot bandung Yana Mulyana saat meninjau Jalan Sukajadi

    Rekayasa Lalu-lintas Jalan Sukajadi Dievaluasi

    JuaraNews, Bandung - Pemkot Bandung bakal melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan rekayasa lalu-lintas yang diterapkan di Jalan Sukajadi, Setiabudi dan Cipaganti.

    Menurut Plh Wali Kota Bandung Yana Mulyana, evaluasi dilakukan untuk mencari pola terbaik. Pasalnya, kendati secara umum, rekayasa yang dilakukan relatif berhasil namun masih terjadi kemacetan di sejumlah ruas jalan.

    "Evaluasi selalu kita lakukan karena ini untuk kebaikan dan demi kelancaran. Meski menjauh, tapi jarak tempuh membaik," ujar Yana di sela-sela melakukan monitoring ke kawasan Jalan Sukajadi, Kota Bandung, Selasa (13/8/2019).

    Dia menyebutkan, evaluasi dampak rekayasa lalu lintas di Jalan Sukajadi dan Cipaganti akan terus dilakukan. Hal tersebut terkait penanganan di sejumlah ruas jalan alternatif yang masih terdapat kepadatan seperti di Jalan Cemara dan Jalan Lamping.

    "Ada dampak jarak tempuh yang mungkin (pascarekayasa) agak menjauh, ya. Tapi sisi baiknya adalah waktu tempuh sudah relatif lebih cepat. Ke depannya kami akan terus evaluasi mengenai hal ini," katanya.

    Yana yang juga wakil wali Kota Bandung ini mengaku rekayasa lalu lintas kawasan Sukajadi, Setiabudi dan Cipaganti belum berjalan secara maksimal. Sebab di beberapa titik, terutama akhir pekan masih kerap mengalami kemacetan.

    Yana mengaku melakukan monitoring bersama jajaran Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung tersebut, untuk melihat permasalahan yang ada di kawasan tersebut seperti PKL, lokasi parkir dan masalah lainnya.

    Yana pun sengaja datang ke kawasan Jalan Sukajadi untuk menindaklanjuti keluhan warga. Pascarekayasa dilakukan sejak 11 Juli 2019 lalu tersebut, Yana menyebut banyak warga mengeluh terkait aksesibilitas di Jalan Sukajadi.

    Salah satunya soal sarana menyeberang jalan yang minim. Padahal di lokasi tersebut arus lalu lintas cukup ramai dengan tingkat kecepatan kendaraan relatif tinggi.

    "Jadi monitoring hari ini di Jalan Sukajadi karena memang ada keluhan warga. Semakin lancar (arus lalu lintas) tingkat kecepatan kendaraan memang tinggi. Sementara di sini ada beberapa titik aktivitas penyeberangan," jelasnya.

    Selain itu, dia menyebut masih terjadi titik kepadatan di Jalan Sukajadi meski telah dilakukan rekayasa. Salah satunya kemacetan yang kerap terjadi di sekitar persimpangan Jalan Sukajadi-Cemara.

    "Titiknya yang dari Jalan Cemara. Nanti kita coba pikirkan karena itu satu jalan pintas dari Dago dan dari mana-mana. Termasuk jalan Sukamaju," tandas Yana.

    Lengkap Fasilitas Jalan
    Pemkot, kata Yana, akan melengkapi beberapa fasilitas seperti zebra cross, lampu lalu lintas dan lainnya. Hal itu demi memberi rasa aman dan nyaman warga dalam melakukan aktivitas.

    "Yang pasti lengkapi sarana keamanan. Karena ini (Jalan Sukajadi) jalan provinsi. Jadi harus ada koordinasi. Tapi enggak ada masalah, kita lengkapi," ucapnya.

    Soal zebra cross di Jalan Sukajadi, Pemkot sendiri akan membangunnya di beberapa titik. Hal tersebut berkaitan meningkatkanya kecepatan rata-rata kendaraan sebagai dampak dari rekayasa jalan.

    "Kecepatan kendaraan meningkat, tentu memiliki dampak khususnya bagi penyebrang jalan. Oleh karenanya akan kami siapkan beberapa alat penunjang keselamatan lalu lintas," sebut Yana.

    Selain zebra cross, Pemkot Bandung juga akan memasang alat keselamatan jalan lain seperti lampu pelikan dan pita penggaduh jalan untuk keselamatan penyebrang jalan.

    Pemkot juga bakal menata PKL dan parkir yang ada di Jalan Sukajadi. "Kelihatannya ini penataan parkir dan PKL lakukan bersamaan. Insya Allah kita (lakukan tapi) konsentrasi dulu penataan PKL Cicadas," ujarnya.

    Dia pun mengimbau kepada para PKL agar aktivitas pedagang tersebut tidak meluber ke jalan. "Ada beberapa mobil toko yang tadi berjualan. Sudah kami imbau untuk tidak mengganggu ruas jalan," ujarnya.

    Selain PKL, Pemkot Bandung juga akan menata parkir di sepanjang ruas Jalan Sukajadi. Hal itu juga untuk memperlancar arus lalu lintas. "Satu per satu kita benahi. Setelah Cicadas, ruas jalan ini akan segera dibenahi, bergiliran," bebernya. (*)

    Oleh: JuaraNews / den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Penurunan Kasus Covid-19 Kota Bandung Hasil Pelacakan Secara Massif
    Kabar Baik bagi Pesepeda Gunung Bandung, Pemkot dan Kanhay Wacanakan Garap Lintasan MTB
    Ojol Bandung Bisa Angkut Penumpang, Pemkot Terapkan AKB
    27 Pegawainya Positif Covid-19, Puskesmas di Kota Bandung Tetap Beroperasi
    2 Pedagang Positif Covid-19, Pasar Sadangserang Ditutup Sementara
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Imani Center
      Buku Wagun
      walikota

      Info Kota


      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads