Pos Indonesia

Hot News


Inspirasi


  • Dirgahayu Sat Linmas ke-58
    Dirgahayu Sat Linmas ke-58

    NEGARA Republik Indonesia lahir melalui perjuangan bangsa dan pahlawannya yang melepaskan diri dari penjajahan dan sejajar dengan bangsa di dunia.

    Masih Erupsi, Tangkuban Parahu Tetap di Level II
    net Gunung Tangkuban Parahu masih mengalami erupsi

    Masih Erupsi, Tangkuban Parahu Tetap di Level II

    • Minggu, 4 Agustus 2019 | 02:54:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan status Gunung Tangkuban Perahu masih di Level II atau Waspada).

    Karena itu, masyarakat di sekitar gunung yang berada di perbatasan Kabupaten Bandung Barat (KBB) dan Kabupaten Subang tersebut diminta tetap menjaga jarak aman sejauh radius 1,5 km dari bibir kawah.

    "Sejauh ini masih ada tremor-tremor dan letusan terus menerus sekitar 80 meter dari kawah masih. Masih level II waspada," kata Kepala PVMBG Kasbani, Sabtu (3/8/2019).

    Dia mengungkapkan,aktivitas letusan dan getaran di Gunung Tangkuban Perahu masih cukup tinggi. "Aktivitas masih tinggi kalau kita lihat energi yang dikeluarkan tinggi. Jarak aman 1,5 kilometer dari kawah. Tapi gempa kemarin tidak berpengaruh ke Tangkuban Perahu," jelas dia.

    Kasbani juga mengingatkan kepada pengelola untuk sementara tidak membuka taman wisata alam (TWA) tersebut untuk umum. Dia menyarankan masyarakat memilih destinasi wisata lain sementara waktu. "Menyarankan masyarakat sementara ke wisata lain. Karena Tangkuban Perahu belum boleh beroperasi," tutur dia.

    Meski begitu, pihaknya mempersilakan masyarakat sekitar di luar jarak aman untuk beraktivitas seperti biasanya, namun diminta selalu waspada terhadap potensi erupsi yang bisa terjadi mendadak tanpa ada gejala-gejala pasti.

    "Masyarakat di sekitar Tangkuban Parahu diharap tenang, beraktivitas seperti biasa, tidak terpancing isu-isu tentang letusan dan harap selalu mengikuti arahan BPBD setempat," ujar Kasbani. (*)

    den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Dua Puluh Satu Warga Meninggal Dunia Akibat Banjir Bandang Luwu Utara
    Awas! Kena Denda Rp150 Ribu bagi Warga Jabar tak Bermasker   
    Khawatir Tularkan Covid-19, Perhatikan Peredaran Udara di Ruang Ber-AC
    Dukung Pemerintah Lawan Covid-19, Bank bjb Serahkan Bantuan melalui Gugus Tugas Nasional
    Sanksi Pengguaan Masker Masih dalam Kajian, Dijadikan Pergub atau Perda
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Imani Center

      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads